• Rumah Tangga-Keluarga
  • Galau SD

    Mungkin ada beberapa yang pernah melihat aku  menulis #galauSD di beberapa tempat. Hehe…ini ceritanya berarti lanjutan cerita tentang homeschoolingnya Ziyad bagian 4 ya :D. Ziyad udah 6 tahun..udah bisa baca latin, bisa al-quran, bisa hitung-hitungan sederhana. Terus? Ko gak masuk SD aja sih? Pas banget dia bulan Juli kemarin 6 tahun. Kalo berdasar kalender hijriah […]

  • Jualan
  • Produk Terbaru Cizkah: Poster Angka Arabic, Poster Warna Arabic, Tongkat Angka, Matching 2D Shape

    In sya Allah untuk poster angka arabic dan poster warna arabicnya sudah jelas tanpa perlu dijelaskan hehe. Kalau yang tongkat angka sama matching 2d shape sebenarnya karena kebutuhan pribadi. Ini biasa digunakan dalam pendidikan montessori. Model kertas gini ternyata juga ada (kalo di youtube kan beneran batang kayu ya). Sourcenya dari buku Teach Me To It […]

  • Jualan
  • Soundbook Hijaiyah dan Soundbook Alphabet (The Story)

    Lanjutan postingan kemarin. Jadi, aku kepikiran, dari ide dasar soundbook alphabet montessori itu, kenapa gak dibikin juga versi hijaiyah. Bersemangatlah bikin. Karena mikir mesti ada sesuatu yang beda dan harusnya itu bikin produk ini bisa lebih baik dari yang ada, maka tercetuslah ide untuk menambahkan ilustrasi untuk setiap huruf.  Prosesnya cukup panjang karena mesti gambar […]

  • Parenting
  • Tahukah Anda Tentang Sandpaper Letter atau Soundbook?

    Yep…ini adalah salah satu metode yang digunakan dalam pendidikan Montessori untuk anak mengenal huruf. Sandpaper Letter Untuk sandpaper letter, intinya, pada bagian huruf itu dibuat dibahan kertas sandpaper (ini kurang tahu kalo di indonesia ada gak. Intinya kertasnya memiliki tekstur ya kertas amplas). Biasanya huruf-huruf yang bertekstur itu berada di tengah kotak yang kokoh. Bisa […]

  • Parenting
  • Gaya Belajar Montessori

    Montessori adalah salah satu tokoh pendidikan. Itu jawaban simpel buat temen-temen yang mungkin belum tahu. Waktu zaman kuliah dulu, kedapetan tugas bikin presentasi tentang beliau. Dan ketika membaca informasi yang ada, aku merasa cocok dengan cara yang digunakan. Bahkan dengan bekal pengetahuan tentang gaya pendidikan Montessori, waktu itu jadi sedikit berpengaruh pada  tulisanku tentang mendidik […]

  • Cuap-Cuap
  • Hello there my blog…

    Hello there my blog…how are you…? Me? I’m gettin fine alhamdulillah.. Still not in the mood to do much thing I used to do. Including writing about anything that I think I should write it on you..you my blog.. And this night…I don’t know… Feelin sad…not becoz of someone…just the “little” thing..but that thing I […]

  • Cuap-Cuap
  • Oh Ziyad…

    Ceritanya…hari ini Ziyad tersiram air panas di punggung tangan kanannya. Qodarullah wa masya a fa’al… Yang bikin aku terharu masya Allah, pas lagi nangis-nangis karena kesakitan..dia tetap sadar berdoa, “Semoga nanti sembuh Mi…hwaaa…. (sambil nangis)” Terus lagi, pas pulang dari dokter dia yang udah ketawa-tawa malah heran melihat aku murung. Sedih sih sebenarnya…karena aku yang […]

  • Cuap-Cuap
  • Niatnya…

    Niatnya…libur lebaran ini mo posting ini dan itu. Di blog ini atau di ummiummi. Mo nyelesein beberapa proyek pribadi…mo nambah hafalan banyak-banyak :D. Qodarullah qudroh masih gak sesuai dengan irodah. Masih seperti hari-hari kemarin…sering terkapar karena pusing.  Agak kesulitan beradaptasi dengan keadaan fisik sekarang.  Ditambah lagi pas awal libur abang masih sangat disibukkan dengan kejadian […]

  • Parenting
  • Learning is a Journey

    Pertama…kalo dalam proses belajar ada yang merasa stress…kemungkinan besar ada yang perlu diperbaiki. Mungkin metodenya yang salah, prakteknya yang kurang tepat, waktunya yang belum tepat dst. Kedua…no no no..Jangan sampai kesan awal yang ditangkap anak saat menghafal Quran adalah sesuatu yang tidak menyenangkan, tidak menyenangkan dll. Ketiga bertahap. Keempat…sesuaikan dengan perkembangannya. Kelima…learning is a journeeey…it’s […]

