Buku Pendidikan Islam: Di Bawah Asuhan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Buku Pendidikan Islam

pendidikan islam
buku pendidikan islam

Judul: Di Bawah Asuhan Nabi
Penulis: Muhammad Thalib
Penerbit: Hidayah Ilahi
Cetakan: Pertama, November 2003
Ukuran buku: 14 cm x 21 cm
Isi buku: 318 halaman

Buku pendidikan Islam ini secara susunannya mirip dengan buku yang aku review sebelumnya. Bedanya, penulisnya kali ini orang Indonesia. Pembagian babnya bukan berdasarkan umur tapi berdasar masuk ke ranah mana dalam pendidikan Islam.

Berikut pembagian babnya:

Bagian 1: Aqidah & Ibadah
Bagian 2: Akhlaq & Pergaulan
Bagian 3: Intelegensi & Emosi
Bagian 4: Kebersihan & Kesehatan

Setiap bagian terdiri dari poin-poin pembahasan pendidikan Islam. Misal pada bagian 1, beberapa poin yang dibahas adalah

  1. Mengajarkan kalimat tauhid
  2. Bercerita bertemakan ajaran tauhid
  3. Mendidik Mencintai Allah dan Rasul-Nya
  4. Menanamkan Rasa Takut Terhadap Ancaman Allah
  5. Mendoakan Agar Menjadi Orang yang Paham Agama
  6. dst…

Setiap poin berisi hadits yang menjadi dalil yang menjadi petunjuk penerapan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada anak-anak di zaman beliau. Sayangnya, penulis tidak menyertakan derajat hadits tersebut. Hanya menyebutkan ini periwayat hadits tersebut. Alangkah lebih baik, jika pembaca memiliki bekal hingga bisa mengecek derajat hadits tersebut, apakah termasuk shahih, dha’if atau yang lainnya.

Kelemahan lainnya adalah, setelah hadits penulis menyampaikan tulisan penulis yang sebenarnya hanya pengulangan dari isi hadits.  Kita jadi kurang mendapat faidah baru. Sehingga jika kita melewati (tidak membaca) paragraf-paragraf yang diberikan penulis juga tidak mengapa in sya Allah. Sehingga buku ini juga bisa dibaca secara cepat in sya Allah.

Aku kurang tahu apa bisa mengatakan kelebihan atau tidak. Karena ada beberapa hadits yang memang aku tidak dapatkan di buku pendidikan Islam sebelumnya. Berkaitan dengan tidak adanya penyebutan derajat kesahihan hadits tersebut.  Misalnya hadits berikut:

Membiasakan Berkumur Setelah Minum Susu
– Masuk ke bab Kebersihan dan Kesehatan –

عن ابن عباس – رضي الله عنهما – ان رسول الله – صلى الله عليه وسلم – شرب لبنًا فمضمض وقال: إن لـه دسمًا

“Dari ibnu ‘Abbas, sesungguhnya Rasululllah shallallahu ‘alaihi wa sallam bila selesai minum susu, beliau berkumur dan sabdanya, ‘Sesungguhnya susu itu mengandung asam’.” (HR. Ahmad)

Jika ingin mengecek sendiri ke kitab yang disebutkan, alhamdulillah. Jika tidak memiliki kemampuan, alhamdulillah kita bisa melakukan pencarian di yufid.com.

Disana aku dapatkan, ternyata hadits ini sahih. Namun ada perbedaan pada imam yang meriwayatkan hadits ini, yaitu hadits riwayat Bukhari & Muslim. Dari sini jelas jika disebutkan hadits riwayat Bukhari & Muslim, maka hadits itu adalah hadits yang sahih.

Perbedaan lainnya adalah dalam mengartikan kata “dasaman”. Dasaman diartikan lemak.

Jika mau mengecek, bisa ke kamus yang kita miliki atau ke website almaany. Berikut screenshoot arti dari kata dasaman.

pendidikan islam : arti dasaman
Sepertinya lebih tepat diartikan lemak :)

Semoga review buku pendidikan islam kali ini memberikan manfaat. Aamiin.

1 Comment

  1. terimakasih review bukunya, sangat menarik

Leave a Reply