Ayamku Bertelur!

Rasanya senaang bukan main waktu melihat ada telor di kandang ayam si Mbok. Langsung panas dingin grogi mikirin gimana nih, gimana nih. Aduh serasa ada bayi baru gitu deh haha…

Langsung buru-buru telpon abang tapi ditolak huhu, katanya lagi ngomong serius sama seorang ustadz.

Sore sebelumnya aku udah curiga, kok petak-petok terus sih gak kaya biasanya. Pas pagi sehabis subuh juga berisik petak-petok. Aku bilang ke abang pagi itu, “Mo kawin apa ya bang?” ¬†Haha…kata abang kalo mo kawin nanti suaranya beda lagi (agak sotoy juga hihi). Terus beliau ngingetin aku waktu ngontrak di Bantul, ayam si mbah kan petak-petok kaya gitu bertelor. Yah pokoknya ini pembicaraan antara dua insan yang minim ilmu dalam dunia perayaman. Nah, jam 10-an aku mau isi tempat makannya ternyata ada telor itu.

Terus searching-searching dan ketahuan banget emang gagap ayam banget deh huhuhu…Berikut beberapa ilmu baru dalam dunia perayaman yang aku dapat.

  1. Ternyata ayam itu walaupun gak ada pejantannya memang bisa bertelor. Tapi telornya ga akan bisa menetas walaupun dieramin. Penjelasan secara biologisnya, ayam betina itu sama kaya manusia wanita hihi. Jadi dia punya siklus sendiri untuk menghasilkan sel telor yang siap dibuahi. Nah, kalo manusia jadinya kalau gak dibuahi itu haid. Mereka – si ayam betina – jadinya telor, tapi ya tanpa terjadi pembuahan.
  2. Petak-petok berisik itu memang tanda ayam siap dibuahi. Tapi jenis petak-petoknya memang gak mesti sama kayanya ya. Ini aku membandingkan antara petak-petok si Mbok sama petak-petok sama ayam si Mbah di Bantul.
  3. Nah, kalau kaya gitu si pejantan bisa disatukan kandangnya. Kata salah satu forum perayaman, lebih baik kalau pas gak masanya bertelor, pejantannya dipisahin aja, biar segar pas sudah waktunya.
  4. Ayam bisa bertelor 8-20an telor. Ini udah hari ketiga, dan si Mbok tiap hari bertelor 1 butir. Pejantaaan…dimanakah kau…hik hik.
  5. Biasanya ayam punya insting untuk mengerami telornya. Katanya sih coba dikurung dulu aja selama telor masa bertelor itu, nanti dia bakal ngeramin.
  6. Sediain tempat buat dia ngeramin.
  7. Hati-hati gangguan kucing dan tikus.
  8. Perbanyak asupan protein dan mineral. Kalau ayamnya suka matok telornya sendiri berarti asupan makanannya kurang mineral. Bisa dikasih sotong cumi (ini sotong apaan ya?) atau kulit kerang.
  9. Kalau telornya udah menetas bisa dibiarkan sama mboknya dulu aja sekitar semingguan. Karena pas masa ini masih rentan mati. Terus kandangnya mesti dijaga jangan sampai tikus bisa masuk. Mereka kan suka ngikut nimbrung makan makanan ayam, nah, nanti si anak ayam bisa digigit aja kepalanya sama si tikus. Pengetahuan terakhir ini dari tetangga yang mengalami kejadian tersebut.
  10. Bagusnya telor-telor itu dikasih tanggal kapan dia mulai dierami. Ayam biasa mengerami telornya selama 20hari.

Nah, ini informasi tambahan dari website ini soalnya bagus masukannya.

***

Untuk Para Breder dan Ternaker Ayam pemula ini ada sedikit Tips dalam beternak ayam :

Selama ini sudah banyak diketahui kalo ayam mengeram biasanya 21 hari .. dan kadang lebih hingga + max. 10 hari ini menurut pengalaman yg saya dapat tp masalahnya kadang2 kita lupa kapan ayam ini mulai mengeram, ini mungkin sedikit tips agar bisa menyelamatkan telur ayam agar bisa menetas dengan sempurna :

Waktu Ayam mengeram :

1. Buatlah catatan / tanggal didekat kandang mengeram

2. Tulis juga Jumlah telur yang dierami kalo perlu ditulis juga ditelor tsb dg nomer/tgl dg sepidol
( Menulis jumlah telor ini penting karena kadang2 ada telor yg hilang / pecah / ada ayam lain yg numpang bertelor disarang ayam tersebut sehingga telor tidak tercampur dg telor biang yg lain, dan yg jelas untuk menghindari perbuatan iseng perawat ayam yg suka menukar/mengambil telor.

3. Memasuki Minggu ketiga (kira2 hari ke 20) bersihkan telor dengan cara :
Ambil wadah baskom /ember diisi air dingin/biasa (bukan air hangat/panas) secukupnya kira tingginya air 15cm dari dasar wadah lalu ambil telor ayam tersebut dg sangat hati2 dr sarangnya sebaiknya dilakukan pagi hari lalu
rendam semua telor ayam kedalam wadah tsb. kegunanya merendam telor tersebut adalah :

A. membersihkan telor dari kotoran yg menempel sehingga telor cepat menetas dg sempurna

B. mengetahui ayam akan segera menetas apa tidak yaitu dg cara memperhatikan kedalam wadah bebrapa saat waktu telor2 tsb direndam telor2 tsb akan mengambang, seandainya telor ayam akan menetas 1/2/3 hari lagi biasanya telor akan bergoyang-goyang sesaat lalu cepat2 angkat telor tsb dan bersihkan/keringkan lalu masukan kesarang lagi dg hati2.dan lihat telor2 yg lain, dan lakukan spt yg tsb diatas tadi.

