Penggunaan Maksimal Wipol, Bayclin dan Porstex

Seperti biasa, kali ini tips rumah tangga adalah berdasarkan trial dan error selama menjalani sebagai ratu rumah tangga :D. Terkadang suatu produk itu, secara umum kita ketahu fungsinya ini, eh ternyata akan lebih maksimal kalau digunakan untuk yang itu. Apa sajakah itu?

wipol

 

Pel
Setelah bertahun-tahun mengepel rumah secara kontinyu (apa banget ya :D), akhirnya saya tahu bahwa cairan paling enak untuk dicampurkan air pel adalah Wipol (atau bisa juga Bayclin). Bukan menggunakan cairan pel yang super wangi atau yang semacam itu.

Hasil pel dengan menggunakan cairan ini akan terasa lebih kesat dan bersih. Sedangkan dengan pengharum pel biasanya justru menimbulkan kesan lengket dan berjejak walaupun lantai telah kering.

Kekuranganya memang pada baunya yang kurang terlalu bersahabat. Bahkan dalam benak saya, Wipol adalah pengharum untuk WC. Jika tidak suka dengan bau Wipol yang standar, mungkin bisa coba dengan yang Wipol aroma lemon.

 

bayclinWC/Kamar Mandi

Omong-omong masalah WC atau kamar mandi, dulu saya membersihkan dengan cara menyikat bak, lantai dan dinding kamar mandi. Dan ini sangat melelahkan! Apalagi menyikat dinding, karena posisi lengan yang lebih bekerja keras dibandingkan menyikat lantai. Akhirnya saya menemukan cara efektif in sya Allah.

Gunakan kain basah, kemudian beri cairan Bayclin. Kemudian lap-lah dinding bak kamar mandi atau dinding kamar mandi itu sendiri. In sya Allah bagian yang berlumut atau mulai menguning langsung bersih seketika. Tenaga yang dikeluarkan juga tidak sebesar jika menggunakan sikat. Plus juga lebih hemat waktu. Untuk bagian WC juga bisa disiram sedikit demi sedikit dengan cairan Bayclin. Biarkan beberapa saat, kemudian kita sikat perlahan.

In sya Allah rasa berat atau malas membersihkan kamar mandi akan hilang jika menggunakan cara ini karena cepat dan bersih in sya Allah.

porstexPorstex?
Nah..Porstexnya untuk apa? Padahal dibenak kita, Porstex itu ya untuk keramik ya? Saran saya, jika keramik kamar mandi Anda berwarna, jangan coba-coba menggunakan Porstex. Hasilnya keramik Anda akan belang-belang apabila tidak tepat dalam pemakaian.

Lalu efektif buat apa? Biasanya saya gunakan untuk membersihkan sisi pertemuan antara dinding dan lantai. Untuk saya yang bertempat tinggal di Indonesia, sisi ini adalah sisi kotor yang mencoreng hasil sapu/pel kita. Seakan-akan masih kotor. Kenapa? Karean biasanya banyak sisa kotoran cicak di daerah tersebut.

Tuangkan Porstex. Biarkan sesaat. Kemudian bersihkan dengan cara yang paling nyaman yang biasa Anda gunakan hehe. Terkadang saya menggunakan kain yang sudah tidak dipakai. Sekali usap, langsung buang. Atau bisa juga menggunakan kertas bekas, kemudian setelah kondisinya sudah lebih bersih bisa di pel seperti biasa in sya Allah.

Semoga yang sederhana ini bermanfaat untuk para ibu rumah tangga :).

***

Maaf kalau sebut merk. Saya tahunya merk itu dan kurang bisa menemukan nama lain yang lebih umum sebagai pengganti nama-nama produk yang saya sebutkan di atas.

***

 

Sumber gambar: carefour.co.id

Artikel ummiummi.com
Disusun oleh cizkah

3 Comment

  1. Waaah.. bermanfaat sekalii.. Jazakillahu khairan umm!

  2. Emak'e Yazid says:

    Ternyata mba sis juga merasakan hal yang sama yah kayak yang ana rasakan setelah ngepel rumah ortu ana. Sedari duluuu ibu ana biasanya lebih suka beli wipot untuk ngepel, selain juga buat kamar mandi. Nah, sewaktu ana ngepel rumah dan ana bandingkan…emang pake wipot itu lebih cling (kinclong gitu)…kalau pake yang wangi-wangi itu terkesan -ana bilangnya dulu “terkesan lembab” karena kalau ketempelan jejak kaki jadi kayak terlihat banget berembun gitu-

  3. Emak'e Yazid says:

    Salah tulis ana…wipol…bukan wipot

Leave a Reply