Bikin Roti Tawar Sendiri Yuk, Lebih Sehat dan Hemat

Punya anak kembar, kan harus rajin makan. Makannya pun yang ngenyangin dan bergizi. Stoknya mesti bisa ada dan gak terlalu mikir basi atau nganget-ngangetin. Yang kalo tengah malem bisa langsung ambil. Apalagi jawabannya kalo bukan roti. Kalo pas pengen manis, bisa dimakan pake mesis, selai dll. Tapi kalo pas pengen yang asin-asin dibikin jadi burger telor.

resep-roti-tawar-roti-sobekmudah-lembut3-Tapi lama-lama mikir. Ini sehat gak yah. Mikirin pengawet, pemutih (kalo pake), pelembut dllnya. Apalagi harganya kalo dipikir-pikir buat keluarga besar jatohnya sebulan banyak banget. Akhirnya suatu sore, kepikiran dan langsung eksekusi bikin roti tawar. Alhamdulillah kalo alat perbakingan udah lumayan lengkap dikumpulin dari zaman Ziyad.

Dulu ngiranya bikin roti tawar tuh butuh banyak telor gula kaya bolu. Ga kepikiran sama sekali untuk ngelirik resepnya. Karena udah terlalu kuat di “ngiranya” tadi.

Ternyata roti tawar tuh malah minim banget pemakaian gulanya. Setengah kilo terigu cuma pake 4 sdt gula! Telor bisa cuma satu. margarin cuma 4 sdm. Ah, suka deh.

Proses pencarian resep andalan pun dimulai. Mulai dari resep indonesia di cookpad, sampe nonton channel luar negeri. Eh ujung-ujungnya nonton video yufid.tv. Ternyata chef Agus ngasih langkah-langkah yang hampir selalu aku terapin sampe sekarang. Tapi ada beberapa catatan dan kesimpulan lain dari hasil aku trial error berbagai resep roti tawar.

Resep Roti Tawar Pertama (Terigu Biasa)

Ini termasuk resep yang paling banyak dicoba dan bisa fleksibel buat apa aja. Awalnya resep roti sobek, terus dimodif jadi roti tawar. Yang bikin pada suka adalah, resep ini gak perlu ngulen. Eh ngulen tuh apa sih? Haha..aku tadinya gak gubris lah yang namanya ngulen. Ko orang pada ribet di masalah ngulen. Yang penting bisa dimakan lah. Tapi ternyata ini ngaruh looh ke kelezatan roti. Biar gak kepanjangan aku posting sendiri ya resep andalan di postingan sendiri.

Hasilnya pas nyoba pertama kali gak ngembang. Salah raginya. Dan ternyata butterku udah expired (balada selama hamil gak pernah baking hehe).  Ya udah, dikasih ke Thoriq sama Luma untuk mainan.
Penasaran, langsung nyoba lagi saat itu juga. Soalnya kerasa gampang banget ingridients dan langkah-langkahnya. Kali ini kesalahan adalah mencampur ragi dan gulanya pake air panas. Kayanya langsung mati deh tu ragi hehe. Alhasil rotinya gak ngembang.

resep-roti-tawar-mudah-lembut2-

Ya udah, sambil adonan kedua ngembang dikiiit di loyang, bikin lagi adonan ke-3. Kali ini langkahnya dibedain dikit. Langsung campur gula sama raginya di tepungnya. Airnya juga hangat. Alhamdulillah jadi. Dan lumayan deh untuk percobaan pertama.

resep-roti-tawar-mudah-lembut3-Nah, si adonan kedua karena gak ngembang aku tetep bikin dimasak di loyang ceper. Terus sok-sok bentuk kaya roti di toko bakery gitu. Terus pas keingetan ada wijen pula. Plus inget diatasnya dituangin susu kental manis putih.

Jreeng…si abang malah suka banget yang roti adonan kedua. Cuma jadi mikir besok-besok kalo mo bikin versi kaya gini bagaimana? Hehe. Mungkin dikurangi raginya ya.

Resep kedua

resep-roti-tawar-mudah-lembut4-

Agak failed. Kesalahan utama api kompor kegedean. Di resep 180 derajat. Sedangkan ini oven tangkring plus gak ada termometer oven. Semua serba kira-kira. Tapi sekarang jadi tahu gimana api yang pas untuk masak di roti.  Aku gak tertarik mo nyoba resep ini  lagi. Kayanya langkah-langkahnya kerasa kurang pas aja.

