• Islam
  • Bukan Sekedar Popok dan Bedong

    Kadang, saat hamil dan menanti saat-saat melahirkan, seorang ibu sangat bersemangat untuk membeli berbagai macam perlengkapan bayi. Apalagi jika itu anak pertama. Belum juga lahir, rasanya memegang baju-baju yang berbahan halus atau pernak-pernik warna-warni sudah memberikan kebahagiaan tersendiri. Namun jangan sampai lupa, bahwa urusan bayi atau anak, bukanlah sekedar urusan popok, bedong dan segala aksesoris […]

  • Islam
  • Dzikir Pagi dan Petang: Berlindung dari Kesyirikan

    Sudah sejak…(lupa), Ziyad kami biasakan membaca dzikir pagi dan petang. Baru 2 dzikir. Tapi lebih sering dipraktekkan yang satu, yaitu dzikir بِاسْمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَ لاَ فِي السَّمَاءِ وَ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ dibaca 3x (1) dan dzikir أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ Lebih kepada supaya […]

  • Al-Quran
  • Juz 30 (Ziyad 6 tahun)

    Juz 30 Alhamdulillah Ziyad sudah menyelesaikan hafalan juz 30-nya awal Agustus kemarin. Tepatnya tanggal 5 Agustus (lihat catetan :D). Alhamdulillah pas lagi masa-masa berat kehamilan trimester pertama, tetap bisa jalan proses hafalan Ziyad. Walaupun hampir selalu dengan mata sepet, badan berat, kepala pusing. Selesai nemenin Ziyad hafalan, biasanya aku langsung ke tempat tidur hehe. Ngantuuuk […]

  • Al-Quran
  • 2,5 Tahun ber-Homeschooling

    Cuma ingin menuliskan yang dari kemarin berpendar-pendar di kepala. Alhamdulillah, rasanya bahagiaaaa banget bisa menjalankan homeschooling bersama anak-anak. Udah 2,5tahunan ya proses belajar ber-homeschooling ria ini (6 bulanan waktu Ziyad nyicipin sekolah proses belajar di rumah alhamdulillah tetap berjalan terus). Dua setengah tahun itu berarti emang seumuran sama Thoriq, karena mulainya justru pas Thoriq baru […]

  • Islam
  • “Abang Mau Nikah Lagi In Sya Allah”

    Siang itu, abang makan di rumah. Abang gak terlalu sering makan di rumah. Bolak-balik kantor rumah, walaupun dekat katanya tetap makan waktu. Apalagi nanti tergoda pengen bercanda sama anak-anak. Karena sekalian sholat Jumat dan makan di rumah, berarti abang agak lama di rumah. Makanya aku putusin, “Dandan ah”. And then..pulang sholat Jumat..anak-anak pas udah hampir […]

  • Islam
  • Adzan

    Malam ini, kami keluar makan nasi goreng dan bakmi godok di sebuah warung di jalan Kaliurang. Sebelumnya kami ke toko buku Toga Mas untuk mencari beberapa buku yang sedang ingin kubaca. Sepertinya Ziyad dan Thoriq sudah cukup kenyang. Saat di toko buku, merkea sempat makan jagung masing-masng satu gelas. Saat menunggu kami menghabiskan makanan, Thoriq […]

  • Islam
  • Mau Hidup Terus

    Ziyad masih berumur 4,5 tahun saat mulai berkenalan dengan kematian. Kematian dari sosok yang dekat dengan dirinya. Kucing betina belang tiga, Telon namanya. Kucing yang selalu kami beri makan jika kami punya sisa-sisa makanan yang bisa diberikan. Namun dengan sebab itu pula, entah kenapa secara otomatis kucing itu menjadi milik kami. Waktu itu sepertinya Telon […]

  • Islam
  • Cerita Sunat Metode Clamp Ziyad

    Alhamdulillah, Ziyad sudah disunat tanggal 11 bulan Maret 2013 kemarin. Proses menuju kesana sebenernya gak secepat pengambilan keputusan tanggal sunatnya tanggal segitu hehe. Aku lupa sejak kapan memotivasi Ziyad untuk disunat. Sunat itu ibadah. Sunat itu biar bersih. Aku juga kasih lihat ke dia foto anak-anak yang disunat pake metode clamp. “In sya Allah Ziyad […]

  • Al-Quran
  • Quran Clip V.2

    Alhamdulillah…setelah berbulan-bulan lamanya :D, akhirnya weekend kemarin jadi juga yang versi spiral. Setelah diberi masukan oleh abang, in sya ALlah harga Quran Clip jauh lebih murah dari kemarin. Karena ini untuk membantu para penghafal Quran in sya Allah. Keterangan: Yang baru dari Quran Clip v.2, in sya Allah lebih lengkaaaappp: Ada batas per hizb Ada […]

