Belajar Berhitung

Alhamdulillah…sejak sekitar 4 mingguan yang lalu, Ziyad mulai belajar berhitung. Maksudnya sudah mulai masuk dalam ranah belajar yang lebih diseriuskan hehe. Sebelum-sebelumnya secara tidak langsung sudah belajar dasar-dasar. Dilakukan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya ketika dia minta kertas, aku bilang “Lima ya, coba dihitung dulu benar 5 gak?” Terus hitung deh.

Mulai belajar berhitung juga karena aku lihat perkembangan belajar membaca latin dan arabnya alhamdulillah bagus. Proses belajar kedua materi itu sudah berjalan lebih  ringan. Bahkan, untuk baca latin  karena satu halaman sudah lancar dan cepat, bisa aku rapel 2-3 halaman. Walau baru AISM 4, Ziyad sudah sering buka buku dan berusaha baca karena menikmati dia sudah mulai bisa membaca. Alhamdulillah :)

Nah…sebelum mulai proses belajar berhitung ini, aku banyak melihat dan download dari youtube. Terutama cara belajar di Montessori. Proses belajar berhitung ini, aku lihat jadi lebih terlihat mudah. Salah satu video yang aku lihat ini:

Ada berbagai hal yang kami lakukan untuk materi ini. Alhamdulillah, Ziyad mudah menangkap dan cepat memahami.

Pengenalan Angka > 10

Karena Ziyad sudah mengenal angka 1-10, langkah yang ingin aku perkenalkan ke dia adalah bilangan belasan/puluhan.  Aku membuat media sederhana dari kertas flashcard yang tidak terpakai (gagal cetak :D). Tapi mungkin ke depan insyaAllah aku mo jaddin produk cizkah ( blum dapet nama usaha yang tepat :D) dengan melakukan riset dan percobaan.

mengenal angka
ngeblur fotonya malam-malam, berebutan hp sama thoriq hihi…
  • Jadi, prosesnya bikin angka satuan 1-10 dua kali dengan warna spidol yang berbeda. Aku juga bikin angka 20,30, 40 sampai 100.
  • Kemudian aku memperlihatkan dia angka 1-10.
  • Setelah itu aku kasih proses menggabungkan dari angka puluhan dengan satuan (2 kertas dengan 2 warna spidol berbeda). Dari 10 trus nambah angka 1 di belakang, jadi 11. Angka 2 di belakang jadi 12, dst. Jadi itu tuh angka bukan terdiri dari satuan 1 dan satuan 2, tapi 1 puluhan dan satuan.

Abis itu ke 20…sama prosesnya.

Pengenalan angka 20, 30, 40 sampai 100.
Menyuarakan sama-sama angka 1-100 sambil lihat  video 1-100 (coba lihat dichannel yang sama). Kemarin Ziyad sempat masih bingung kalo udah sampe 19 tu berapa, atau setelah 29, 39, 49 tu berapa. Sekarang alhamdulillah udah mulai lancar.

Update: Oya…proses dia berhitung itu atas kemauan sendiri lho. Dia iseng gitu menyuarakan 1-100. Pas awal gak bisa ya dibenerin. Pokoknya alhamdulillah untuk tahap awal bisa dikatakan lumayan lancar dan gak membuat dia paranoid sama yang namanya Matematika!

Penjumlahan

Untuk penjumlahan juga berbekal video ini  plus juga dilengkapi dengan stick es, jari atau apapun yang bisa digunakan untuk membantu PERWUJUDAN sesuatu yang dihtiung. Stick es ini murah, Rp 3.500 isi 100 stick! Pas awal dibeli belum tahu tujuannya buat apa. Yang jelas bisa buat main. Dan awalnya memang buat dipakai main ^^.

main stick es

Aku juga sempat ngetes daya abstrak penghitungannya. Misal, 5 + 2= . Nah aku suruh hitung dari angka 5 aja, abis itu tinggal ditambahain 2. Ternyata belum bisa. Jadi tetap harus hitung dari awal, 1,2,3,4,5,6,7 hehe. Lagian, baru diajarin udah pake yang absrak-abstrak. Memang masih tahapan operasional kongkret.

Latihan

Tiap hari aku kasih soal-soal ringan. Kadang pas dia lagi main-main.
“Ziyad…3 + 3 berapa?”
“Kalo 4 + 2?” dst.

Kadang juga ditulis di buku.

Nah, untuk ixl.com,  untuk non- member.terbatas jumlah latihan yang bisa diakses,  Jadi aku lihat model soal yang disajikan di IXL, trus aku kasih soal yang sama ke Ziyad.

Misal di bawah angka 7 berapa.  Ternyata mikirnya masih lama ya :D (lupa gimana dulu pas anak2). Dia mesti ngitung dari 1.

Nah, ternyata sekarang di starfall.com juga ada pelajaran Mathnya!! Ya walaupun juga ada sistem membership untuk pengakesan semua game. Tapi lumayaan..

Oh ya lupa., Ziyad dan Thoriq udah lama  punya buku yang berkaitan sama Math yang diilustrasikan dengan cerita. Sebenarnya di buku itu ditulis untuk usia 7+. Tapi karena gambar dan penyampaiannya lucu, waktu itu nyoba beli. Sayangnya ketika kami memutuskan untuk melengkapinya, ternyata udah out of stock di Gramed maupun Toga Mas. InsyaAllah reviewnya di postingan tersendiri ya.

Semoga bermanfaat.

Btw, aku udah download banyaaak video montessori ini, barangkali ada yang berminat mo ngopy? :D Tapi ini masih tawaran tak pasti. Waktunya terbatasss buat ngeburn-ngeburn :D.

 

5 Comment

  1. Intan says:

    Masya Allah
    Jazakillah khair mba!!!! Inspiring dan insya Allah bermanfaat

  2. mutianova says:

    Montessori apa sih mba? Ana masih belum paham

  3. cizkah says:

    afwan tia baru jawab.
    Montessori tu nama tokoh pendidikan. Perempuan. InsyaAllah kapan2 diceritain ya..heheh…

  4. cizkah says:

    @intan wa anti fa jazakillahu khayron intaann ^^. Perjalanan masih panjang ya ntan insyaALlah hihiy…

  5. […] aku sempat posting tentang dia mulai belajar berhitung (di usia Ziyad 5,5than), tapi dalam pelaksanaannya cuma gitu-gitu aja. Belajar penjumlahan, […]

Leave a Reply