Juz 30 (Ziyad 6 tahun)

Juz 30

Alhamdulillah Ziyad sudah menyelesaikan hafalan juz 30-nya awal Agustus kemarin. Tepatnya tanggal 5 Agustus (lihat catetan :D).

Alhamdulillah pas lagi masa-masa berat kehamilan trimester pertama, tetap bisa jalan proses hafalan Ziyad. Walaupun hampir selalu dengan mata sepet, badan berat, kepala pusing. Selesai nemenin Ziyad hafalan, biasanya aku langsung ke tempat tidur hehe. Ngantuuuk banget sama pusing. Jadi selama 2 bulan (sekarang pelan-pelan mulai lagi belajar yang selain hafalannya). Yang biasanya muroja’ah bisa sampai 1/4 juz plus hafalan baru, kemarin-kemarin ya cuma nambah hafalan sama muroja’ah satu dua surat. Pinginnya sebenarnya libur aja deh huhu..tapi bisa “bahaya” nih kalo gak dimuroja’ah.

Alhamdulillahnya lagi…pas lagi masa-masa berat gitu, Ziyad pas lagi mudaaah banget nambah hafalan barunya. Ini kerasa banget efek mendengarkan murottal sebelum tidur. Favoritnya Ziyad adalah Abu Usamah yang dari radio Rodja hehe. Udah coba diperdengarnya syaikh-syaikh lainnya, teteep aja nanti ujung-ujungnya dia mintanya “Abu Usamah Mi.”

Padahal surat-surat yang terakhir di hafal itu yang panjang-panjang. Mulai dari At-Takwir, Abasa, An-Nazi’at, An-Naba. Hafalnya rata-rata seminggu. Terus pengulangan beberapa hari. Malah pas surat An-Naba rekor. Tiga hari…waa..senanngya. Soalnya kan kalo pas dengerin Abu Usamah, surat yang paling awal di dengar ya surat Al-Fatihan sama An-Naba itu (satu file soalnya).

Pas proses hafalan itu surat-surat itu targetnya 3 baris sehari, tapi karena udah hafal duluan, bisa sampe setengah halaman. Wah..semoga nanti lama-lama bisa satu halaman sehari. Pelan-pelan. Hehee…Nah..pas udah terakhir-terakhir ngafal surat di juz 30, baru sadar efek dengerin murotal itu, aku baru download yang juz 29-nya Abu Usamah. Jadi dia baru dengerin sebentar itu surat-surat yang ada di juz 29. Masuk surat Al-Mursalat…antara emang suratnya yang lumayan berat karena susunannya yang mungkin masih membingungkan bagi Ziyad..plus dia belum biasa dengar, jadinya prosesnya panjang lagi :D. Sekitar 25 hari itupun belum kuat hafalannya.

Pas proses pengulangan juz 30, Ziyad justru mulai sering ketuker-tuker antara ayat di surat yang satu sama ayat di surat lainnya yang mirip-mirip. Misal ayat “innal abroo ro lafii na’iim…”, nah ada di surat Al-Muthoffifin sama Al-Infithor. Seringnya pas lagi baca ayat itu di surat Al-Muthoffififin, nyambungnya mesti ke wa “innal fujjari lafi jahiim”. Atau antara ayat “wa idzal bihaaru fujjirot” (surat al-infithor) sama ayat “wa idzal bihaaru sujjirot” (surat at-takwir), nah…mulai deh ketuker. Pas awal-awal baru hafal dan proses muroja’ah dia lancar jaya gak ketuker-tuker tuh hehe. Kayanya mulai bingungnya pas keforsir di surat Al-Mursalat.  Lagian emang butuh konsentrasi juga. Aku aja kalo pas baca itu mesti konsentrasi. Nah…keseringannya Ziyad bacanya tetap sambil santai-santai seakan-akan kaya baca surat Al-Fatihah :D (seakan-akan udah di luar kepala gitu hafalannya).

Sekarang aku putusin untuk mengulang-ngulang dulu aja juz 30 dan mo nulis pake tangan in sya Allah pemilihan bahasan yang disela-selain sama “wailuyyaumaidzillilmukadzdzibiin” di surat Al-Mursalat.  Kemarin-kemarin cuma dari lisan aja, “sekarang tentang orang kafir yang dibinasain”, “sekarang tentang penciptaan manusia, diletakkan di rahim”, “sekarang tentang bumi”. Tapi tetap masih bingung kayanya. Kalo ayatnya in sya Allah dia udah hafal semua. Kalo udah diingetin awalan ayatnya, dia bisa lanjut sendiri.  Mirip-mirip nih kayanya kaya kejadian surat Al-Falaq. Semoga Allah memudahkan.

 

Oh ya..ini pola yang biasa aku jalankan ke Ziyad untuk muroja’ah.

Hari senin: gak nambah hafalan baru. Muroja’ah surat An-naba, An-Nazi’at, ‘Abasa, At-Takwir. Kenapa gak nambah hafalan baru? Soalnya sabtu ahad biasanya libur hehe. Kalo “cuma” muroja’ah, biasanya kerasa lebih ringan proses hafalannya.

Hari selasa: nambah hafalan baru (2-3 baris), ngulang surat selanjutnya

Hari rabu:  nambah hafalan baru, ngulang surat selanjutnya..

Dan seterusnya…cuma hari senin aja yang agak beda. Kalo lagi moodnya kurang bagus, aku muroja’ahnya dari surat An-Nas ke depan. Jadi kerasanya ringan di Ziyad, ringan di aku hehe. Soalnya suratnya pendek-pendek..udah sering dimuroja’ah.

 

 

 

5 Comment

  1. Aufanuri says:

    maasyaa Allah, hebatnya bang Ziyad.. Baarakallahu fiik, semoga dimudahkan untuk menjadi penghafal Al-qur’an..

  2. Mamak Yazid says:

    Bang Ziyad udah sembuh apa belum tangannya? Nanti Bang Ziyad muraja’ah juga sama De Yazid -in syaa Allaah- ya kalau De Yazid udah mulai menghafal Al-Qur’an yha…

    Mba, lagi hamil yang ketiga po? Baarakallaahu fiikum…

  3. ummu ahmad says:

    alhamdulillah… barakallahu fik. jempol deh buat ziyad
    ahmad juga ngulang lg juz 30 sambil nambah juz 29. udah gitu lemoot pisan. banyak kelibet2…

    ga gampang ternyata.. apalagi banyak godaannya… hehe

  4. cizkah says:

    udah alhamdulillah…seminggu langsung pada kering dan ngelupas hhehe..3 hari pertama pake obat dari dokter..tapi mual nyium baunya..trus pake minyak habbatussauda aja.

  5. iin um salman says:

    Barakallahufiik Ziyad, ibnun shaalihun. Maa syaa Allaah..

Leave a Reply