Hafalan Surat Al-Lail dan Asy-Syams

helikopter toys
Hadiah menghafal surat Asy-Syams. Harga cuma Rp 6.500.

Alhamdulillah pas menghafal surat As-Syams, Ziyad gak terlalu mengalami kesulitan. Padahal kalau dirunut-runut ada beberapa juga yang mirip kayanya. Pokoknya tahu-tahu udah beliin dia mainan ini.

Ceritanya mraktekin tips dari mba Desti di Riyadh. Anak beliau saat ini sudah hafal 16 juz di usia 9 tahun.

Salah satu tips dari beliau adalah membolehkan mereka makan cemilan semacam Cheetoz dsb (karena beliau memang jarang membelikan makanan seperti itu, jadi berharga banget buat mereka).

Nah…untuk Ziyad, biasanya aku janji ngasih  hadiah kalo menyelesaikan satu Iqro. Kalo hafalan belum ada reward yang jelas. Akhirnya kemarin bikin perjanjian. (Wah belum difoto nih tulisan perjanjiannya). Perjanjiannya kami tetapkan bersama dan ditulis di kertas. Terus Ziyad nulis, “Ziyad setuju in sya Allah” :D.

  1. Perjanjiannya kalo hafal satu surat, boleh beli mainan, es krim etc  yang harganya gak lebih dari Rp 15.000 :D
  2. Setiap melakukan kebaikan/bantu ummi, dll dll dapet poin. Kalau sudah 10 poin boleh beli taro atau permen  atau yang semacam itu yang ringan-ringan pokonya :D.
mufrodat-hafal quran
Ceritanya pingin punya papan tulis hitam, tapi sampai hari ini gak kesampaian. Hehe..

Permen adalah barang langka dan jarang di rumah. Kalaupun ada, cuma aku bolehin  sehari makan 1 buah. Udah gitu kalau lagi makan selalu diwanti-wanti, “Nanti gosok gigi yaa…in sya Allah” :D. Sampai-sampai kalau Thoriq gosok gigi, nanti dia ngomong, “Emen…emen..” Dengan nadanya yang khas kaya orang gimana ya hihi…susah jelasinnya. Padahal belum tentu dia gosok gigi karena makan permen. Kalau pas dibolehin belli Chupa Chups yang biasanya kita belinya malam-malam karena belanja ke swalayannya bisanya malam, biasanya Thoriq juga gak boleh sampai habis. Setengah aja :D.

Balik lagi ke masalah hafalan.

Setelah Asy-Syams, terus ke Al-Lail. Alhamdulillah juga gak terlalu lama dan berat loh. Sempat agak bingung mungkin di awal. Aku cuma ingetin, kalau Asy-Syams, belakangnya “Ha” semua. Kan ada bagian yang mirip ya, ayat “Wallaili idzaa yaghsyaa…”

Terus pas udah selesai Al-Lail, sempat agak-agak lupa gitu ternyata urutan sumpah yang disebut dalam surat Asy-Syams. Terus akhirnya kepikiran make kertas Samson yang biasa buat bungkus-bungkus barang dagangan. Harganya Rp 800. Murah ya. Lebaaar. Itu yang di foto setelah dilipat loh. Jadi di baliknya ada tulisan lagi. Puas-puasin deh nulis gede-gede dan corat-coret :D. Itu gambar bulannya Ziyad yang bikin. Alhamdulillah in sya Allah membantu dia untuk lebih mengingat urutan objek yang disebut di surat Asy-Syams. Pas lagi awal-awal menghafal sempat aku gambarin juga kaya gini, tapi cuma kertas panjang, trus udah entah kemana sekarang.

Itu juga ada bagan keturunan keluarga Imron. Terus sempat nerangin tentang dhommir pas lagi bagian ayat apaa gitu, dia nyebutnya lain.

Sekarang Ziyad lagi menghafal surat Al-Balad. In sya Allah kalo udah selesai in sya Allah Ziyad sudah hafal dari Al-Insyiqoq sampai An-Naas. Semoga istiqomah terus dan dihilangkan rasa berat dan malas dari hatinya.

bumblebee robot
Hadiah menghafal surat Al-Lail dan lulus Iqro 5 alhamdulillah. Harganya Rp 28.000 :D.
Pas jadi robot, bagian badan dan lututnya gak mantep, jadi gak bisa dibikin berdiri. Anehnya, tu anak-anak sukanya kalo dijadiin mobil-mobilan. “Beli mobil-mobilan aja mah kalo gitu” kataku :D

Oh ya..usia Ziyad saat ini 5 tahun 9 bulan. Alhamdulillah.

 

 

 

3 Comment

  1. iin says:

    maa syaa’ Allah wa barakallahufiikum. Aaamiin, smoga selalu semangat ya putra2nya mba Cizkah.

    Salman masih tak ajarin bilang bismillah, alhamdulillah dah bisa, tapi inget ga kapan Ziyad mulai setor2an hafalan? ana sendiri masih berjibaku wilayah juz amma dan ini msh blm semua =/ *melipir*

  2. maa syaa Allah.. alhamdulillah.. senang sekali mendengar perkembangan ziyad.. semoga dimudahkan hapal Al Qur’annya yah.. teruskan postingnya umm, insya Allah jadi semangat kalau udah nikah dan punya anak ingin mengarahkan anak menghapal Al Qur’an juga ^^ Senang sekali blog ummu ziyad sudah kembali..

  3. […] Hafalan Surat Al-Lail dan Asy-Syams – 16,190 views […]

Leave a Reply