• Lumah Lamiah
  • Luma 1 tahun 3 bulan

    Ini rapelan dari sebelum umur 1 tahun juga ya. Punya 3 anak, beda-beda perkembangannya. Kelihatan juga beda karakter dan kecerdasannya. Luma gampang banget menirukan gerakan dan suara. Bahkan tanpa diajarkan, dia udah bisa meniru sendiri. Misalnya suara toke. Tau-tau dia udah bikin susunan suara yang kita ngerti kalo dia itu lagi niru suara toke. hihi…Gimana […]

  • Parenting
  • Busa

    Percakapan lain dengan Thoriq yang menyadarkan aku tentang kata yang sama secara huruf dan fonetiknya tapi bedaaa banget artinya. Hayo apa istilah bahasa Indonesianya. Homofon, homograf atauu…? Weekend kemarin aku sempat beli busa tipis berwarna putih. Niatnya sih untuk dalaman tas yang pingin aku jahit. Terus Thoriq pegang-pegang busa itu sambil tanya, “Ini apa Mi?” […]

  • Parenting
  • Proses Thoriq Belajar Menulis (4 tahun)

    Pada dasarnya, aku masih menggunakan cara yang sama seperti pas ngajarin Ziyad dulu. Dalam arti, gak banyak materi (formal) yang diajarin. Fokus. Menulis, adalah sebuah aktifitas yang membutuhkan effort yang cukup besar dari seorang anak. Apalagi di usia balita heheh. Jadi, sampai saat ini, sebenarnya aku gak pernah “menugaskan” Thoriq untuk belajar menulis. Model belajar kami […]

  • Parenting
  • Proses Thoriq Belajar Baca Iqro dan Latin

    Proses belajar latin Thoriq memang lebih cepat dari Ziyad. Karena proses belajar Iqro-nya dia juga lebih cepat dari Ziyad. Bukan aku yang nyepetin…tapi dianya alhamdulillah yang lebih mudah. Mungkin juga faktor sering ngelihat flashcard atau poster wkwkwk :D (yang ini advertorial banget :D). Tapi beneran ko. Alhamdulillah karena proses pengenalan perhurufnya udah lancar, jadinya pas […]

  • Al-Quran
  • Proses Hafalan Qur’an Ziyad Saat Ini

    Aku kasih judul pake waktu “saat ini” karena proses hafalan Ziyad itu beda-beda dari waktu ke waktu. Dari caranya…dari waktunya. Semuanya butuh proses. Proses mengenali kemampuan anak. Proses membiasakan anak. Proses mengenali waktu yang tepat (untuk anak dan akunya hehe). Mendapatkan cara yang tepat. Menghafal kan butuh kesabaran. Kesabaran dari yang menghafal…sama yang mengajar. Jangan […]

  • Lumah Lamiah
  • Luma 10 Bulan

    Lumaa…putri salihah ummi in sya Allah. Udah mo 10 bulan in sya Allah. Tapi belum pernah nulis perkembangannya sama sekali heheh. Waktu Ziyad dulu, perkembangan setiap minggu aja dicatat.Berasa banget masih punya anak satu, setiap perkembangan serasa dipelototin. :D. Waktu luangnya ternyata waktu itu masih banyak. Walaupun pada saat itu ngerasanya udah jadi ibu paling […]

  • Ziyad Syaikhan
  • Hatinya Pecah Karena Sayang…. #SuratZiyad

    Sebelum melanjutkan ke pelajaran tahsin…mumpung masih fresh dan lagi baru kepikiran…Aku posting dulu ya surat dari Ziyad yang dia bikin tadi malam. Ziyad suka banget bikin surat-surat atau tulisan kaya gini. Baru kepikiran, kenapa gak dicatat di blog ya? :D Biasanya aku simpan…tapi ada juga yang ketelingsut-ketelingsut… Isi surat kali ini: Umi, Ziyad sayang banget […]

  • Al-Quran
  • Lomba Al-Qur’an Pertama Ziyad

    Pertengahan bulan Oktober yang lalu, aku dapat kabar dari Avie kalau ada lomba hafalan Qur’an juz 29-30 . Acaranya hari Sabtu tanggal 1 November. Masya Allah. Seneeng banget pas dengar kabar itu. Alhamdulillah Ziyad juga pas selesai hafalan juz 29-nya. Di rumah kan memang alhamdulillah lumayan sering nonton tentang lomba-lomba Al-Qur’an atau tes Al-Qur’an ke […]

  • Parenting
  • Thoriq Ibrohim (3th) Sebulan Lulus Iqro 1 (Free Softfile Hijaiyah versi Lite)

    Alhamdulillah…bulan Juli kemarin…Thoriq aku coba mulai tawarkan belajar Iqro. Sebelum-sebelumnya, aku lihat video dia yang lama dimana dia udah hafal banyak huruf. Terus mikir, kok aku gak maksimalin sih. Cuma karena dia cadel – banget – padahal. Akhirnya aku mulai lebih rajin  nyodorin flashcard hijaiyah. Lagi proses kaya gitu, terus mulai ada berita tentang Musa […]

  • Kegiatan Anak
  • Playdate Homeschooler Muslim Jogja

    Alhamdulillah…bahagiaa banget bisa ikutan playdate kali ini. Terwujud playdate kali ini juga scene-per-scene takdir Allah yang tentu saja sangat menakjubkan. Dimulai dari seperti biasa chat ringan di whatsapp dengan Icha tentang homeschooling. Terus dibentuknya group HS di whatsapp. Tadinya mau lintas daerah (dengan luar jogja). Cuma ko kayanya bakal lebih banyak jadi tempat komunikasi ke […]

