Jamilurrahman

Siang sampai sore tadi, kami berada di Bantul. Ke tempat Uus. Sahabat kami tercinta baru saja kehilangan buah hatinya yang berusia 5 bulan dalam kandungan. Kami tidak lama di sana. Banyak tamu lain berdatangan tepat ketika kami pamit pulang. Bukan pulang dalam arti sebenarnya. Aku ingin main ke tempat saudariku yang lain, Anik. Sama-sama di Jogja, tapi hampir 2 tahun tak bertemu. Ia tinggal tidak jauh dari rumah Uus. Tepatnya di kawasan pesantren Jamilurrahman.

Dan hatiku pun berdesir…

Jamilurrahman. Sebuah pesantren. Tidak. Dia bukan sekedar pesantren. Dia membentuk populasi. Populasi pemukiman penduduk para penggenggam bara. Ahlussunnah wal jama’ah. Memasuki wilayah ini, maka pemandangan anak-anak berseliweran dengan pakaian syar’i. Tanpa isbal ataupun berjilbab. Salam yang diberi dan diterima sepanjang jalan. Kami pernah tinggal di daerah ini sekitar satu tahun. Indah…

 

 

3 Comment

  1. Ummu Tsabit says:

    gak ketemu aq ya mba siska.. aq telat kerumahx mba uus… jenazahx pas sdh selesai dimakamkan…
    btw kapan-kapan mampir dung kerumahku… kan deket tuh.. hehe.. ya mba.. indah ya di jamil.. alhamdulillah, sekarang tiap hari aq bolak-balik ke playgroup anter tsabit sekolah… kan satu sekolah sama mas auf…
    populasi yg nyunnah bangets^^

    Saking betahnya, aq jadi betah ikutan tsabit sekolah dari awal sampe akhir.. hehehe.. seneng lihat cara ustadzahx ngajar tanpa menyelisihi sunnah..
    seneng lihat anak-anak yg lucu2.. seneeeeeng banget lihat perkembangan anak2 para ummahat yg masyaAlloh deh mba.. klo disekolah itu kerjaanx main, nangis.. eeeh pas disuruh maju muroja’ah taux dah hafal ajaaaa…. waaaah jd tambah penasaran.. gimana ortux ngajarin itu anak ya??? ternyata ortux hafizhoh… masyaAlloh…

    saking senengx gak berasa ternyata tinggal tsabit aja ma mas auf yg ditungguin ummy-x sekolah.. hehehe…

    afwan ya mba.. jadi curcol niy kita^^

  2. cizkah says:

    iya…banyak gak ketemu…kirain bakal ketemu orang2…pas nyampe rumah uus pas lagi sepi bgt malahan. Gpp jadi ada waktu spesial antara kami berdua *halah*.
    emang bingung kalo pas ke bantul, serasa banyak saudara di situ, tapi waktunya terbatas…kecuali janjian di satu tempat ngumpul semua gitu enak kayanya. *siapa sayaaa* :D

  3. Fitri says:

    Kebetulan nemu tulisan ini,sy nyari tk jamilurrohman itu lokasinya dmana ya mb.anak sy yg ketiga tahun ini mau masuk tk..apa sy bisa dibantu dkasih no.kontak tk nya.tks

Leave a Reply