Buku-Buku Pendidikan Anak

Aku…seorang lulusan Teknologi Pendidikan…hehe…agak sungkan deh kalo nulis aku seorang Teknolog Pendidikan (tanpa i), kesannya jadi profesi bgt kalo nulisnya gitu. Heheh…

Jadi, di jurusan ini, bisa aku katakan, kami mempelajari 3 ranah utama, teknologi, kurikulum, dan pendidikan itu sendiri. Di pendidikan itu sendiri terbagi lagi dan utamanya juga berkaitan dg orang, salah satunya peserta didik. Nah…dari semester pertama sampe akhir, ini pun bertahap. Pas awal-awal, kita dikasih psikologi umum, abis itu sanjutya psikologi perkembangan yg ngebahas tentang perkembangan anak/manusia, karakter peserta didik dan seterusnya berkembang terus, sambil itu mesti ada kaitannya sama teori-teori pendididikan yang dibikin tokoh-tokoh tertentu.

Dan aku bersyukur, banyak hal yang aku pelajari di kuliahan itu bermanfaat dalam keseharianku mendidik Ziyad (walo mgkn banyak orang menganggap ktk ilmu yg kita pelajari gak dipake di dunia kerja, kayanya sia-sia banget, padahal kenyataannya insya Allah tetep ada manfaatnya, termasuk dalam kasusku ini, alhamdulillah). 

Nah, utk posting kali ini, aku kasih pendahuluan gitu, krn buku2 yg aku list di sini cuma yg bisa aku sebutin ya dan tergapai olehku di rak. Kalo buku-buku kuliahanku, mgkn kalo tertarik bisa ke toko buku atau ke perpustakaan UNY hehehe. Dan tentu aja sumber-sumber lainnya, majalah, tabloid, web-web parenting,  etc. Lebih enak lagi, kalo baca tabloid itu dari kasus-kasus yang ada. Soalnya waktu Ziyad baru lahir, pernah baca setumpukan tabloid Nakita, dan aku catet point2 penting itu justru dari tanya jawab yg kadang berulang dan aku ambil kesimpulan, “Oh penanganannya begini.”

Tapi yang lebih penting dari semua itu adalah buku pendidikan anak secara syari, karena sebaik-baik teladan adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, jadi buku lain emang pelengkap dari segi-segi lain ya.

Ok deh, skrg waktunya ngelist

  1. Mendakwahi Anak (Dasar dan Tahapannya), Dr. Fadhl Ilahi, Darus Sunnah,  Lumayan bagushh…bukunya kecil tipish, cuma 120-an halaman dg ukuran buku 12cm x 19cm.
  2. Di Bawah Asuhan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Muhammad Thalib, Media Hidayah, nice, walo agak tebel, skitar 300-an hal dg ukuran buku ± 14cm x 21, tapi insya Allah ringan di baca, krn per judul, lsg hadits ples sedikit catatan dr penulis, contohnya, judulnya, “Mengajari Bersikap Ketika Berkumpul”, terus dikasih hadits Rasullullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Apabila kamu berkumpul bertiga, janganlah yang dua berbisik dg meninggalkan lainnya, karena hal itu akan membuat dia sakit hati.” (HR. Ahmad).
  3. Tarbiyatul Abna’, Syaikh Musthofa al-Adawi, Media Hidayah, tebel juga, hampir 400 halaman, ukuran ± 14cm x 21, ini juga bagus, lebih detail dan panjang dari buku di atas, dimulai dari bimbingan ke orang tua dari si anak sebelum lahir..
  4. Seni Mendidik Anak Tanpa Kekerasan, Dr. Muhammad Fahd ats-Tsuwaini, Abyan, tipis. bagus juga, ngebahas kenapa anak itu menentang, dan gimana kita harus memahaminya, anak berbohong dan lain-lain (pas ngeliat daftar isinya malam ini kok ngarasa butuh muroja’ah lagi ya hihi)..
  5. 15 Kesalahan Fatal Mendidik Anak, Dr. Muhammad bin ‘Abdullah as Sahim, Media Hidayah. Dari judulnya insya Allah ketahuan, aku kasih gambaran dikit, beberapa kesalahan yang dibahas di antaranya, mendidik anak perempuan menampilkan penampilan, melarang anak bergaul dengan orang dewasa, mendidik anak suka mengejek, kekhawatiran berlebihan ada anak..
  6. Menjadi Orang Tua yang Dicintai Anak, Dr. Muhammad bin ‘Abdullah as Sahim, Abyan, tipis. Menarik, gaya penyampaiannya jadi disusun secara hijaiyah. Dimulai dari Alif: Addib (Didiklah sopan santun), Ba’: Bayyin (Jelaskanlah) dst..
  7. Kado Sang Bayi, Ibnul Qayyim, At-Tibyan (terjemahan dr judul asli Tuhfatul Maudud, banyak diterjemahin ke judul2 lain dg penerbit yg beda). Ini lebih ke pengantar untuk ortu yg mo punya anak ya. Tapi tetep kan, parenting Islami itu ya dimulai dari sebelum si anak itu lahir..
  8. Ensiklopedi Anak, Abu Abdillah Ahmad bin Ahmad al-Isawi, DarusSunnah. TEBEL banget hehehe. Tapi emang bagus banget juga insya Allah. Bentuknya tanya jawab gitu, mulai dari janin, sampe pendidikan yang lain juga, detail. Recommended. Blum selese baca nih..
  9. Psikologi Perkembangan, Elizabeth Hurlock. Heheh, ini aku lebih banyak nginget2 pas kuliah, soalnya yg aku punya nih fotokopian, hurufnya kecil2 bgt, difotokopi memanjang gitu. Agak kurang nyaman di baca. Tapi juga recommended. Kabarnya tapi udah susah ya nyari buku aslinya..
  10. Bila Anak Cemburu, Michelle Kennedy, Erlangga for Kids, lumayan buat nambah-nambah wacana penanganan sikap anak  untuk ortu yang udah mo punya anak lebih dari satu dan penulisnnya banyak mengungkapkan dari keseharian dia menangangi anak dia sendiri (sama deh kaya aku di blog ini, mudah2an lumayan buat nambahin wacana temen2 untuk ndidik anak hehehe)..
  11. Saudara Kandung, Dr. Richard W. Woolfson, Erlangga for Kids. Sama kaya yg di atas. Tapi ini lebih theoritical. Jadi, kita mesti agak-agak mikir praktek mengatasi masalah yg muncul gimana. Tapi juga bagus buat wacana dan pengetahuan. Dijelasin tentang ada perbedaan sikap yg muncul ketika jarak antara kakak dan adiknya juga beda, misal kalo bedanya deket tuh gimana, kalo bedanya sama usia sekolah gimana, kalo bedanya jauh bgt gimana. Nice..
  12. Panduan Belajar Membaca, Stephanie Mueller, Erlangga for Kids. Aku punyanya yg jilid 2, dapet pas obralan Jogja Islamic Bookfair. Isinya insya Allah bagus, gimana mendidik anak membaca dari kegiatan sehari2 sekitar dan bertahap. Tapi aku blum baca detail sih, masih bolak balik aja hehee..