  • Cuap-Cuap
  • Gak Pa Pa

    O Dear Son… (Ceritanya mo nulis pake bahasa Inggris trus kelamaan mikirin grammar :D) Di dunia ini…sikap mengejek, merendahkan (untuk ortu bisa dibaca: bullying) itu bisa terjadi di mana saja…dari siapa saja Bahkan dari seorang penjaga toko Itu bisa terjadi padamu…bisa terjadi pada ummi…abi Pada semuanya… Ketika itu terjadi…ingat selalu pesan ummi Katakan pada dirinya […]

  • Parenting
  • Kabar Homeschooling Ziyad

    Lama tak jumpa.^^ Bagaimana kehidupan kalian. Kehidupanku sama seperti kemarin. Hanya semakin crowded :D. Homeschooling, pekerjaan rumah tangga, ngurus 1 balita dan 1 bayi, kerjaan desain web, jualan dll dll dll. Homeschooling? Jadinya masih homeschooling (HS)? Alhamdulillah, sampai saat ini jawabannya “Yap. Semoga Allah mudahkan kami dalam perjalannya.” Kenapa tetap homeschooling?

  • Islam
  • Tujuh Tahun Pun Tlah Tiba…

    Alhamdulillah…Ziyad masuk usia 7 tahun di bulan Rajab kemarin. Itu artinya, Ziyad sudah wajib diperintahkan untuk sholat (di masjid karena dia laki-laki). Sebenarnya deg-degan banget pas udah mau masuk bulan Rajab. Seperti aku pernah ceritakan di tulisan sebelumnya, beberapa bulan sebelumnya sudah mulai lebih sering diajak atau disarankan  (bukan diperintah loh ya) untuk ikut abang […]

  • Lumah Lamiah
  • Ziyad, Thoriq dan Kehadiran Luma

    Alhamdulillah dari awal sikap Ziyad dan Thoriq  sayang dan menyambut Luma. Apalagi Ziyad memang sudah paham akan hadirnya sosok bayi di rumah. Sebagaimana dulu dia pernah mengalami kehadiran Thoriq. Karena karakter Ziyad ma Thoriq beda, wujud sayangnya juga beda. Ziyad itu tipe yang sering mengutarakan sayangnya lewat kata-kata. Atau dituangkan juga ke hasil-hasil karyanya. Jadi, […]

  • Lumah Lamiah
  • Catatan Ketika Punya Anak Perempuan

    Karena anak pertama dan kedua laki-laki, pas tahu anak ketiga perempuan ada rasa cemas, senang, campur aduk. Pas lahir pun masih seperti mimpi…masya Allah…beneran perempuan. Ada berbagai hal yang serasa jadi kaya ibu baru. Masih cari-cari informasi sana-sini. Dapat masukan dari sana-sini. Berikut beberapa hal yang aku rasa bisa dibagikan ke ibu-ibu lainnya.

  • Kehamilan
  • Lahirlah Luma…

    Cerita selanjutnya…lahirlah Luma. The End… :D Haha…dari kemarin mau ketak-ketik kisah selanjutnya kok gimanaa gitu. Udah kelamaan soalnya ceritanya. Yah, lanjutin sedikit aja – mudah-mudahan gak jadi panjang ;D – Jadi setelah anak-anak aman dijagain akh Minan, kemudian dilanjutkan dijagain akh Zakkiy, jadilah abang ikut nemenin aku di ruang bersalin seperti biasa. Alhamdulillah, proses melewati […]

  • Parenting
  • “Double U…”

    Ceritanya, aku gak terlalu ngoyo dan gak pingin ngoyo ngajarin Thoriq berkaitan dengan baca-bacaan. Kegiatan belajar flashcard juga akhirnya gak tiap hari heheh… (semoodnya aja pokoknya). Pengalaman belajar dari mengajar Ziyad, hasil baca-baca sana sini…kalau memang belum waktunya kayanya memang sebaiknya gak usah dipaksakan. Nah. buat Thoriq…proses belajar ini seringkali terjadi secara alami. Dia kan […]

  • Parenting
  • Curiousity

    Masih ingat cerita tentang proses belajar jam? Beberapa hari yang lalu Ziyad bertanya, “Mi…ko itu pindahnya gak ketahuan. Kapan pindahnya jamnya?” “Maksudnya?”aku masih belum paham arah pertanyaannya. “Itu..pindah jamnya kapan..gak kelihatan. Gimana caranya” “Oohh…” Mulai ngeh. Maksudnya, kapan gerakan jam (jarum pendek) dari arah jam 2 ke jam 3, atau yang semisal itu. Beberapa kali […]

  • Parenting
  • “Banyak Temannya…”

    Percakapan dengan Ziyad beberapa hari yang lalu. Pas abang lagi sibuk workshop, 5 hari udah kaya ditinggal pergi ke luar kota. Ngurusin 2 bujang padahal perut udah membuncit yang bikin berat banget rasanya kalo mesti bongan-bangun :D. Percakapan terjadi di kamar, ZIyad sambil asyik gambar. Aku (A): “Ziyad…Ziyad pingin masuk sekolah po?” Ziyad (Z): “Iya” […]