My Kid’s Name

Gak tau emang nama anak-anakku yang sulit secara pelafalan atau emang gimana. Atau karena mengandung huruf-huruf “berat” seperti Z dan Q? Apalagi untuk daerah Jawa, penggunaan kata Z seringkali diucapkan dengan “Y”. Jadinya, orang-orang suka salah menyebut nama Ziyad & Thoriq.

Ziyad:

Bisa berubah jadi Zihaad, Yihad, Jihad, atau ketuker jadi Zahid. Yang lebih “parah” lagi panggilan dari mbah tetangga kami di Bantul, “Ijat“. Haha…sampe ketawa ngakak-ngakak sama abang pas ngebahas ini.

Thoriq:

Gak terlalu sering sih. Tapi kemarin pas di toko Merah, mas yang jaga yang sepertinya suka anak kecil nanya gini ke abang, “Namanya Shodiq ya mas?” Haha…sampe rumah kita ngakak-ngakak lagi. Ya ampuun. Jauh banget Shodiq sama Thoriq.

Tadi juga abang baru cerita ditanya sama mba Aminah yang biasa bantu bersih halaman masjid dekat rumah. “Thohirnya lagi tidur ya mas?”

Hahahaha….

Eh ada lagi deng, nama kun yah abang. Nama bapak beliau Munzir. Dan sampai saat ini beliau ma’ruf dengan nama Ibnu Munzir. Ini juga bermasalah. Ada yang manggil mas Munir. Hihi…lumayaan…cuma ilang satu huruf. Ada juga yang tahu tapi ngelafalinnya jadi, “Mas Munyir.” Hihihi…tambah ngikik…

 

 

 

9 Comment

  1. Aufanuri says:

    hihi, jadi ikut senyum2 mbacanya.. ^^

  2. kalo ahmad paling jadi “ahmat” atau “amat” atau “amad”. lidah orang sunda….

    tapi ahmad sendiri menyebut namanya “ahmad-e” (sampe qolqolah). hahaha…

  3. hehehe..nyengir juga mbak ciz, lucu.

    Eh, g tau ya kalo ana ama suami dlu cari nama yg emang gampang pelafalannya, biar gampang keucap secara mbahnya orang jawa, ya itu suka susah kalo namanya agak sulit.
    Dulu pernah kepikir nama fairuz -tnyata anakku prempuan-, tp suami ga setuju. Katanya, “entar dipanggil irus, dek..”
    -irus dlm bhs jawa berarti sodet utk goreng2 ya- ^^

    Tapi masyaAllah seneng ya kalo nama anak2 kita adlh nama2 org2 yang sholih.

  4. cizkah says:

    masalahnya bukan di jawa atau engganya atau di namanya, tapi di person2nya win hehe…
    kalo di jambi, kebayang ngasih nama abdullah nanti dipanggil Bedul…

    eh nama istri kakak ana fairuz hehe…dipanggil iyus..
    jadi inget fatim anaknya yusuf…akhirnya ganti panggilan jadi harits karena pada manggil ucup :D

  5. ucup??? ^^
    oh, jadi itu to kronologisnyakok ganti dipanggil harits… ^ ^

  6. kalo ana pengen panggilan nama anak ya sesuai namanya. Dulu pas mbah kung tanya mau dikasih nama siapa, ana jawab nafisah.
    Kata beliau protes, “nanti dipanggil isah..”

    Alhamdulillah sampe sekarang panggilan nafisah ya tetep nafisah, paling dulu aja pas masih kecil blm bs ngomong bibi manggil napicaaah…
    atau kadang ada yang panggil, fisaaah..
    eh atau sepupu ana yang balita masih cadel manggilnya, ncaah…

  7. masyaallah, lucu mba… Ashima juga kalo manggil dirinya sendiri Mima.

  8. iin um salman says:

    Nama adiknya Salman, Naziha, jg sempet salah dilafalkan org lain tp masih forgiveable: Neza, Najiha, Ziha, Jiha, Jihan, etc. Asal jangan Zina aja. Eh mba ciz.. si upik, Lumah Lamiah dipanggilnya apa?

  9. cizkah says:

    Luma in hehe…tapi biasanya kita suka manggil dg 2 nama yang kita kasih
    ziyad kadang2 dipanggil syaikhan
    thoriq juga kadang2 dipanggil ibrohim wkkwk :D

Leave a Reply