Kabar BLW (Baby Led Weaning) Thoriq

Seorang teman memintaku mereview hasil BLW Thoriq kemarin. Apakah berhasil? Apakah Thoriq beneran gak jadi seorang picky eater. Apakah ini dan itu. Sebenarnya memang sudah niat mo menceritakan perkembangannya…makanya ada beberapa video dan gambar hasil dokumentasi.

Picky Eater

Hmm…kalo yang ini aku gak tau deh. Soalnya Ziyad bukan seorang picky eater (gak nerapin BLW ke Ziyad). Alhamdulillah mau-mau aja semua makanan. Makanya pernah ada yang nanya, “Maunya sayur apa?” Aku jawabnya pake mikir…Mmm…maksudnya soalnya alhamdulillah hampir gak ada masalah. Apalagi kalo disuapin. Kalo pas disuruh makan sendiri aja dia suka sok, “Gak mau pake ini…sambil nunjuk kacang panjang.” :D Terus aku bilang, biasanya Ziyad mau, ya abis juga.

Kalo Thoriq…ya..sama aja juga. Kalo masalah suka gak suka makanan ya tetap ada.

baby led weaning thoriq

Kemandirin/Kemampuan Teknis Makan

Kalo ini aku akuin kelihatan banget bedanya. Thoriq udah bisa minum sendiri pake gelas pas udah mau umur 1 tahun. Waktu itu aku masih takut-takut…khawatir keblanjuran airnya masuk hidung. Jadinya masih berjaga-jaga aja tanganku dekat gelas. Alhamdulillah bisa-bisa aja. Ya awal-awal 1-2 kali pernah keterusan tapi insyaAllah dia gak apa-apa.

Gak lama setelah itu Thoriq juga mulai bisa minum pake sedotan.

Makan juga masih sering sendiri, megang makanan sendiri. Tapi karena mungkin akunya emang setengah-setengah dari awal…(masih mikir ada gitu yang full ngebiarin anaknya makan sendiri dengan metode BLW hehe…), jadinya ya tetap disuapin sih. Pertimbangan besar lainnya adalah….BERANTAKANnya itu LhoOOO…..DUh stress mah. Tapi makin ke sini makin terbiasa (ya dibiasa-biasain sih hehe). Yang jelas rumah hampir selalu lengket…harus rajin ngepel…:D

Lihat sendiri aksinya di sini… Ini pas masih 1 tahun…Masih suka banget makannya di tumpahin dari piringnya. Oya…sepengamatan aku…dia maunya piringnya sama. Misalnya aku ambilin dia di piring kecil, Ziyad di piring standar…langsung pengen makan dari piring Ziyad. Akhirnya aku samain semuanya, walaupun isi piringnya dia lebih sedikit hehe.

Untuk makanan-makanan tertentu aku ngebiarin dia makan sendiri. Satu diantaranya adalah mi…dan lihatlah kelihaiannya makan pake sendok!

Oh…abaikan kalo Thoriq itu makan di kasur…terus kasurnya juga belum di sprei-in :D. Alasannya…susah jelasinnya..:D

blw-spaghetty

 

baby led weaning

Catatan untuk para orangtua. Baby led weaning sampai saat ini tetap dalam pengawasan. Thoriq masih suka kelolotan. Makanya kalau makan mie atau makanan-makanan lain yang bentuknya panjang-panjang aku kecil-kecilin dulu. Untuk buah-buahan juga gak selalu dikasih pegang sendiri. Takut tersedak (bahaya banget kan wal ‘iyyadzubillah). Pernah pas lagi makan anggur (belinya pas ada promo huhuh…alhamdulillah bisa beli walaupun nunggu kalo ada promo), sempat kelupaan. Alhamdulillah bisa keluar. Itu juga udah aku kecil-kecilin sebenarnya…cuma dia juga megang sendiri.

Yang ini pas lagi makan jus pepaya campur apel campur wortel. Makin lihai dia.

Apalagi ya yang mo diketahui dari perkembangan BLW ini? Soalnya kebanyakan tulisan tentang BLW cuma di awal2 orang tua nerapin ke anaknya. Kalo ada lagi yang mau ditanyakan hasil dari BLW ini monggi di kolom komentar.

 

2 Comment

  1. um harits says:

    masyaallah.lucu… Aq gak jadi blw sis. Bln kmrn hafshoh sakit 1 bln an. Abses sembuh,gantian kena bronkhitis.jdnya pake pure dulu.ngejar asupan gizinya.BB nya turun hampir 1 kg.mgk ntar kalo dah sehat en berat badan normal,br cb blw.

  2. cizkah says:

    di sambi2 aja wid…kan aku dah bilang juga di postingan pas cerita awal proses BLW Thoriq hehe. Kayanya makannya buat pegangan sama diacak-acak aja. Kalo yang banyak masuk sih yang aku suapin dan diblender :D.
    Syafahallah….

Leave a Reply