  • Kehamilan
  • Semeriwing HCG

    Alhamdulillah, sekitar semingguan yang lalu, hasil tes menunjukkan 2 garis merah hehe. Belum telat sih. Tapi udah ada sedikit tanda-tanda, ngantuk luar biasa tak tertahankan. Kirain sebelumnya karena pilek. Pas lagi pilek gitu udah pingin makan macem-macem yang penting pedessssss banget. Kirain lagi karena mulut pahit. Tapi dipikir-pikir gak pahit juga sih. Trus siang-siang mikir, […]

  • Parenting
  • Bahagia Bisa Membaca

    Ini adalah Lanjutan postingan 2,5 Tahun ber-Homeschooling… Kemarin diskusi dengan seorang ibu. Tentang kemampuan baca, tulis, hitung seorang anak. Kebetulan si ibu ini baru mulai menerapkan homeschooling di rumahnya.  Timbul pertanyaan,  “Apakah baca tulis hitung ini menjadi tolak ukur keberhasilan belajar seorang anak? Jawabannya: enggaaaa…in sya Allah. Jangan khawatir ya ibu-ibu yang anaknya masih dalam […]

  • Al-Quran
  • 2,5 Tahun ber-Homeschooling

    Cuma ingin menuliskan yang dari kemarin berpendar-pendar di kepala. Alhamdulillah, rasanya bahagiaaaa banget bisa menjalankan homeschooling bersama anak-anak. Udah 2,5tahunan ya proses belajar ber-homeschooling ria ini (6 bulanan waktu Ziyad nyicipin sekolah proses belajar di rumah alhamdulillah tetap berjalan terus). Dua setengah tahun itu berarti emang seumuran sama Thoriq, karena mulainya justru pas Thoriq baru […]

  • Islam
  • “Abang Mau Nikah Lagi In Sya Allah”

    Siang itu, abang makan di rumah. Abang gak terlalu sering makan di rumah. Bolak-balik kantor rumah, walaupun dekat katanya tetap makan waktu. Apalagi nanti tergoda pengen bercanda sama anak-anak. Karena sekalian sholat Jumat dan makan di rumah, berarti abang agak lama di rumah. Makanya aku putusin, “Dandan ah”. And then..pulang sholat Jumat..anak-anak pas udah hampir […]

  • Parenting
  • Thoriq 2,5 Tahun + Ziyad

    Video Thoriq Baca Hijaiyah Ini agak kurang rajin kemarin-kemarin ngasih lihat flashcardnya. Alhamdulillah akhir-akhir ini bisa mulai rajin tiap hari. Kelemahannya mungkin karena lafal yang keluar belum sesuai walaupun mungkin maksudnya ya udah bener :D. Misalnya huruf Ka dia bilangnya Ca…Sya juga keluarnya Ca :D.

  • Islam
  • Adzan

    Malam ini, kami keluar makan nasi goreng dan bakmi godok di sebuah warung di jalan Kaliurang. Sebelumnya kami ke toko buku Toga Mas untuk mencari beberapa buku yang sedang ingin kubaca. Sepertinya Ziyad dan Thoriq sudah cukup kenyang. Saat di toko buku, merkea sempat makan jagung masing-masng satu gelas. Saat menunggu kami menghabiskan makanan, Thoriq […]

  • Islam
  • Mau Hidup Terus

    Ziyad masih berumur 4,5 tahun saat mulai berkenalan dengan kematian. Kematian dari sosok yang dekat dengan dirinya. Kucing betina belang tiga, Telon namanya. Kucing yang selalu kami beri makan jika kami punya sisa-sisa makanan yang bisa diberikan. Namun dengan sebab itu pula, entah kenapa secara otomatis kucing itu menjadi milik kami. Waktu itu sepertinya Telon […]

  • Islam
  • Cerita Sunat Metode Clamp Ziyad

    Alhamdulillah, Ziyad sudah disunat tanggal 11 bulan Maret 2013 kemarin. Proses menuju kesana sebenernya gak secepat pengambilan keputusan tanggal sunatnya tanggal segitu hehe. Aku lupa sejak kapan memotivasi Ziyad untuk disunat. Sunat itu ibadah. Sunat itu biar bersih. Aku juga kasih lihat ke dia foto anak-anak yang disunat pake metode clamp. “In sya Allah Ziyad […]

  • Arts
  • Latihan Photoshop

      Apa terlihat seperti apel betulan hehe? Ini hasil gambar di photoshop. Mo nyoba ngembangin skill di PS in sya Allah. Untuk yang apel ini untuk tahap awal lumayan bikin semangat in sya Allah. Yang bola masih agak kurang nih. Tapi lumayan dapat kesan mainan bola berbulunya. Agak sempat kurang langkah pas mo ke step […]

    Halaman 9 dari 22« Pertama...7891011...20...Terakhir »