Resep ketiga

resep-roti-tawar-mudah-lembut-

Bedanya dengan resep pertama, cairannya pakai susu. Hasilnya lumayan enak dan kerasa empuk lembut gitu. Tapi takaran dan ingridientnya agak kurang cocok aja. Belum pas.

 

Video Yufid.TV

Akhirnya lihat lagi video resep roti tawar Yufid.TV. Kali ini ditontonin detil dari awal sampe selesai. Biasanya kan cuma numpang-numpang nonton yang lain.

Akhirnya aku coba-coba lagi dari resep yang dari resep Yufid.TV dan sampailah kepada kesimpulan berikut ini resepnya disertai fleksibilitas tingkat tinggi supaya kalo pas pengen begini bisa begitu, pas pengen begitu bisa begini bahan-bahannya. Yuuk disimak dan dipratekkin.

Resep Roti Tawar Mudah, Sehat, Lembut

Bahan:

  • ragi 2 sdt (aku pake mauripan karena ada label halalnya)
  • air 300 ml
  • terigu serba guna 250 gr (aku pake segitiga biru)
  • terigu protein tinggi 250 gr (aku pake cakra)
  • kuning telor 1 buah
  • susu bubuk 4 sdm (aku pake dancow full cream)
  • gula 4 sdt
  • garam 1 sdt
  • margarin 4 sdm

Catatan fleksibilitas:

  • Resep di atas adalah resep hemat
  • Kalau mau lebih enak  lagi bisa pake 2 kuning telur. Hasilnya bakal super lembut soft kaya roti swiss.
  • Kalo gak mau atau pas gak ada telor,  airnya diganti susu cair (aku pake UHT). Tambahin sekitar 20 ml untuk gantiin berat telornya, jadi 320ml ya susunya. Raginya berarti gak usah diaktifin tapi langsung campur dengan terigu (langkah 2). Insya Allah pasti lembut kalo pake susu.
  • Eits, ada lagi catatannya. Kalo di video yufid.tv, pake air dingin, semua bahan dicampur jadi satu. Aku udah cobain kalo raginya diaktifin dulu, rotinya jadi lebih lembut gitu. Beda pokoknya dibanding kalo langsung campur semua dan pakai air dingin.Jadi aku pakai cara ngaktifin dulu raginya pakai air hangat.

Cara buat:

  1. Campur air hangat (jangan panas yah) + ragi. Biarin dulu sebentar biar raginya bekerja. Tandanya dia bakal berbuih/berbusa. Kalo gak berbuih berarti raginya mati. Roti ga bakalan ngembang.

    tanda ragi-aktif
    Gak mesti berbusa kaya gini sih. Pokoknya berbuih gitu, keliatan dia lagi bereaksi dengan air.
  2. Campur semua bahan kecuali garam dan margarin. Aduk (pas awal bebikinan roti, entah kenapa gak pengen ngeluarin mixer. Tapi sekarang akhirnya pake mixer aja (standing mixer), gak pake tangan lagi, lumayan bisa ngerjain yang lainnya gak mesti mulen-mulenin. Kalo pake mixer, pake yang kumparan buat khsusus adonan roti ya).
  3. Setelah setengah tercampur, masukin garam sama margarinnya. Tambah kecepatan mixer, terus balik lagi kurangi keceptan mixer setelah tercampur rata.
  4. Ambil sedikit terigu/minyak untuk ngambil adonan terus dibentuk bulet ala roti sebelum dikembangin (lihat video deh).
  5. Tutup plastik. Biarin 10 menit.
  6. Setelah 10 menit, bagi 8 (ini kalo mo dibikin berlapis kaya gini biar rapih). Kalo gak, dibagi 2 aja nanti bakal jadi 2 gulung adonan ke 2 loyang.
  7. Biarin lagi 10 menit.
  8. Setelah 10 menit, mulai giling dan gulung (aku gulungnya pake bekas toples selai, krn adonan kecil-kecil). Tata di loyang yang udah dilapisi margarin. Kalau pas ditata gini memang belum dempet-dempet. Dikasih jarak aja. Nanti dia ngembang bakal menuhin seluruh loyang kok.
  9. Tutup plastik dan biarin 1 jam. Nanti bakal ngembang. hampir menuhin loyang.

    resep-roti-tawar-mudah-lembut5-
    Ini kalo adonan dibagi jadi 8. Satu loyang 4 bagian adonan.
  10. Panasin oven. Masak 25-30 menit pakai api sedang.  Biasanya roti masih ngembang lagi. Jangan kelamaan nanti roti jadi kering (kurang lembut dan soft). Tes tusuk aja.

    resep-roti-tawar-mudah-lembut7-
    Ini gak pake topping2an

Selesai. Ini jadi 2 loyang ukuran 23 x 10 cm x 7 cm-an. Kalo mau dibentuk roti sobek jadi ke loyang ukuran 24-26cm. Kalau mau enak diolesin di atasnya pakai butter biar harum dan lebih lembut kulitnya.

resep-roti-tawar-roti-sobekmudah-lembut4-
Mo dijadiin roti sobek isi

Penyimpanan Roti Tawar

Roti tawar jangan dibiarin di udara terbuka. Dia bakal kering. Bisa dibungkus plastik, taro di wadah khusus roti atau di toples biasa juga bisa. Yang penting ketutup.