C. Seandainya telor tsb tidak jadi/tembuhuk tanda2nya sbb:
- Telor mengambang lebih dr 1/3 bagian telor tsb (terlalu enteng)
- Telor tatap tenggelam ke dasar dan tidak ada tanda2 / gerakan dr dlm telor tsb.
- Waktu telor direndam dan tenggelam kedasar ada gelembung2 kecil menyembul dr kulit telor tsb
- Waktu Pengeraman lebih dari 21 Hari atau + 10 Hari waktu pengeraman
- Seandainya telor sudah yakin tidak akan menetas, genggam telor tsb lalu goyang2lah maka akan terasa ada spt air yg kocok2 didalam telor tsb.
- Seandainya telor td tembuhuk/tidak menetas jangan dibuang sembarangan tapi sebaiknya dikubur ditanah jd kalo pecah baunya tidak kemana-mana.

Persiapan kandang anak ayam :
Siapkan kandang minimal ukuran 70 cm x 60 cm dan tinggi 50 cm dengan lampu bohlam 5 watt atau 10 watt posisi kandang kanan/kiri dan bawah rapat
Kandang ini gunanya untuk memindahkan ayam2 yg telah menetas kadang ayam tidak bareng menetasnya jadi sebaiknya yg menetas lebih dulu segera pindahkan ke kotak tsb.

Setelah ayam menetas semua dan anak ayam dipindahkan kekandang dan sehat serta kuat, tergantung peternak mau dipisah/disapih atau dicampur sama induknya silahkan kedua cara tsb. bagus. kalau mau nguber setoran/target jumlah anakan ya langsung dipisah saja. tapi kalo tempatnya memungkinkan sebaiknya ya dicampur dulu sama induknya biar induknya nggak begitu setres tidak diforsir ada jeda waktu untuk “istirahat” pemulihan tenaga.

Catatan : 
Teori merendam telor ini sangat praktis dr pada meneropong dg lampu.
Dan Hal tsb selalu saya lakukan setiap ayam saya mengeram dan mau menetas jadi jangan khawatir sudah saya praktekan bertahun2 dan ilmu ini saya dapat dari orang tua saya ..
( Menurut orang tua saya : Waktu telor ayam direndam dan menimbulkan gerakan / goyangan hal ini terjadi karena perubahan suhu yg mendadak sehingga menimbulkan gerakan yg dibuat oleh calon anak ayam tersebut, konon gerakan lebih kuat biasanya anak ayam tersebut akan lebih bagus daya tahan tubuhnya kelak jika menetas …? )

Selamat mencoba beternak dan bereksperimen ..
seandainya ada kekurangan dan kesalahan agar bisa diperbaiki /dibetulkan serta disempurnakan oleh kawan2 atau Mas Admin semoga hal ini bermanfaat dan PAPAJI tetap Jaya, Amin.

****

 

Selesai kutipan.

Semoga bermanfaat.

If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader.

5 Comments

  1. aq gak doyan melihara binatang mba…
    males bersihinnnya.. boro-boro bersihin kandang hewan… bersihin rumah aja moody banget.. hehehe… btw coba ditekuni mba.. trus jadi juragan ayam…
    kebutuhan manusia terhadap ayam tuh gak bakalan ada matinya… jadi prospekx cerah terus.. bisa jadi bisnis 7turunan… bisa diturunin ke bang ziyad, ma thoriq… ma adekx… ^^

    oiya mba, coba pelihara ikan mba… ikan gurame ato lele.. murah meriah… hasil menggiurkan…
    klo aq terkendala “males bersihinx” hehe…

  2. manggut-manggut. Bisa jadi…pelan-pelan asal kelakon ya haha…tapi pejantannya blom ada.
    Kalo ikan belum tertarik kayanya. Repoott..ngurusin air dll2nya itu loh.
    Pernah juga denger obrolan tetangga2 sini pas di warung sayur yang udah pernah coba ternak lele. Rugi, beli bibit lelenya, trus pada mati dll dll. Jadi samsek gak tertarik (lagian tanahnya dimana coba…:D)

  3. waah..seneng dong mb, ayamnya bertelur. Klo aku dl jingkrak2 kalo kucingku melahirkan (pernah nungguin pas lahirannya). Btw sotong itu setauku sama dengan cumi. Biasanya klo org melayu nyebutnya sotong, kalo org indo cumi.

  4. bangett..alhamdulillah haha…ternyata kalo melihara ayam trus dapet telor serasa dapat balasan gitu :D.
    kalo melihara kucing kan buat main2…dielus2…manja2…
    kalo aku sering banget rin nungguin kucingku lahiran..ada yang pernah prematur trus dia pindah2 beranaknya…ya Allah…dan aku yang mesti bertanggung jawab beresin :D.

Leave a Comment.