• Rumah Tangga-Keluarga
  • Memori sebagai Seorang Anak

    Waktu kecil, aku sering merasa tidak bisa mengungkapkan keinginanku. Tidak bisa mengutarakan alasanku. Atau bahkan tidak bisa menyuarakan apa kata hatiku. Sampai akhirnya terbersit keinginan untuk mencatat apa yang ada di otakku. Alasannya, supaya nanti kalau aku punya anak, anakku tidak mengalami hal yang sama. Aku ingin aku mengerti anakku. Aku khawatir kalau aku lupa, […]

  • Homeschooling
  • Libur Sebulan?

    Walau dibilang libur sebulan…alhamdulillah dalam pelaksanaannya gak beneran libur sebulan hihi. Cuma pelaksanaan proses belajarnya lebih dibawa santai. Anak-anak aku beri kelonggaran ke beberapa hal. And it’s good. Good for me…good for them insya Allah. Aku sendiri, mengerjakan beberapa hal yang aku sukai. Yang kemarin-kemarin aku merasa mesti pinggirkan. Aku merasa waktunya terlalu terbatas untuk […]

  • Cuap-Cuap
  • 1 ber 5

    Kalau makanan…dulu pas baru nikah, masih berdua aja (ya iya la :D). Beli cumi-cumi sepiring kecil dimakan berdua. Beli bakso, semangkok berdua. Sampai Ziyad lahir dan agak besar pun masih satu porsi. Beli tengkleng, bisa makan bertiga. Ziyad makin besar, mulai deh beli dua mangkok bakso. Biasanya kemudian minta mangkok kosong. Jatah kami berdua kemudian […]

  • Cuap-Cuap
  • Kopi Kopian…

    Setahunan yang lalu, abang “accidentally” mulai mendalami yang namanya kopi. Ceritanya abang lagi belajar tentang segala hal kamera, video, editing dan lain-lain. Dan kebetulan sample yang sedang dipelajari adalah salah satu video tentang kopi. Dan video tentang kopi itu banyaak yang bagus-bagus hehe. Dan selayaknya pasangan lainnya yang saling mempengaruhi, segala hal tentang kopi mulai juga […]

  • Rumah Tangga-Keluarga
  • Ternyata Berarti Bagi Mereka

    Cerita tentang Khodimah (aka ART atau yang sering disebut sebagai pembantu) Dulu, pernah aku seringkali mengharapkan ada ART. Melihat fulanah enak sepertinya bisa senggaang mo ngapa-ngapain. Apalagi kalau anaknya disekolahin. Kayanya waktu luang jadi seperti waktu masih gadis aja. Sedangkan aku, anak-anak homeschooling dan masih dengan tanggung jawab lainnya.  Dalam bayanganku, punya ART berarti enak :D. […]

  • Rumah Tangga-Keluarga
  • It Can Be Sooo Complicated…

    Pekerjaan rumah tangga itu…satu haaal aja…bisa jadi complicated pelaksanaannya. Makanya mungkin bagi orang yang belum mengalaminya atau mungkin ada juga para suami yang kemudian menganggap, ‘perasaan gampang deh, kalo aku kerjain’, ‘cuci piring kan gitu aja…’, ‘itu aku lihat kalo pembantu yang kerjain ko cepet banget ya..berarti kan gampang’. Daan berbagai keraguan bahwa pekerjaan rumah tangga […]

  • Rumah Tangga-Keluarga
  • Belum Tamyiz…

    Suka lucu kalau ngobrol sama Thoriq. Dari sisi dia yang suka kontroversi…kita bilang kanan…dia bilang kiri. Kadang pake gak nyambung juga…udah gitu tetep dilanjutin. Pagi-pagi bangun nyamperin kita di kamar. Aku lagi nenenin Luma. Dia dipeluk-peluk sama abinya sambil tiduran. Terus sampai ke pembicaraan, Ummi: “Temen ummi ada yang anaknya sakit cacar..” Thoriq: “Apa Mi? Cadar?” U: […]

  • Al-Quran
  • Lomba Al-Qur’an Pertama Ziyad

    Pertengahan bulan Oktober yang lalu, aku dapat kabar dari Avie kalau ada lomba hafalan Qur’an juz 29-30 . Acaranya hari Sabtu tanggal 1 November. Masya Allah. Seneeng banget pas dengar kabar itu. Alhamdulillah Ziyad juga pas selesai hafalan juz 29-nya. Di rumah kan memang alhamdulillah lumayan sering nonton tentang lomba-lomba Al-Qur’an atau tes Al-Qur’an ke […]

  • Cuap-Cuap
  • Rekomendasi Optik Kacamata Murah Jogja

    Sekitar 9 tahun yang lalu…pas masih kuliah..pernah periksa mata. Hasilnya waktu itu si katanya -0,25. Periksanya masih tradisional banget. Tapi berhubung waktu itu pusing-pusing, akhirnya dibelilah kacamata – pake uang kakak -. Warna pink. Bahannya ringaan banget sampe kaya gak pake kacamata. Tapi kemudian nikah, rusak, udah beset-beset. Ganti kacamata, terus pecah karena pakai bahan […]

