Masya Allah Lucunyaa…

Sebenarnya dari kemarin banyak hal yang ingin ditulis. Cuma… karena untuk menyelesaikan tugas-tugas lainnya aja dah kepayahan ples koneksi lagi jelek bangettt (gak tau telkom flashnya kok jadi gini ya sejak menerima pendaftaran baru) terus kayanya sejak (alhamdulillah) beli PC supaya aku lebih leluasa ndesain dan abang lebih leluasa mengerjakan pekerjaannya, aku jadi lebih jarang nyentuh internet (padahal sebelumnya juga udah jarang ya?). Bener-bener bekerja di belakang layar internet :P

Lagi pingin cerita tentang Ziyad aja ah, yang gak terlalu perlu mikir dan gak mesti buka-buka buku. Kemarin banyak yang ketinggalan soalnya catatan perkembangannya bujang satu ini.

Baca doa

Kalau dulu (sampai sekarang juga masih ding), baca doa lafalnya, “Ja ba ja ba'”, sekarang udah bisa nyebut satu kata lho…”Ahyaa…” Tapi dengan cara lafal anak kecil (kebayang gak..^_^). Ceritanya, waktu mau tidur, aku minta Ziyad untuk baca doa tidur. Ternyata dia merhatiin banget gerakan mulutku waktu itu.

“Bismikallaaahummma…amuutu wa ahyaaa..”

Eh…terus dia ikutin deh, “Ajyaa…ahjyaa..” Hihi…senang deh. Sekarang masih suka kelibet-libet sih ngomong ahyanya, tapi kadang bisa sempurna pelafalan “Ahyaaa…”.

Karena doa bangun tidur juga ada kata “ahya”,

“Alhamdulillahiladzi ahyana…ba’da maa amaa tana wa ilaihinnusyuurr”, jadi dia kalau disuruh baca doa (walaupun pake baju) suka bilang “Ahjyaa…ahjyaa…”

Senangnya lagi, walaupun cuma sekali aku pernah kasih tau, misalnya waktu ada angin kencang berhembus waktu jemur pakaian, aku baca doa dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam kan…ternyata kalau ada angin lagi dia langung “Ja ba ja ba” (maksudnya berdoa). Terus…waktu bunyi petir juga gitu, padahal suara petirnya kedengaran begitu jauh, dia tetap baca doa “Ja ba ja ba”. Pernah juga aku heran, kok kalau buka buku bahasa Arab-English-Indonesia yang terbitan Erlangga, kan ada bagian gambar bunga-bunga dan pohonnya. Kok dia baca doa ya kalau nemuin halaman itu. Terus aku baru ingat, pernah ngajarin kalau ngeliat putik buah tuh baca doa…Wuaahh…senang deh…

Jealousy…

Wah…yang ini benar-benar deh. Memang untuk perkembangan anak, egosentrismenya mulai berkurang ketika tahap pra kanak-kanak yaitu ditunjukkan dengan inginnya ia mendapat pengakuan, maunya ditemani dan tidak ingin ditinggalkan. Nahh…ternyata Ziyad tuh suka jealous sama Abahnya sendiri. Maksudnya tingkat keposesifan dia kepada si Um kok ternyata besar ya. Padahal Umnya sering marahin. :P Maunya kalau Um sama Ab lagi bercanda atau menunjukkan kedekatan, dia maunya dilibatkan dan terlebih lagi gak mau kalau terkesan sang Um meninggalkan dia.

Misalnya, si Abi asyik ngobrol berdua aja sama si Um atau bercanda berdua, nanti Ziyad protes. Protesnya itu…mukul-mukul kepalaa…Waduhh…Kemarin sempet aku belajar naik motor. Terus bang Hen sengaja godain Ziyad yang lagi asyik main-main daun. Bang Hen duduk di belakang aku terus kelihatan kaya meluk karena megang setang juga. Manggil-manggil Ziyad, “Syaikhan…syaikhan…” (Ini panggilan Ziyad di rumah). Ziyad tadinya diam melihat lama, terus tau-tau ngelepas daun yang ada di tangannya, langsung deh ‘puk puk puk…mukul kepalanya sendiri. Kita langsung ketawa…terus ngelarang dia.