Ini tambahan dari Zaenab pas sedikit diskusi di FB ya, krn ada yg aku juga blum sebutin. Mudah2an bermanfaat.

List Buku Parenting dr Za

6 Comment

  1. ismi says:

    Subhanallah…lengkap. Syukron ya mbak…. saya ijin simpan, untuk list. (bisa buat kado juga lho ya buku-buku ini)

  2. ismi says:

    Subhanallah…lengkap. Syukron ya bunda…. saya ijin simpan, untuk list. (bisa buat kado juga lho ya buku-buku ini)

  3. dewi says:

    assalaamu’alaikum.
    nambahin ya mba, dari list yg ana punya..
    – tumbuh di bawah naungan ilahi
    – kisah da’i cilik (buku favorit)
    – mengasuh anak fase menyusui dan usia pra-sekolah
    – super wife, super mom, super woman

    yg umum:
    – the effective parenting (terjemahnya ada – panduan mengerti komunikasi anak usia 0-5 th)
    – nanny 911 (beberapa metode komunikasinya bagus dan aplikatif banget)

  4. cizkah says:

    jazakillahu khoiro dewi..
    tumbuh di bawah naungan ilahi ana juga punya kemana ya hihi….oia iya…kayanya di rak buku yang ketutup.
    bagus2 wi, ana juga pengen beli yg umum yg di toga mas, yg judulnya perkembangan anak. Tapi rata2 200ribuan hehehe…budgetnya blum ada deh…masih nabung buat lahiran, aqiqah, bayar kontrakan dll dll dll huhuhu…

    wah…punya buku nany 911…pengen juga…e tapi ana kurang sreg sama istilah pojok nakal itu wi, ada kata nakalnya sih…kok jadi ngasih label nakal gitu jadinya…istilahnya aja mgkn ya….mgkn penerapannya anak gak usah dikasih tau. Tapi slama ini gak pake pojok nakal gitu sih alhamdulillah.

  5. dewi says:

    sebenernya di bukunya sendiri lebih banyak digunakan istilat “time-out” mba. Malah ana belum nemuin ada kata “pojok nakal”. Itu digunakan nggak cuma buat anak yg lagi mbandel aja, tapi juga ortu yang nggak bisa mengendalikan emosi (muhasabah tepatnya).
    wah… ana malah udah lama banget nggak ke toko buku, terutama sejak hamil ini. Tapi buku2 bagus dan nggak terlalu mahal banyak kok mba. Cuman kalo terjemah kadang ada buku yang bahasa terjemahannya aneh dan kurang pas.

  6. cizkah says:

    humm…gitu tohh…berarti orang indonesia aja yah yg emang suka kebablasan gak sengaja pake “labeling” gitu.
    Hehe…toko buku termasuk tempat refreshing soalnya Dewii ^^
    Iya iya, tapi kadang pengennya langsung aja beli buku yg gede sekalian, soalnya biasanya udah tercakup di situ berbagai hal

Leave a Reply