• Cuap-Cuap
  • Lusi, Iwan dan LGBT

    Dakwah itu…pada dasarnya memang harus lembut. Karena dengan kelembutan, InsyaAllah akan lebih baik hasilnya. Pun menghiasi akhlak orang yang sedang berdakwah. Dakwah kepada orang yang menderita LGBT pun begitu. Karena mereka juga ga semuanya bisa dipukul rata punya sifat yang sama. Tingkat keparahannya berbeda, penyebabnya berbeda dan seterusnya. Maka jika kemudian nasehat disampaikan kepada mereka […]

  • Cuap-Cuap
  • Sometimes, I Just Don’t Understand…

    Kadang…apa sering yah, aku tuh gak ngerti sama percakapan mereka. Anak-anak. Ziyad, Thoriq yang suka banget cerita atau berkhayal sesuatu. Seringkali aku berusaha konsentrasi mendengarkan cerita mereka. Dijelaskan dari gambar-gambar yang mereka buat, atau sambil memainkan mainan yang telah mereka buat. Tapi gak paham. Gagal paham. Kadang aku menyahuti sedikit dari beberapa tokoh atau kata […]

  • Cuap-Cuap
  • Berhasil

    Keberhasilan itu…sebenarnya juga sesuatu yang relatif. Relatifnya dalam banyak aspek. Dari pelakunya. Dari jenis keberhasilannya. Malah, ada orang yang terlihat berhasil melakukan sesuatu…sebenarnya dia gak berhasil. Sebenarnya ada pihak lain yang berhasil. Yang juga ikut tertawa (yang jelas gak haru) bahagia.

  • Cuap-Cuap
  • Palsu

    Palsu…itu kalo seseorang menulis buku tentang kebahagiaan…padahal dia jauh dari Allah. Jauh dari Islam. Jauh dari syari’atnya. Palsu…seperti para komedian. Yang berbuat sesuatu untuk ditertawakan, padahal ternyata dirinya sendiri tak bisa tertawa bahagia. Palsu…seperti para aktor komedian luar, yang sepanjang hidupnya dikenal sebagai seorang yang humoris, lugu atau terlihat tanpa beban. Namun ternyata mengalami bipolar […]

  • Rumah Tangga-Keluarga
  • Memori sebagai Seorang Anak

    Waktu kecil, aku sering merasa tidak bisa mengungkapkan keinginanku. Tidak bisa mengutarakan alasanku. Atau bahkan tidak bisa menyuarakan apa kata hatiku. Sampai akhirnya terbersit keinginan untuk mencatat apa yang ada di otakku. Alasannya, supaya nanti kalau aku punya anak, anakku tidak mengalami hal yang sama. Aku ingin aku mengerti anakku. Aku khawatir kalau aku lupa, […]

  • Cuap-Cuap
  • Mati Itu Pasti

    Mati itu pasti. Akhir-akhir ini banyak kematian di sekitar yang pastinya patut diambil pelajaran. Kejadian yang paling bikin aku mikir adalah tentang perempuan yang lagi ngambil S2 di Jogja. Usia masih sekitar 30-an. Meninggal dalam kecelakaan tunggal. Meninggalkan anaknya perempuan yang masih usia 3 tahun. Beritanya sempat nyebar di berbagai media sosial, karena ketika kecelakaan dia bersama […]

  • Homeschooling
  • Libur Sebulan?

    Walau dibilang libur sebulan…alhamdulillah dalam pelaksanaannya gak beneran libur sebulan hihi. Cuma pelaksanaan proses belajarnya lebih dibawa santai. Anak-anak aku beri kelonggaran ke beberapa hal. And it’s good. Good for me…good for them insya Allah. Aku sendiri, mengerjakan beberapa hal yang aku sukai. Yang kemarin-kemarin aku merasa mesti pinggirkan. Aku merasa waktunya terlalu terbatas untuk […]

  • Cuap-Cuap
  • 1 ber 5

    Kalau makanan…dulu pas baru nikah, masih berdua aja (ya iya la :D). Beli cumi-cumi sepiring kecil dimakan berdua. Beli bakso, semangkok berdua. Sampai Ziyad lahir dan agak besar pun masih satu porsi. Beli tengkleng, bisa makan bertiga. Ziyad makin besar, mulai deh beli dua mangkok bakso. Biasanya kemudian minta mangkok kosong. Jatah kami berdua kemudian […]

  • Cuap-Cuap
  • Kopi Kopian…

    Setahunan yang lalu, abang “accidentally” mulai mendalami yang namanya kopi. Ceritanya abang lagi belajar tentang segala hal kamera, video, editing dan lain-lain. Dan kebetulan sample yang sedang dipelajari adalah salah satu video tentang kopi. Dan video tentang kopi itu banyaak yang bagus-bagus hehe. Dan selayaknya pasangan lainnya yang saling mempengaruhi, segala hal tentang kopi mulai juga […]

  • Cuap-Cuap
  • Haruskah…?