Susahnya, bang Hen tuh orangnya suka ngerjain. Anak sendiri dikerjain nih. Jadi kadang-kadang sengaja Ziyad digodain. Tapi aku bilang jangan sih. Soalnya kan kita gak boleh sengaja menumbuhkan dan meningkatkan kecemburuan yang ada pada orang lain kan, hatta anak sendiri.

Kalau Malu…

Sama kaya kalau lagi cemburu, kalau lagi malu, dia suka mukul kepalanya sendiri pakai kedua tangannya. Terus hidungnya kembang kempis sambil mulutnya nutup nahan senyum. Hihihi…lucu deh. Biasanya kalau dipuji atau dia berhasil ngelakuin sesuatu terus ternyata malu, dia gitu deh.

Naik Sepeda Roda Empat

Kalau kemarin masih didorong-dorong keliling rumah (di dalam rumah aja deh, capek kalau keluar, berat banget sepedanya). Sekarang dia mulai bisa genjot sendiri walaupun sekayuh-sekayuh. (Bukan mengayuh secara kontinyu kaya orang naik sepeda). Jadi, tetap maju terus cuma …ya gitu deeehh. Hehehe…Tadi malam ada kemajuan besar. Dia udah bisa mbelokin sepedanya sendiri. Cie cie…subhanallah…anak Um bisa belokin sepeda. Wihihi…Ziyad langsung sumringah hidungnya kembang kempis deehh…

Hiburannya…

Alhamdulillah tiga bulan lalu kita dapet kopian film kartun Rodli dari adiknya teman bang Hen yang kuliah di Al-Irsyad. Pakai bahasa Arab. Dan Ziyad suka banget. Tokohnya beruang, teman-temannya ular, kucing, itik, ayam sama burung hantu. Dan selama hampir dua bulan itu, Ziyad nonton ituuuuuuuu terus gak bosan-bosan. Jadinya kita sampe inget percakapan di dalamnya (alhamdulillah sambil nambah kosa kata buat muhadatsah). Tapi ya itu, lama-lama illfeel deh si Um. Memang di rumah sengaja gak ada TV. Padahal waktu baru nikah, mertua udah nyuruh bawa TV yang ada di adek ipar. Tapi gak mau. Efeknya banyak negatifnya, baik buat anak maupun Um dan Ab-nya. Sempat Ziyad nonton tayangan di TV yang ada adegan orang mukul temannya (film komedi gitu), ternyata dia langsung niru. Aduh…bener-bener deh. Jadi kita mesti pinter-pinter nyari hiburan buat buah hati satu ini.

Bang Hen udah downloadin sih kartun dari Fajr TV Arab, isinya adab-adab Islam. Cuma Ziyad sukanya tokoh-tokoh binatang yang menonjol. Pernah tanya ust Aris tentang kartun ini, syaikh Utsaimin katanya membolehkan. Pernah tanya ust Abu Sa’ad juga tentang ini waktu masih hamil Ziyad, karena ustadz juga mengumpulkan video-video yang ‘ahsan’ buat anak-anaknya.

Semoga Allah memudahkan aku sama abang mendidik dan memenuhi kebutuhan bermain sesuai perkembangannya.

8 Comment

  1. coba deh donlod banin wa banat di http://kids.islamweb.net/
    siapa tau ziyad suka. ahmad suka banget….

  2. cizkah says:

    iya mba udah pernah lihat juga, tapi blum download2 hehehehe

  3. cizkah says:

    eh ternyata blum liat mba, kayanya kmrn yg islam apa for kidz juga…wah…bagus masya Allah. Jazakillahu khoiro

  4. http://www.islamicplayground.com/ , ini jg bagus…
    ziyad homskul jg?

  5. cizkah says:

    ndak : ) ahmad homskul?

  6. insyaAllah begitu. smg lancar

  7. bunda RR says:

    Nahh…ternyata Ziyad tuh suka jealous sama Abahnya sendiri. Maksudnya tingkat keposesifan dia kepada si Um kok ternyata besar ya. Padahal Umnya sering marahin. :P Maunya kalau Um sama Ab lagi bercanda atau menunjukkan kedekatan, dia maunya dilibatkan dan terlebih lagi gak mau kalau terkesan sang Um meninggalkan dia.

    hihihi….swama bwanget mbak…;p

  8. cizkah says:

    Hehehe…lagi masa-masanya kali yaa…:D

Leave a Reply