• Islam
  • Siwak For Baby ^^

    siwak-for-baby-cizkah

    Sudah baca artikel terbaru di ummiummi? Yuk, baca terus praktekin bagi yang belum mraktekin hihi. Mudah-mudahan dapat pahala. Anaknya siwakan, ibu bapaknya juga dong ya. Kita hidupin sunnah Nabi shallallau ‘alaihi wa sallam. Di artikel itu dibahas lengkap dari tips penyimpanan plus juga ada tips penggunaan/cara untuk menyiwaki bayi. Ada videonya juga. Sebenarnya, videonya mo dimozaik […]

  • Al-Quran
  • a Hope

    Seperti aku bilang kemarin…Ziyad sudah sampai surat An-Najm alhamdulillah. Dan sudah mulai proses menghafal surat Ath-Thur. Ini berarti Ziyad sudah hampir hafal 4 juz. Prosesnya masih terbilang lambat dengan track record dia menghafal yang sudah cukup lama hehe. Hafalan lainnya masih banyak PR untuk diperkuat. Dari semua yang telah terjadi selama ini, sebenarnya, aku menyimpan […]

  • UmmiUmmi
  • Resep Kue Takir

    Takir, sebenarnya adalah sebutan untuk wadah tempat kue ini. Takir ini terbuat dari daun pisang. Disusun berlapis kemudian dibentuk kotak. Kue ini saya dapatkan ketika berkunjung ke rumah mertua di Jambi. Alhamdulillah resep ini kemudian saya dapatkan pula di buku resep kue tradisional. Pertama kali melihat proses pembuatan kue ini, kesan yang saya tangkap adalah “butuh […]

  • Parenting
  • Perkembangan Ziyad 8 Tahun

    Fisik: Ziyad udah tambah tinggiii banget masya Allah. Kalo aku sama abang  lihat foto dia sebelum sunat, 2 tahun lalu, itu dia masih kelihatan banget anak kecilnya. Kalau sekarang udah jadi anak-anak gede di masa tamyiz awal. Giginya udah 5 yang ganti gigi permanen. Tamyiz: Ketamyizan Ziyad belum sempurna. Kami baru sadar beberapa hari ini. Banyak […]

  • Lumah Lamiah
  • Diberi Rasa Yang Berbeda

    Punya anak perempuan setelah punya anak laki berturut-turut itu, jadi kerasa banget bedanya. Dan makin takjub karena ternyata perempuan sudah diberi “rasa” yang berbeda sejak dari bayi begini. Rasa di sini adalah fitrah kewanitaan. Dan ini yang perlu dijaga sama orang tua dan diarahkan supaya gak sampai melenceng. Mulai sadar tentang “rasa” ini sejak usia […]

  • Homeschooling
  • Libur Sebulan?

    Walau dibilang libur sebulan…alhamdulillah dalam pelaksanaannya gak beneran libur sebulan hihi. Cuma pelaksanaan proses belajarnya lebih dibawa santai. Anak-anak aku beri kelonggaran ke beberapa hal. And it’s good. Good for me…good for them insya Allah. Aku sendiri, mengerjakan beberapa hal yang aku sukai. Yang kemarin-kemarin aku merasa mesti pinggirkan. Aku merasa waktunya terlalu terbatas untuk […]

  • Homeschooling
  • Upside Down Homeschooling; “Anak-Anak Sekolahin Aja..”

    Masih lanjutan kemarin. Setelah kejadian hari Jumat, menghabiskan 2 malam yang sepi untuk kami berdiskusi. Malam sepi di sini artinya mendekati tengah malam dan lewat malam. Karena disitulah waktu kami bisa tenang mendikusikan segala sesuatu tentang keluarga yang kami bangun ini. Malam Sabtu Dari pembicaraan jarak jauh lewat whatsapp (aku di rumah dan abang di kampus), […]

  • Homeschooling
  • Ngelonin Anak itu Berpahala

    Minggu kemarin, bagi aku terasa sebagai minggu terberat sebagai seorang ibu. Keadaan berat itu diperparah dengan kondisi aku yang lagi haidh. Dzikir-dzikir jadi banyak yang lepas karena biasanya dzikir pagi dan sore ya setelah sholat. Waktu-waktu “rehat” terkena air wudhu tentu saja jadi gak ada. Hari Jumat kemarin adalah hari terberat dan tersedih. Malamnya aku […]

  • Homeschooling
  • Belajar Masak Secara Bertahap

    Segala sesuatu, enaknya belajar secara bertahap. From the basic. Pun dalam hal memasak. Dan aku pun mengajarkan anak-anak secara bertahap. Gak langsung disuruh masak yang tingkat kesulitannya, untuk seorang wanita baru menikah juga mungkin masih error error :D. Untuk Ziyad, waktu itu dimulai dengan hal sederhana banget. Belajar menyalakan dan mematikan kompor. Sederhana banget ya. […]

