• Parenting
  • Antara Membentuk Kepercayaan Diri dan Mendidik Hal Lainnya…Yaitu..

    Ada diskusi sama teman-teman, salah satunya tentang membentuk kepercayaan diri dengan cara membiarkan mereka melakukan pekerjaan yang bisa mereka lakukan. Sumbernya dari buku Modern Islamic Parenting. Masalahnya, kadang anak melakukan suatu pekerjaan tapi kitanya kan masih ragu-ragu ya. Apa bersih, apa bener, apa begini dan begitu. Contohnya banyak, misal mandiri sendiri, cebok sendiri, ngepel, nyapu, […]

  • Homeschooling
  • DIY: Membuat Counting Beads, Based on Montessori Method

    Emas = > 10, Pink => 3

    Alhamdulillah, akhirnya terwujud juga bikin bead bars (manik bersusun) model montessori ini. Walaupun masih terbatas 2 warna hihi. Soalnya pas beli beadsnya belum kepikiran banget buat ngewujudin ini. Padahal pinginnya udah dari zaman Ziyad masih preschool. Lama amat ketundanya haha. Soalnya kalo pas ke toko 96 nyari ko gak ada yang pas. Mau beli beads yang dalam […]

  • Homeschooling
  • Frequently Asked Question (FAQ) tentang Homeschooling SD

    Pertanyaan yang biasa  muncul seputar homeschooling SD adalah: gimana ijazahnya, belajarnya gimana, jadwal belajarnya gimana….dan seterusnya. Di sini aku coba jawab satu persatu versi Ziyad ya dan versi yang aku ketahui ya. Artinya, aku sendiri masih terus belajar tentang homeschooling. Ijazah Ijazah untuk homeschooler – jika memang ingin mengambil ijazah – bisa melalui PKBM (pusat kegiatan […]

  • Parenting
  • Proses Thoriq Belajar Menulis (4 tahun)

    Pada dasarnya, aku masih menggunakan cara yang sama seperti pas ngajarin Ziyad dulu. Dalam arti, gak banyak materi (formal) yang diajarin. Fokus. Menulis, adalah sebuah aktifitas yang membutuhkan effort yang cukup besar dari seorang anak. Apalagi di usia balita heheh. Jadi, sampai saat ini, sebenarnya aku gak pernah “menugaskan” Thoriq untuk belajar menulis. Model belajar kami […]

  • Parenting
  • Proses Thoriq Belajar Baca Iqro dan Latin

    Proses belajar latin Thoriq memang lebih cepat dari Ziyad. Karena proses belajar Iqro-nya dia juga lebih cepat dari Ziyad. Bukan aku yang nyepetin…tapi dianya alhamdulillah yang lebih mudah. Mungkin juga faktor sering ngelihat flashcard atau poster wkwkwk :D (yang ini advertorial banget :D). Tapi beneran ko. Alhamdulillah karena proses pengenalan perhurufnya udah lancar, jadinya pas […]

  • Parenting
  • Thoriq Ibrohim (3th) Sebulan Lulus Iqro 1 (Free Softfile Hijaiyah versi Lite)

    Alhamdulillah…bulan Juli kemarin…Thoriq aku coba mulai tawarkan belajar Iqro. Sebelum-sebelumnya, aku lihat video dia yang lama dimana dia udah hafal banyak huruf. Terus mikir, kok aku gak maksimalin sih. Cuma karena dia cadel – banget – padahal. Akhirnya aku mulai lebih rajin  nyodorin flashcard hijaiyah. Lagi proses kaya gitu, terus mulai ada berita tentang Musa […]

  • Parenting
  • Kabar Homeschooling Ziyad

    Lama tak jumpa.^^ Bagaimana kehidupan kalian. Kehidupanku sama seperti kemarin. Hanya semakin crowded :D. Homeschooling, pekerjaan rumah tangga, ngurus 1 balita dan 1 bayi, kerjaan desain web, jualan dll dll dll. Homeschooling? Jadinya masih homeschooling (HS)? Alhamdulillah, sampai saat ini jawabannya “Yap. Semoga Allah mudahkan kami dalam perjalannya.” Kenapa tetap homeschooling?

