Doodle or Not Doodle!

gambar mobil ziyad
Hasil gambar mobil Ziyad yang khas versi tahun 2010, ada cerobong asapnya :

Kalau zaman kecil dulu, di suruh isi biodata – tahu kan? zamannya anak-anak beli buku harian kecil gitu tapi diisi oleh teman-teman -, seringkali aku menulis

Hobi: menggambar, membaca

Walau pada dasarnya, sejujur-jujurnya, aku gak seperti orang-orang yang memang benar-benar maniak menggambar, yang selalu mencoret di segala situasi di berbagai tempat, dan hasilnya keren-keren, niat banget dan wah deh pokoknya. Hobi menggambar itu sekedar karena kadang-kadang aku suka ikut lomba gambar – pernah juga ikut lomba harian UNESCO kelas 2 SD tapi tentu aja gak menang : D pesimis deeh -, pernah sesekali diajarin lukis dan gambar sama Papa, pengen banget bisa juara gambar/mewarnai tapi gak pernah bisa, pengen banget bisa jago kaya orang-orang tapi kayanya mentok-mentok aja…Semuanya serba otodidak…niru, nyontek dst.

Nah…waktu ngeliat aktifitas Ziyad berbulan-bulan…aku baru sadar bahwa Ziyad yang pantas menuliskan kalimat itu kalo ada yang nanya kesukaan dia apa.

Hobi: MENGGAMBAR!

gambar mobil ziyad
Hasil gambar mobil Ziyad yang khas lainnya versi tahun 2010, mirip traktor, yang ini ngewarnainnya dibantuin aku

Lebih spesifik lagi, yang digambar adalah panah, orang perang, mobil, mobil balap, helikopter, perahu sekarang udah pengen gambar apa aja yang di liat si tapi.

Dan hasilnya tuh luar biasa banget masyaAllah. Pada awalnya memang dia banyak diajarin sama aku. Trus mulai sering corat-coret sendiri, pake cat air, pake pena, spidol, pensil, crayon apa aja deh pokonya bisa buat gambar. Seneng banget kalo dibolehin pake spidol whiteboard, karena bakal seru bangete ngegambar sambil diwarnai hitam-hitam. Yang ada 2 hari langsung habis. Karena sudah berkali-kali, sekarang bolehnya spidol biasa aja.

Sekarang dia makin lihai banget masyaAllah, semua hal pengen dia gambar, dan crek crek crek…cepet banget. Dari gambar mobil yg bletot-bletot…sekarang gambar mobil balap. Kalau lagi gambar niat dan telaten banget. Ngegambar orang banyak lagi perang (seperti biasa…Thoriq bin Ziyad’s effect) itu SERING banget, padahal kan susah dan lama. Bisa dibilang, kami udah mau abis 4 rim kertas masyaAllah. Ada yang udah aku simpan, makin ke sini kok makin bagus2 tapi makin gak kesimpen saking banyaknya.

Terakhir tadi siang, ada tetangga – pak Joko namanya -, lagi mau benerin tiang speedy. Trus ngangkat tangga, sepertinya Ziyad bantuin. Abis itu dia langsung masuk rumah, “Mi mi…minta kertas.” Hasilnnya ini.

Gambar Ziyad
Ziyad lagi bantuin Pak Joko ngangkat tangga

Abis itu hari ini dia lagi diajarin naik sepeda roda 2 sama abinya. Yang ada baru sebentar diajarin, dia pas masuk langsung minta kertas, mo digambar itu dia latihan sepeda.-______________-

Ini hasil gambar dia yang lainnya yang aku sempet foto dan upload di flickr
Gambar ziyad

Itu gambar rumah kami, di depannya pohon rambutan. Yang di tengah itu aku, dia kalo gambar aku pake jilbab kaya gitu modelnya, segitiga hehe…Di kiri kanan itu abi dan ziyad. Kalo yang ini dia sebelumnya minta aku gambarin rumah kami…terus abis itu langsung dia tiru.

Ziyad gambar di whiteboard
Dibeliin whiteboard, karena temboknya baru dicat...Sekarang tapi udah teronggok tergantikan dengan kertas berlembar-lembar tiap harinya, temboknya tetep aja dicoret :D

Hikmahnya:

Kalo aku pikir-pikir…alhamdulillah Ziyad tanpa sadar sudah mempersiapkan diri untuk siap belajar tulis menulis. Padahal orang-orang susah payah bikin buku yang menarik biar anak bisa belajar lengkung, garis miring, tegak dan sebagainya sebagai pendukung anak agar siap menulis…Ziyad sudah melakukannya beratus-ratus kali – atau bahkan ribuan- dengan gambar-gambarnya yang tanpa henti itu. Dan memang keliatan hasilnya…pas tahun 2010 aku kasih dia buku tulis hijaiyah itu masih lemah banget garisnya…cenderung ngambang, kalo sekarang dia cepet dan tegas kalau disuruh mengikuti garis putus-putus untuk latihan menulis. Malah dia udah lancar banget nulia A, Z, O, G, ا ب ت ث dan lain-lain…angka juga 3, 5. Susah deh diceritain proses belajarnya dia…ada yang dari lihat film trus langsung dia gambar, ada yang niru aku ajarin. Kalau huruf A, dari Juni 2010 dia bisa – tanpa aku ajarin, cuma ngeliat aku sering nulisin itu -.

tulisan ziyad

Fakta Lain

Dibalik maniaknya Ziyad dengan kegiatan gambar menggambar, dia gak terlalu suka mewarnai. Hehe…agak aneh ya. Tapi begitulah adanya. Aku pancing aku temenin dia mewarnai buku gambar pesawat. Yang ada setelah beberapa saat, dia ngelengkapin buku gambarnya dengan gambar-gambar dia sendiri. Dikasih awan dll.

gambar balap mobil
gambar balap mobil, yang gambar perang mana yah...kok gak ada yg kefoto

Catatan Lain:

Alhamdulillah tapi Ziyad sudah tahu kalau gak boleh gambar makhluk, jadi dia gambar selalu gak pake mata. Kalau ke orang-orang juga gitu. Kaya pas ada om Jepi-nya datang terus ngeggambarin robot ada matanya, terus Ziyad bilang, “Gak usah di kasih mata.” Pas dia gambar di depan neneknya juga bilang, “Kata Ummi gak boleh dikasih mata.” Neneknya ngadu ke aku hehe…Alhamdulillah emang udah dikasih tau, nanti ditanya diakhirat padahal kita kan gak bakal bisa ngidupin yang kita gambar.

Leave a Reply