Buku Pelajaran Homeschooling Ziyad Kelas 1 SD

Ziyad mulai kegiatan homeschooling untuk tingkat SD kelas 1 sekitar bulan Desember 2013. Waktu itu aku lagi hamil Luma 7 bulan. Alhamdulillah waktu ke Toga Mas, buku paket serta LKS tersedia. Untuk LKS, yang tersedia hanya untuk semester 2. Mungkin karena memang pada saat itu sudah mau pergantian semester kedua. Jadilah kami membeli buku-buku paket dan LKS untuk semester 2 kelas 1. Beberapa buku memang ada yang untuk satu tahun ajaran.

Cerita kegiatan homeschooling Ziyad – terutama pas awal-awal – in sya Allah di tempat lain ya hehe. Postingan kali ini biar fokus bahas tentang buku.

Mungkin ada yang bilang bahwa semua buku pada dasarnya sama aja. Alasannya, karena pada dasarnya materi yang dibahas di buku sama. Nah..kalau aku tapi tipikal tetep yang pilih-pilih…lihat isi…dll. hehe.  Karena ngerasain aku yang nyampein ke Ziyad, jadi bisa kerasa kalau gak semua buku sama walaupun isi bahasannya ya sama. Lebih berasa lagi karena antara kelas 1 dan kelas 2 kurikulum yang kita pake beda, buku pelajarannya juga beda-beda.

Matematika

Milih buku ini waktu itu sebenarnya karena Ziyad pingin yang ini. Harganya jauh lebih mahal dibanding buku lainnya karena isinya dua bahasa: bahasa Indonesia dan Inggris. Kita sih tetap pakai yang bahasa Indonesia aja. Jadi halaman kiri bahasa Indonesia, halaman kanan bahasa Inggris. Ternyata pas ngerasain buku Matematika kelas 2, buku yang model kaya gini memang lebih enak. Lebih bertahap aja. Atau mungkin karena pas buku kelas 2 modelnya yang kita beli yang pendukung kurikulum 2013 ya…jadinya agak terlalu ringkas. Padahal penerbitnya ya sama, ESIS (masih di bawah penerbit Erlangga).

Catatan penting ketika belajar matematika itu benar-benar harus bertahap. Kejadian kemarin pas Ziyad, belajar langsung yang semester 2.  Ternyata yang terjadi adalah Ziyad susaaah banget pahammnya. Terus mikir-mikir…ketahuan kalau salah banget nih. Walaupun pada dasarnya Ziyad udah belajar secara bertahap kalo yang dari IXL.com, kalau untuk materi yang dibahas di sini ada yang belum dia lewati.

Akhirnya kita putusin beli yang buku paket untuk semester 1  dan kita ulang lagi dari awal. Alhamdulillah, ternyata pas berlalu waktu dan sampai ke materi yang dulu aku pernah sampein di awal pelajaran, dia gak pake bingung sama sekali hehe.

buku pelajaran homeschooling

 

 

IPA

Kayanya waktu itu milih ini karena Ziyad juga. Ada CD-nya. Dan isi CD-nya bagus in sya Allah. Ziyad suka banget. Karena waktu itu baru belajar yang model dari buku seperti ini – pelajaran klasikal -, berasa banget manfaatnya. Maksudnya, belajarnya Ziyad jadi terasa lebih enak aja.

 

buku pelajaran homeschooling

Agama Islam

Sebenarnya, yang namanya belajar – agama – Islam ya layaknya di setiap tarikan nafas. Jadi yang namanya nilai pendidikan agama Islam udah berlangsung dalam kehidupan sehari-hari. Nah…beli buku ini sebagai panduan dan lebih memperjelas lagi…oo ini toh yang dipelajari anak usia kelas 1. Bagus juga. Jadi lebih jelas juga. Di buku ini ngebahas tentang rukun Iman, rukun Islam, syahadatin.

buku pelajaran homeschooling

 

 

Bahasa Indonesia

Ini kita belinya gak dari awal belajar. Kebetulan pas lagi ke toko buku. Terus aku lihat-lihat di bagian buku pelajaran. Ah beli lah..gpp. Buat pengayaan.