  • Parenting
  • “Double U…”

    Ceritanya, aku gak terlalu ngoyo dan gak pingin ngoyo ngajarin Thoriq berkaitan dengan baca-bacaan. Kegiatan belajar flashcard juga akhirnya gak tiap hari heheh… (semoodnya aja pokoknya). Pengalaman belajar dari mengajar Ziyad, hasil baca-baca sana sini…kalau memang belum waktunya kayanya memang sebaiknya gak usah dipaksakan. Nah. buat Thoriq…proses belajar ini seringkali terjadi secara alami. Dia kan […]

  • Parenting
  • Curiousity

    Masih ingat cerita tentang proses belajar jam? Beberapa hari yang lalu Ziyad bertanya, “Mi…ko itu pindahnya gak ketahuan. Kapan pindahnya jamnya?” “Maksudnya?”aku masih belum paham arah pertanyaannya. “Itu..pindah jamnya kapan..gak kelihatan. Gimana caranya” “Oohh…” Mulai ngeh. Maksudnya, kapan gerakan jam (jarum pendek) dari arah jam 2 ke jam 3, atau yang semisal itu. Beberapa kali […]

  • Parenting
  • “Banyak Temannya…”

    Percakapan dengan Ziyad beberapa hari yang lalu. Pas abang lagi sibuk workshop, 5 hari udah kaya ditinggal pergi ke luar kota. Ngurusin 2 bujang padahal perut udah membuncit yang bikin berat banget rasanya kalo mesti bongan-bangun :D. Percakapan terjadi di kamar, ZIyad sambil asyik gambar. Aku (A): “Ziyad…Ziyad pingin masuk sekolah po?” Ziyad (Z): “Iya” […]

  • Parenting
  • Ziyad 6 tahun 3 bulan/6 tahun 5 bulan – Mulai Mandiri In sya Alllah

    Gak yakin bener ngitung umur Ziyad kalo secara hijriah :D. Hafalan Alhamdulillah Ziyad masih ngulang juz 30nya aja sama surat al-mursalat. Belum nambah-nambah dari kemarin. Masih suka lupa dan ketuker-tuker ayat-ayat yang dia hafal. Sholat Karena sudah umur 6 tahun, Ziyad pelan-pelan kadang aku minta sholat di masjid. Aku juga minta abang untuk mulai sering […]

  • Parenting
  • Tahukah Anda Tentang Sandpaper Letter atau Soundbook?

    Yep…ini adalah salah satu metode yang digunakan dalam pendidikan Montessori untuk anak mengenal huruf. Sandpaper Letter Untuk sandpaper letter, intinya, pada bagian huruf itu dibuat dibahan kertas sandpaper (ini kurang tahu kalo di indonesia ada gak. Intinya kertasnya memiliki tekstur ya kertas amplas). Biasanya huruf-huruf yang bertekstur itu berada di tengah kotak yang kokoh. Bisa […]

  • Parenting
  • Gaya Belajar Montessori

    Montessori adalah salah satu tokoh pendidikan. Itu jawaban simpel buat temen-temen yang mungkin belum tahu. Waktu zaman kuliah dulu, kedapetan tugas bikin presentasi tentang beliau. Dan ketika membaca informasi yang ada, aku merasa cocok dengan cara yang digunakan. Bahkan dengan bekal pengetahuan tentang gaya pendidikan Montessori, waktu itu jadi sedikit berpengaruh pada  tulisanku tentang mendidik […]

  • Parenting
  • Learning is a Journey

    Pertama…kalo dalam proses belajar ada yang merasa stress…kemungkinan besar ada yang perlu diperbaiki. Mungkin metodenya yang salah, prakteknya yang kurang tepat, waktunya yang belum tepat dst. Kedua…no no no..Jangan sampai kesan awal yang ditangkap anak saat menghafal Quran adalah sesuatu yang tidak menyenangkan, tidak menyenangkan dll. Ketiga bertahap. Keempat…sesuaikan dengan perkembangannya. Kelima…learning is a journeeey…it’s […]

  • Parenting
  • Bahagia Bisa Membaca

    Ini adalah Lanjutan postingan 2,5 Tahun ber-Homeschooling… Kemarin diskusi dengan seorang ibu. Tentang kemampuan baca, tulis, hitung seorang anak. Kebetulan si ibu ini baru mulai menerapkan homeschooling di rumahnya.  Timbul pertanyaan,  “Apakah baca tulis hitung ini menjadi tolak ukur keberhasilan belajar seorang anak? Jawabannya: enggaaaa…in sya Allah. Jangan khawatir ya ibu-ibu yang anaknya masih dalam […]

  • Al-Quran
  • 2,5 Tahun ber-Homeschooling

    Cuma ingin menuliskan yang dari kemarin berpendar-pendar di kepala. Alhamdulillah, rasanya bahagiaaaa banget bisa menjalankan homeschooling bersama anak-anak. Udah 2,5tahunan ya proses belajar ber-homeschooling ria ini (6 bulanan waktu Ziyad nyicipin sekolah proses belajar di rumah alhamdulillah tetap berjalan terus). Dua setengah tahun itu berarti emang seumuran sama Thoriq, karena mulainya justru pas Thoriq baru […]