  • Rumah Tangga-Keluarga
  • Sangkek Asoy

    Abang sering bercerita tentang masa kecilnya. Masa-masa dia masih di sekolah dasar di desa Mersam, Jambi. Dari situ biasanya aku dapat istilah atau kata dalam bahasa Jambi. Salah satunya adalah sangkek asoy. Sangkek asoy artinya plastik. Biasanya lebih mengarah ke plastik hitam. Abang bilang, dulu teman-temannya ke sekolah masih banyak yang membawa buku dengan sangkek […]

  • Jualan
  • Dua Agen Baru Singapura

    Satu agen terbarunya sebenarnya udah agak lama. Januari kemarin. Tapi beliau pesan gak dipublish alamatnya di sini hehe. Yang satu baru bulan kemarin, yaitu ukhti Nur di Tampines.. Ini alamat beliau.   Semoga semuanya  menjadi perniagaan yang barokah. Aamiin.

  • Parenting
  • Share Kegiatan Homeschooling Ziyad

    Sabtu kemarin (31 Mei 2014), ceritanya aku ma Siwi diminta untuk berbagi kegiatan homeschooling masing-masing di rumah. Pertamanya ragu, bisa gak yah. Bisa ngeshare materinya…sama bisa waktunya. Soalnya Luma pas lagi gak teratur ritme tidurnya…eh terus juga habis demam 5 hari. Alhamdulillah pas hari H-nya, malamnya aku dapat tidur 3,5 jam. Pagi-pagi sms Icha, ngasih […]

  • Cuap-Cuap
  • Cara Efektif Kasur Tetap Awet – Bebas Ompol, Bebas Kutu, Bebas Bau

    Dulu waktu zaman Thoriq, belum punya sprei waterproof. Nah, pas lagi toilet training…sering banget kebablasan dia pipis di kasur (ngompol). Setiap kali gitu, biasanya aku ambil sikat atau lap, terus kasih pengharum/sabun, terus kasurnya disikat-sikat. Biar najisnya hilang. Alhasil setiap kepipisan, kasurnya basah, dipasangin kipas angin seharian dengan harapan kasurnya kering. Kalau dijemur keluar terlalu […]

  • Kehamilan
  • 18 weeks 6 days (Boy or Girl?) :)

    Jarang cerita tentang periksa kehamilan nih. Karena memang baru 3 kali periksa ke dokter selama proses kehamilan ini alhamdulillah. Karena pengalaman hamil yang dulu-dulu, baik aku maupun abang lebih ‘njaga. Aku gak mau sampe cape-cape banget dan stress. Pun abang juga gak terlalu membebaniku dengan pekerjaan yang diburu deadline. Alhamdulillah para programmer masih sibuk dengan […]

  • Rumah Tangga-Keluarga
  • Galau SD

    Mungkin ada beberapa yang pernah melihat aku  menulis #galauSD di beberapa tempat. Hehe…ini ceritanya berarti lanjutan cerita tentang homeschoolingnya Ziyad bagian 4 ya :D. Ziyad udah 6 tahun..udah bisa baca latin, bisa al-quran, bisa hitung-hitungan sederhana. Terus? Ko gak masuk SD aja sih? Pas banget dia bulan Juli kemarin 6 tahun. Kalo berdasar kalender hijriah […]

  • Parenting
  • Learning is a Journey

    Pertama…kalo dalam proses belajar ada yang merasa stress…kemungkinan besar ada yang perlu diperbaiki. Mungkin metodenya yang salah, prakteknya yang kurang tepat, waktunya yang belum tepat dst. Kedua…no no no..Jangan sampai kesan awal yang ditangkap anak saat menghafal Quran adalah sesuatu yang tidak menyenangkan, tidak menyenangkan dll. Ketiga bertahap. Keempat…sesuaikan dengan perkembangannya. Kelima…learning is a journeeey…it’s […]

  • Islam
  • “Abang Mau Nikah Lagi In Sya Allah”

    Siang itu, abang makan di rumah. Abang gak terlalu sering makan di rumah. Bolak-balik kantor rumah, walaupun dekat katanya tetap makan waktu. Apalagi nanti tergoda pengen bercanda sama anak-anak. Karena sekalian sholat Jumat dan makan di rumah, berarti abang agak lama di rumah. Makanya aku putusin, “Dandan ah”. And then..pulang sholat Jumat..anak-anak pas udah hampir […]

  • Islam
  • Punggung Tangan

    Kalau yang follow twitter aku, mungkin tahu beberapa hari yang lalu aku ngetwit tentang punggung tangan hehe. Tapi sejujurnya, setelah ngtwit itu, perasaan jadi gundah gulana. Takut salah dan jadi sok tahu. Walau semuanya ada dasarnya dan memang ada khilaf ulama. Tapi sebaiknya sekarang aku diam dulu deh hehe. Sebenarnya kemarin ngtwit itu, karena sering […]