DIY: Membuat Counting Beads, Based on Montessori Method

Emas = > 10, Pink => 3
Emas = > 10, Pink => 3

Alhamdulillah, akhirnya terwujud juga bikin bead bars (manik bersusun) model montessori ini. Walaupun masih terbatas 2 warna hihi. Soalnya pas beli beadsnya belum kepikiran banget buat ngewujudin ini. Padahal pinginnya udah dari zaman Ziyad masih preschool. Lama amat ketundanya haha. Soalnya kalo pas ke toko 96 nyari ko gak ada yang pas. Mau beli beads yang dalam bentuk lingkaran kalung ko jatohnya mahal.

montessori-belajar-matematika2

Beads yang ini belinya di Progo. Tapi lupa-lupa ingat berapa harga per bungkusnya. Antara 3000-6000 deh. Dan isinya banyak! Ini yang emas aja udah jadi 10 batang masih sisa lagi.

montessori-belajar-matematika
Ada yang bantuin. Namanya Lumah Lamiah :D

Cara Membuat:

Gampang sebenarnya. Intinya bahan yang dibutuhin:

  • manik-maniknya
  • tang kecil untuk motong
  • tang putar (aku belum punya tang ini, jadi pakai tang buaya biasa bisa juga ko ^^)
  • kawat (kemarin aku beli yang ukuran 1mm, insya Allah masih cukup lentur).

Abis itu alami aja deh isi-isi sama bengkokin setiap ujungnya untuk nyusun jadi manik bersusun. Kalau kemarin cara yang aku pakai:

  • Bengkokin dulu ujung yang pertama.
  • Maniknya coba disusun 10  (ini pas nyusun yang emas. Kalau pas nyusun yang 3 ya diukur untuk 3 manik). Dapat ukuran susunan 10 manik, di lebihin kira-kira 2 cm kawatnya. Abis itu pakai patokan itu untuk kawat-kawat selanjutnya. Kalau kemarin aku untuk 10 manik, kawatnya butuh sekitar 10cm.

 

 

Tangga Warna

Counting beads ini berdasarkan model Montessori yah. Jadi ada patokan warnanya. Tapi kalo mo dibikin sama semua warna sebenarnya gak dosa :D. Yang penting anaknya bisa belajar. Cuma kalo mo dikaitin sama resource standar (semacam worksheet) yang bertebaran gratis di internet, berarti bisa juga tetap mengikuti standar warna yang ada ya.

Source: http://www.imagineourlife.com/2013/07/31/diy-montessori-math-beads/
Source: http://www.imagineourlife.com/2013/07/31/diy-montessori-math-beads/

Kalau mau buat yang versi square beads, bisa pake kawat grid yang buat ventilasi atau yang sejenis itu ya. Tutorialnya dapat dari sini. Kalau di tutorial ini, dia pake kanvas plastik. Berarti ada yang model dari plastik untuk grid kaya gini.

making color counting beads
Source: http://moosehuntress.blogspot.co.id/2009/11/montessori-mathematics-complete-bead_23.html

Investasi Awal

Kalau bagi aku, pembuatan counting beads ini bukan cuma untuk model belajar Montessori. Karena intinya dia ini media belajar. Jadi, yang penting bisa untuk membantu proses belajar anak. Dan pengalaman waktu ngajar Ziyad, sering banget butuh media nyata untuk menjelaskan suatu materi. Bahkan untuk perkalian dengan metode GASING insya ALlah bisa terbantukan dengan manik-manik ini. (Kemarin sih aku bikin sendiri media print-printinan…tapi belum posting ya kelanjutan metode GASING hehe…)

Untuk anaknya yang udah mau SD, bisa nih persiapan buat ngebantu anak belajar. Lumayan loh, jelasin satuan, puluhan, ratusan ribuan. Aku cukup lama juga jelasin ke ZIyad masalah puluhan. Menekankan masalah satuan..

Ini salah satu video bagus untuk menggambarkan penggunaan manik ini untuk menjelaskan bilangan.

 

Berapa Jumlah Manik yang Dibutuhin

Nah, ini sebenarnya model pemakaiannya kalau di Montessori bisa macem-macem. Dan penjelasannya puanjaaang. Aku sendiri butuh baca-baca lagi lebih dalam. Penjelasannya bisa di dapat di sini ya.

Tapi biar ga susah, kayanya aku bakal bikin 10 batang dulu tiap warna insya Allah. Semuanya butuh awalan…dan awalilah dengan yang mudah :D.

2 Comment

  1. Ummu 'Aisyah says:

    Kenapa ga beli di toko jolie aja mba cizkah?
    Alat dan bahannya lebih komplit ^^

  2. cizkah says:

    karena belinya tergantung yang nganter hihi…
    kalo yang dekat rumah toko 96 itu.
    ini targetnya mau ke bella..soalnya insya Allah juga lengkaaap.

Leave a Reply