Insya Allah bisa tahan 3 hari. Kalo dimasukin kulkas bisa lebih tahan lagi tapi harus tutup rapat plastik biar ga kering.

Bikin 1/2 Kilo Biar Hemat

resep-roti-tawar-mudah-lembut6-
pas awal rajin ngasih toping. Lama2…sudahlah biarkan apa adanya layaknya roti tawar hehe

Aku bikin per setengah kilo biar…hemat gas hihi. Kan soalnya langsung masuk sekali masak dalam oven. Jadi bisa hemat gas setengah jaman. Lagian juga biar gak bikin tiap hari. Berarti hemat listrik juga. Hemat nyuci piringnya juga. Lagian kan bisa disimpan dalam kulkas biar awet. Jadi gak usah ragu kalo mo bikin setengah kilo gini. Apalagi kalo hasil rotinya lembut banget…wih…ludesnya cepet banget masya Allah.

Bisa Buat Pizza, Roti Sobek, Donat

resep-pizza--mudah-lembut3-
Yummiii…bikin aja lebih puas dan murah insya Allah

Resep ini bisa dijadiin buat pizza, roti sobek dan donat! Jadinya gak perlu mikir-mikir lagi kalo ada yang request bikin donat atau pizza. Eksekusi akhirnya aja yang agak beda. Insya Allah kapan-kapan diposting yuaaaah…

resep-roti-tawar-roti-sobekmudah-lembut1-

Tips Tambahan

Untuk nunggu adonan ngembang, biasanya aku  taro di baki. Jadinya enak pas mo bagi 8 udah ada space buat naro tu 8 adonan.

Nutup pake plastik 10kiloan. Jadi kaya bungkus si bakinya heheh. Rapet.  Bukan cuma naro plastik di atas adonan. Nanti plastiknya disimpen lagi (sayang-sayang kalo stiap bikin buang plastik). Tadinya aku nutup pake kain, tapi adonan suka lengket di kain, jadi kurang efektif aja rasanya mesti cuci-cuci kain :D.

Kalo dah ngembang yang terakhir jangan sampe kesenggol plastiknya. Nanti adonannya lengket di plastik, bakal ketarik tu adonan…kempes nanti hihi. *pengalaman pribadi

Tips dari mba Dewi di komentar, sebelum dioven, disemprot air matang biasa. Biar kulitnya lembut. (Makasi mba Dewii tipsnya)

Tonton video ini. Insya Allah dapat pelajaran deh. Baguus videonya. Semoga si chef Jepang masuk Islam. Aamiin. hehe.

*Ini bikin postingan ini berapaaaa kali sesi looh…

 

cizkah
17  April 2017 / Rajab 1438

4 Comment

  1. dewi says:

    bismillah..
    mbak sis.. klo roti atasnya mau lembut, sebelum masuk oven disemprot air dulu pake semprotan sejenis semprotan parfum itu..isinya air matang biasa aja..insyaallah lebih lembut..
    oh ya klo untuk roti coba pake full cakra.. klo untuk donat naru di mix dg segitiga..akan jauh beda texture nya insyaallah..
    selamat mencoba ^^

  2. cizkah says:

    jazakillahu khayroon…
    gak keipikiraan ini dari kemarin. Masya Allah.
    Pas bikin kue gambang padahal untuk nempelin wijen juga oles air matang biasa.
    Insya Allah dicobaaa

  3. yuli_umm_aisyah says:

    Alhamdulillaah udah nyobain mbak utk nyobain oven baru. Krn buat iseng2 aku buat 200gr terigu tanpa telur. Cm terigu, ragi, garam 2sdm gulpas, 2sdm margarin..hasilnya lumayanlah udah bs jadi roti yg bs dimakan tanpa bantat/pun gosong utk pemulaa spt diriku. Jazaakillaahu khayran ya mbak sisk. ^^

  4. silva yuli says:

    makasih buat tips and trik nya, jd ga perlu beli lg deh heheh

Leave a Reply