  • Lumah Lamiah
  • Luma 1 tahun 3 bulan

    Ini rapelan dari sebelum umur 1 tahun juga ya. Punya 3 anak, beda-beda perkembangannya. Kelihatan juga beda karakter dan kecerdasannya. Luma gampang banget menirukan gerakan dan suara. Bahkan tanpa diajarkan, dia udah bisa meniru sendiri. Misalnya suara toke. Tau-tau dia udah bikin susunan suara yang kita ngerti kalo dia itu lagi niru suara toke. hihi…Gimana […]

  • Cuap-Cuap
  • 1 ber 5

    Kalau makanan…dulu pas baru nikah, masih berdua aja (ya iya la :D). Beli cumi-cumi sepiring kecil dimakan berdua. Beli bakso, semangkok berdua. Sampai Ziyad lahir dan agak besar pun masih satu porsi. Beli tengkleng, bisa makan bertiga. Ziyad makin besar, mulai deh beli dua mangkok bakso. Biasanya kemudian minta mangkok kosong. Jatah kami berdua kemudian […]

  • Cuap-Cuap
  • Kopi Kopian…

    Setahunan yang lalu, abang “accidentally” mulai mendalami yang namanya kopi. Ceritanya abang lagi belajar tentang segala hal kamera, video, editing dan lain-lain. Dan kebetulan sample yang sedang dipelajari adalah salah satu video tentang kopi. Dan video tentang kopi itu banyaak yang bagus-bagus hehe. Dan selayaknya pasangan lainnya yang saling mempengaruhi, segala hal tentang kopi mulai juga […]

  • Homeschooling
  • Frequently Asked Question (FAQ) tentang Homeschooling SD

    Pertanyaan yang biasa  muncul seputar homeschooling SD adalah: gimana ijazahnya, belajarnya gimana, jadwal belajarnya gimana….dan seterusnya. Di sini aku coba jawab satu persatu versi Ziyad ya dan versi yang aku ketahui ya. Artinya, aku sendiri masih terus belajar tentang homeschooling. Ijazah Ijazah untuk homeschooler – jika memang ingin mengambil ijazah – bisa melalui PKBM (pusat kegiatan […]

  • Cuap-Cuap
  • Haruskah…?

    Betapa keikhlasan sulit didapatkan… Betapa kedudukan begitu menyilaukan… Haruskah menyebut-nyebut sebuah tetes keringat yang dapat menghilangkan keikhlasan? Haruskah melihat kedudukan untuk menerima kebenaran? Haruskah merasakan kekayaan untuk menghilangkan iri hati? Haruskah merasakan kemiskinan untuk menumbuhkan empati? by cizkah 13 November 2013 (6 years ago :D) * Lagi lihat dashboard ada postingan yang diprivate. Termasuk yang […]

  • Parenting
  • Busa

    Percakapan lain dengan Thoriq yang menyadarkan aku tentang kata yang sama secara huruf dan fonetiknya tapi bedaaa banget artinya. Hayo apa istilah bahasa Indonesianya. Homofon, homograf atauu…? Weekend kemarin aku sempat beli busa tipis berwarna putih. Niatnya sih untuk dalaman tas yang pingin aku jahit. Terus Thoriq pegang-pegang busa itu sambil tanya, “Ini apa Mi?” […]

  • Homeschooling
  • Sayaaang Sama Uang

    Sejak beberapa hari yang lalu, Ziyad lagi terobsesi sama mainan yang bisa berubah (transform) dari mobil ke robot. Padahal dulu dia udah punya pas masih hadiah hafal surat Al-Lail…berarti sekitar umur 6 tahun. Oh ya, alhamdulillah sejak 2 minggu yang lalu Ziyad sudah selesai juz 28. Masuk ke juz 27, kita bikin perjanjian baru. Karena gak […]

  • Homeschooling
  • Playdate #4

    Acara hari playdate kali ini beragendakan kreasi flanel, games anak tentang rukun iman dan sharing antara ibu tentang proses belajar apa yang telah berhasil dilalui bersama anak dan apa yang belum. Oh ya satu lagi, bapak-bapak yang ikutan nganter kali ini juga bisa ada kesibukan belajar panah :D.    

  • Parenting
  • Proses Thoriq Belajar Menulis (4 tahun)

    Pada dasarnya, aku masih menggunakan cara yang sama seperti pas ngajarin Ziyad dulu. Dalam arti, gak banyak materi (formal) yang diajarin. Fokus. Menulis, adalah sebuah aktifitas yang membutuhkan effort yang cukup besar dari seorang anak. Apalagi di usia balita heheh. Jadi, sampai saat ini, sebenarnya aku gak pernah “menugaskan” Thoriq untuk belajar menulis. Model belajar kami […]