  • Islam
  • Punggung Tangan

    Kalau yang follow twitter aku, mungkin tahu beberapa hari yang lalu aku ngetwit tentang punggung tangan hehe. Tapi sejujurnya, setelah ngtwit itu, perasaan jadi gundah gulana. Takut salah dan jadi sok tahu. Walau semuanya ada dasarnya dan memang ada khilaf ulama. Tapi sebaiknya sekarang aku diam dulu deh hehe. Sebenarnya kemarin ngtwit itu, karena sering […]

  • Cuap-Cuap
  • Isyarat Mati…

    Pernah penasaran dengan hal ini? Aku pernah… Sering mungkin… Ada juga perasaan antara percaya dan tidak percaya. Bahkan perasaan was-was sehingga seperti khawatir membahas tentang hal ini. Sedih karena bisa jadi itu adalah tanda-tanda kematian dari diri kita sendiri. Kemudian setelah kita meninggal, orang-orang akan berbicara, “Kemarin sempat dia ngomong ini dan itu…” yang seakan-akan […]

  • Al-Quran
  • Metode Menghafal Surat Al Bayyinah

    البيِّنة بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ لَمْ يَكُنِ الَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِنْ أَهْلِ الْكِتٰبِ وَالْمُشْرِكِينَ مُنفَكِّينَ حَتَّىٰ تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُ ﴿البينة:١ رَسُولٌ مِّنَ اللَّـهِ يَتْلُوا۟ صُحُفًا مُّطَهَّرَةً ﴿البينة:٢ فِيهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ ﴿البينة:٣ وَمَا تَفَرَّقَ الَّذِينَ أُوتُوا۟ الْكِتٰبَ إِلَّا مِنۢ بَعْدِ مَا جَآءَتْهُمُ الْبَيِّنَةُ ﴿البينة:٤ وَمَآ أُمِرُوٓا۟ إِلَّا لِيَعْبُدُوا۟ اللَّـهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَآءَ وَيُقِيمُوا۟ الصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُوا۟ الزَّكَوٰةَ ۚ […]

  • Islam
  • My Quran Clip [Updated]

    Alhamdulillah, produk terbaru dari cizkah yang diberi nama My Qur’an Clip telah hadiir. Ide produk ini sebenarnya dari kebutuhan pribadi. Sebagai seorang ibu, dengan berbagai kesibukannya, seringkali untuk mengulang hafalan Qur’an itu susah untuk menemukan waktu khusus. Susahnya lagi, pas lagi sibuk gitu, mo sambil mengulang hafalan juga jadi bingung sendiri.

  • Islam
  • Pendidikan Tauhid untuk Bayi

    Masih ingat cerita “Nyetain Awwal” nya Ziyad hihi… Kali ini giliran Thoriq. Alhamdulillah dia melafalkannya lebih mendekatai keb naran :D. Masih pengenalan tauhid rububiyah Allah… Sebenarnya ada video yang lebih terang dan jelas. Tapi masih di hp abang dan perlu sedikit pengeditan karena ada penampakan aurot. Usia Thoriq secara kalender syamsiyah sudah mendekatai 24 bulan […]

  • Cuap-Cuap
  • Tak Seberapa…

    Merasa “susah” dengan tingkah polah anak kita? Merasa lelah dengan segala yang kita lakukan untuk mereka? Itu tak seberapa… Karena mereka begitu berharga… *Sedih melihat anak-anak Palestine yang meninggal dan telah dikafani :( Allahumma athil hayatanaa…’alaa tho atika wa ahsin ‘amalanaa… Allaahummanshur muslimiina fii falisthin…  

  • Cuap-Cuap
  • Hellow…Alhamdulillah!

    Apa kabar dunia? Hehe…baru berlalu beberapa hari ya perasaan dari tulisan kemarin. Rasanya gak lengkap kalo weekend gak sempat nulis blog huhu. Tahu sendiri (atau pada belum tahu), bagi aku, blog ini adalah wujud ekspresi, hiburan, alat refreshing, catatan, dan lain-lain yang pokoknya yah…aku banget. Minggu ini…sibuk belajar beberapa tutorial dan membiasakan diri dengan Intuos […]

  • Islam
  • Reminder…

    Kemarin malam, terkejut dengan ucapan Ziyad sebelum tidur. Lampu sudah gelap. Acara ngobrol-ngobrol sudah usai. Tiba-tiba dia bilang, “Mi…besok abis sholat doain ammah Fia ya.” “Apa?” “Besok abis Ummi sholat, doain ammah Fia ya.” “Ooh…Iya sayang insyaAllah…masyaAllah barakallahu fik…” Terus samar-samar dia melanjutkan, “Nanti dihidupin lagi, terus masuk surga…” “Aamiiin.” Terharu…