Antara Facebook dan Twitter

Tadi baca link yang dishare @dhezign di twitter. Dan isinya kurang lebih merupakan sebab yang membuat aku lebih merasa ‘aman’ membuka twitter. (Cuma reflek ‘menulis’ utk masalah beginian masih kurang deh).

Scoble bilang tentang penggunaan twitter yang gak ada fitur comment,

“That is a HUGE advantage for controlling noise and for keeping yourself productive.”

Intinya adalah efisiensi waktu untuk diri kita sendiri. Makanya walaupun status yang aku buat memang terkadang untuk memberitahu keadaan atau share informasi ke teman-teman di facebook, tapi aku lebih suka menulisnya lewat fasilitas twitterfox (salah satu add-on firefox). Keuntungannya? Banyak!

  1. Hemat waktu gak perlu buka browser facebook.
  2. Gak perlu menghadapi halaman depan facebook milikku yang menampilkan banyak status yang seringkali gak penting dari teman-teman secara umum.
  3. Gak tergoda untuk lihat-lihat dan telusur menelusur foto-foto teman lain.
  4. dan lain-lain yang intinya efisiensi waktu.

Kadang saking gak mau tergoda buka facebook (apalagi kalau masih banyak yang mesti dikerjain), aku paling cukup buka email dan lihat apakah ada komentar atau notification yang perlu dijawab.

Dari pertama join facebook, hal yang paling aku benci adalah kalau sampai wasting time telusur dan telusur hal-hal yang ada di dalamnya. Tapi kadang kalau sedang bosan dengan rutinitas, malah ini memang yang dikerjain. Tapi biasanya tertarik sama foto anak-anaknya teman atau foto-foto yang diupload keluargaku. Hehehe…sedikit mengusir rasa kangen dan jadi tahu aktifitas mereka.

Akhirnya setelah beberapa waktu mulai agak teratur buka facebook (pas awal-awal memang malah gak mau buka-buka, takutt…), aku mulai merasakan hal yang dikatan Scoble ‘noise’. Dan noises itu beberapa alhamdulillah dah aku hapus. Sekarang mulai filter-filter dan gak mudah untuk meng-add friends.

Jadi, bagi aku, memang facebook dan twitter punya tujuan yang beda fungsi. Dan semoga Allah selalu menjaga kita semua dalam penggunaan teknologi supaya jangan sampai menyia-nyiakan dua hal berharga yang sering dilupakan manusia, yaitu kesehatan dan waktu luang!

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.

1 Comments

Leave a Comment.