Juz 30 (Ziyad 6 tahun)

Juz 30 Alhamdulillah Ziyad sudah menyelesaikan hafalan juz 30-nya awal Agustus kemarin. Tepatnya tanggal 5 Agustus (lihat catetan :D). Alhamdulillah pas lagi masa-masa berat kehamilan trimester pertama, tetap bisa jalan proses hafalan Ziyad. Walaupun hampir selalu dengan mata sepet, badan berat, kepala pusing. Selesai nemenin Ziyad hafalan, biasanya aku langsung ke tempat tidur hehe. Ngantuuuk […]

Galau SD

Mungkin ada beberapa yang pernah melihat aku  menulis #galauSD di beberapa tempat. Hehe…ini ceritanya berarti lanjutan cerita tentang homeschoolingnya Ziyad bagian 4 ya :D. Ziyad udah 6 tahun..udah bisa baca latin, bisa al-quran, bisa hitung-hitungan sederhana. Terus? Ko gak masuk SD aja sih? Pas banget dia bulan Juli kemarin 6 tahun. Kalo berdasar kalender hijriah […]

Produk Terbaru Cizkah: Poster Angka Arabic, Poster Warna Arabic, Tongkat Angka, Matching 2D Shape

In sya Allah untuk poster angka arabic dan poster warna arabicnya sudah jelas tanpa perlu dijelaskan hehe. Kalau yang tongkat angka sama matching 2d shape sebenarnya karena kebutuhan pribadi. Ini biasa digunakan dalam pendidikan montessori. Model kertas gini ternyata juga ada (kalo di youtube kan beneran batang kayu ya). Sourcenya dari buku Teach Me To It […]

Soundbook Hijaiyah dan Soundbook Alphabet (The Story)

Lanjutan postingan kemarin. Jadi, aku kepikiran, dari ide dasar soundbook alphabet montessori itu, kenapa gak dibikin juga versi hijaiyah. Bersemangatlah bikin. Karena mikir mesti ada sesuatu yang beda dan harusnya itu bikin produk ini bisa lebih baik dari yang ada, maka tercetuslah ide untuk menambahkan ilustrasi untuk setiap huruf.  Prosesnya cukup panjang karena mesti gambar […]

Tahukah Anda Tentang Sandpaper Letter atau Soundbook?

Yep…ini adalah salah satu metode yang digunakan dalam pendidikan Montessori untuk anak mengenal huruf. Sandpaper Letter Untuk sandpaper letter, intinya, pada bagian huruf itu dibuat dibahan kertas sandpaper (ini kurang tahu kalo di indonesia ada gak. Intinya kertasnya memiliki tekstur ya kertas amplas). Biasanya huruf-huruf yang bertekstur itu berada di tengah kotak yang kokoh. Bisa […]

Gaya Belajar Montessori

Montessori adalah salah satu tokoh pendidikan. Itu jawaban simpel buat temen-temen yang mungkin belum tahu. Waktu zaman kuliah dulu, kedapetan tugas bikin presentasi tentang beliau. Dan ketika membaca informasi yang ada, aku merasa cocok dengan cara yang digunakan. Bahkan dengan bekal pengetahuan tentang gaya pendidikan Montessori, waktu itu jadi sedikit berpengaruh pada  tulisanku tentang mendidik […]

Hello there my blog…

Hello there my blog…how are you…? Me? I’m gettin fine alhamdulillah.. Still not in the mood to do much thing I used to do. Including writing about anything that I think I should write it on you..you my blog.. And this night…I don’t know… Feelin sad…not becoz of someone…just the “little” thing..but that thing I […]

Oh Ziyad…

Ceritanya…hari ini Ziyad tersiram air panas di punggung tangan kanannya. Qodarullah wa masya a fa’al… Yang bikin aku terharu masya Allah, pas lagi nangis-nangis karena kesakitan..dia tetap sadar berdoa, “Semoga nanti sembuh Mi…hwaaa…. (sambil nangis)” Terus lagi, pas pulang dari dokter dia yang udah ketawa-tawa malah heran melihat aku murung. Sedih sih sebenarnya…karena aku yang […]

Niatnya…

Niatnya…libur lebaran ini mo posting ini dan itu. Di blog ini atau di ummiummi. Mo nyelesein beberapa proyek pribadi…mo nambah hafalan banyak-banyak :D. Qodarullah qudroh masih gak sesuai dengan irodah. Masih seperti hari-hari kemarin…sering terkapar karena pusing.  Agak kesulitan beradaptasi dengan keadaan fisik sekarang.  Ditambah lagi pas awal libur abang masih sangat disibukkan dengan kejadian […]