Kalo Ziyad Sudah Punya Jenggot…

Salah satu didikan suami ke Ziyad adalah menggambarkan bahwa sosok berjenggot itu gagah, keren lah pokoknya. Kalo laki-laki itu ya punya jenggot. Nanti insyaAllah Ziyad juga punya jenggot.

“Mau gak punya jenggot?” kata abang. “Mau”, jawab Ziyad.

Pernah juga dia nanya temen bang Hen yang gak ada (atau mungkin sedikit) jenggotnya. Ya dikasih pengertian orang beda-beda. Ada yang banyak ada yang sedikit.

Karena dia juga menghubungkan antara jenggot dengan prajurit perang, dia pernah mengomentari salah satu teman suami yang lainnya, “Mi…am Fulan gagah nanti ikut latihan jadi prajurit perang. ”
“Hoo iya toh?”
“Iya…itu…jenggotnya panjang…”

(aw kamaa qool)

Entah kenapa dan sejak kapan, pokoknya jadi apa-apa ngomongnya, “Kalo Ziyad udah punya jenggot, Ziyad begini begini begini…” Jadi ukuran dia, udah punya jenggot itu berarti udah gede dan mestinya udah bisa apa-apa insyaAllah.

Sering juga hal-hal yang gak ada hubungannya sama jenggot ya dia ngomongnya gitu, misalnya: “Kalo Ziyad udah punya jenggot Ziyad bisa cuci piring.”

Yang jelas jadi sering ngingetin dia, “Gak mesti nunggu punya jenggot. Kalo Ziyad belajar insyaAllah bisa.” Hihi..anak kecil anak kecil…Eh…anak udah gede ya :D. Dia biasanya gak mau kalo dibilang anak kecil. “Ziyad udah gedee…”

Catatan buat aku: InsyaAllah kalo punya anak perempuan perlu juga dididik menggambarkan keindahan menutup aurat dengan jilbab. Pokoknya sekeren orang punya jenggot.

Eh…tapi Ziyad juga aku ajarin sih. Misalnya ada gambar yang gak pake jilbab, “Iya itu harusnya pake jilbab ya..Gak nutup aurat bla bla bla..”

 

Update:

Tambahan, bahwa kita juga perlu menjelaskan bahwa memiliki jenggot itu mesti imtitsalan (diniatkan ibadah untuk mengikuti sunnah nabi). Karena banyak juga orang yang berjenggot tapi non-muslim atau muslim tapi niatnya mah gaya aja. Barusan juga ngejelasin hal yang sama ke Ziyad, soalnya dia ngelihat video di Youtube, terus komentarin orang yang gak jenggotan dibilang kafir. Aku bilang itu Islam, tapi mungkin belum ngerti kalo memelihara (gak motong jenggot) itu wajib. Karena orang Yahudi itu juga manjangin jenggot, tapi juga manjangin kumis bla bla bla….*ngasih ceramah*.

1 Comment

  1. Nunung says:

    “Kalo Ziyad udah punya jenggot Ziyad bisa cuci piring.”
    Hihi, lucu sekali Ziyad ini…

Leave a Reply