    Betapa keikhlasan sulit didapatkan… Betapa kedudukan begitu menyilaukan… Haruskah menyebut-nyebut sebuah tetes keringat yang dapat menghilangkan keikhlasan? Haruskah melihat kedudukan untuk menerima kebenaran? Haruskah merasakan kekayaan untuk menghilangkan iri hati? Haruskah merasakan kemiskinan untuk menumbuhkan empati? by cizkah 13 November 2013 (6 years ago :D) * Lagi lihat dashboard ada postingan yang diprivate. Termasuk yang […]

  • Rumah Tangga-Keluarga
  • Ternyata Berarti Bagi Mereka

    Cerita tentang Khodimah (aka ART atau yang sering disebut sebagai pembantu) Dulu, pernah aku seringkali mengharapkan ada ART. Melihat fulanah enak sepertinya bisa senggaang mo ngapa-ngapain. Apalagi kalau anaknya disekolahin. Kayanya waktu luang jadi seperti waktu masih gadis aja. Sedangkan aku, anak-anak homeschooling dan masih dengan tanggung jawab lainnya.  Dalam bayanganku, punya ART berarti enak :D. […]

  • Rumah Tangga-Keluarga
  • It Can Be Sooo Complicated…

    Pekerjaan rumah tangga itu…satu haaal aja…bisa jadi complicated pelaksanaannya. Makanya mungkin bagi orang yang belum mengalaminya atau mungkin ada juga para suami yang kemudian menganggap, ‘perasaan gampang deh, kalo aku kerjain’, ‘cuci piring kan gitu aja…’, ‘itu aku lihat kalo pembantu yang kerjain ko cepet banget ya..berarti kan gampang’. Daan berbagai keraguan bahwa pekerjaan rumah tangga […]

  • Rumah Tangga-Keluarga
  • Belum Tamyiz…

    Suka lucu kalau ngobrol sama Thoriq. Dari sisi dia yang suka kontroversi…kita bilang kanan…dia bilang kiri. Kadang pake gak nyambung juga…udah gitu tetep dilanjutin. Pagi-pagi bangun nyamperin kita di kamar. Aku lagi nenenin Luma. Dia dipeluk-peluk sama abinya sambil tiduran. Terus sampai ke pembicaraan, Ummi: “Temen ummi ada yang anaknya sakit cacar..” Thoriq: “Apa Mi? Cadar?” U: […]

  • Cuap-Cuap
  • Bye Bye Brunei…

    Pas akhir bulan November kemarin, aku sempat nge-uninstall whatsapp. Lagi pingin sendiri aja gak ada krang kring krang kring. Lagi pingin mengerjakan yaang lain pokoknya. Akhirnya setelah 2 minggu, sambil tarik nafas, bismillah, aku install lagi hehe. Dan ternyata aku missed beberapa informasi yang bermanfaat yang itu udah ada yang out of date (asal banget […]

  • Al-Quran
  • Lomba Al-Qur’an Pertama Ziyad

    Pertengahan bulan Oktober yang lalu, aku dapat kabar dari Avie kalau ada lomba hafalan Qur’an juz 29-30 . Acaranya hari Sabtu tanggal 1 November. Masya Allah. Seneeng banget pas dengar kabar itu. Alhamdulillah Ziyad juga pas selesai hafalan juz 29-nya. Di rumah kan memang alhamdulillah lumayan sering nonton tentang lomba-lomba Al-Qur’an atau tes Al-Qur’an ke […]

  • Cuap-Cuap
  • Buku-Buku Percobaan (Review Buku)

    Pernah cerita kan ya beberapa kali kalo kami di rumah terkadang melakukan percobaan-percobaan. Ini sifatnya gak mesti melulu ko. Selingan…yang penting asyik. Pas awal-awal aku gak terlalu yakin mereka paham. Soalnya seringkali tujuan percobaan kan menjelaskan suatu hal yang secara materi mungkin belum saatnya bagi mereka (Ziyad dan Thoriq). Misalnya tentang molekul air yang saling […]