Untuk pelajaran seperti IPS, PPKN dan yang sisa lainnya memang aku kasih dari buku LKS aja. in sya Allah sudah mencukupi hehe.

buku pelajaran homeschooling

 

 

LKS

Ini dia LKS-nya. LKS-nya lumayan bagus in sya Allah. Aku tahu tetanggaku yang anaknya sekolah di SD Muhammadiyah juga pakai LKS ini.

buku-pelajaran-homeschooling-LKS

 

 

Ok…mulai ketahuan kalau aku kebanyakan beli yang dari penerbit ESIS hihi. Ya mungkin karena isinya dan tampilannya secara dalamnya juga menarik dan enak. Tapi pas kelas 2 gak dari sini semua kok. Bahkan akhir-akhir ini, setelah punya beberapa buku dari penerbit Tiga Serangkai, aku jatuh cinta gitu sama semua buku yang kita punya dari penerbit itu. Mungkin kalau beli buku pelajaran selanjutnya aku bakal beli juga yang dari penerbit Tiga Serangkai in sya Allah.

Poin yang aku juga pingin perjelas, buku yang kita beli gak mesti satu terus puas ko. Kadang setelah penyampaian materi dari satu buku dan ngerasa kurang bagus…ya coba cari alternatif. Atau kadang kita memang sudah beli beberapa buku, tapi gak semua buku yang kita pakai. Ga kita pakai hari ini bukan berarti gak kita pakai besok-besok. In sya Allah tetap bermanfaat.

Jadi cuma itu bukunya?

Yaa…kalau untuk belajar yang pelajaran SD bisa dibilang itu mungkin itu ya intinya. Seperti aku bilang di atas..karena dalam kegiatan sehari-hari juga banyak pelajaran yang bisa diambil dan diberikan. Kita sengaja pakai yang kurikulum SD Negeri karena lebih mudah dari segi pengelolaan nilai pelajaran yang dibutuhkan untuk ujian pas kelas 6 nanti. Kalau kurikulum madrasah kan ada tafsir, sirah, hadits, dll.

Nah…walau pakai kurikulum yang SD negeri, bukan berarti yang seperti hadits, siroh dll kita gak belajar.  Maksudnya gimana?

Maksudnya…semua hal itu bisa didapatkan dari kegiatan dalam kehidupan. Misalnya pas bed time story. Di bed time story biasanya aku ganti-ganti. Kadang cerita nabi, kadang cerita sahabat. Kadang tentang hadits, kadang tentang asmaul husna. Anak-anak sukaa banget dibacain. Dan mereka biasanya lebih merasuk.

Aku belum bisa ngebayangin kalau kemudian yang seperti itu (hadits, kisah…dll) dijadiin pelajaran formal terus anak disuruh baca dan menghafal terus ngerjain soal-soal hehehe. Kaya zaman dulu aku…kayanya baca buku pelajaran sejarah biar nanti bisa tau jawaban soal. Kurang merasuk aja.

Sebenarnya, setelah berbagi dan diskusi dengan teman-teman homeschooling, aku baru sadar kalau aku tipikal belajar yang model unschooling. Jadi ga mesti terpaku pada kurikulum tertentu dan metode tertentu. Setiap hal bisa jadi pelajaran. Cuma karena nantinya ini terkait sama ujian paket hehe…jadi aku tetap persiapkan Ziyad dengan materi yang sesuai kurikulum/pelajaran yang ditentukan untuk setiap tingkatan kelas.

Tapi aku tetep berusaha ketika mengaitkan pelajaran dengan kehidupan. Biar Ziyad gak merasa aku belajar buat dapat nilai hehe. Aku belajar itu biar tahu.

 

3 Comment

  1. amaliya says:

    Assalaamu’alaykum Mba Cizkah..
    saya baru kepoin blog mba nih,biasanya ummiummi.com ajaa hehehe. Mau nanya2 ttg homeschooling bisa email2an ga kita mbaaa? Hehe jazaakillaahu khooyr

  2. cizkah says:

    wa’alaikumussalam
    silakan @amaliyaa…

    ke cizkah@gmail.com ya
    fa jazakillahu khayron

  3. Alhamdulillah salam kenal um, Alhamdulillah kami juga menerbitkan buku-buku pelajaran umum yang sudah melewati proses tashfiyah dan semoga bisa menjadi salah satu pilihan untuk menemani pendidikan putra-putri kita
    baarokallohu fiikum

Leave a Reply