Perkembangan Kehamilan Si Kembar 15 Minggu 5 Hari

Biasanya di setiap kehamilan, aku memang udah kaya orang nunggu gajian deh kalo pas nungguin jadwal periksa. Tapi ini rasanya lebih lambat banget waktu berjalan. Tadinya saking pinginnya periksa, mau periksa di minggu 15 aja. Tapi masih bisa terlewati.

Kehamilan yang dulu-dulu, aku selalu nandain kalender setiap minggu biar ketahuan ini udah masuk minggu berapa. Biar gak usah ngitung-ngitung lagi dari awal setiap kali pas pingin tahu. Dan selalu suka banget baca artikel tentang perkembangan janin per minggu atau perbulan. Padahal udah hamil berapa kali ya :D. Aku pikir, di kehamilan yang ini…mungkin aku bisa gak kaya gitu. Soalnya kadang bikin jadi serba salah sendiri heheh. Susah jelasinnya.

Jadwal kali ini masih harus dengan dokter feto maternal. Dokter yang kami tuju adalah dokter Diah Rumekti di RS Adinda Godean. Pemeriksaan feto maternal ini jadwalnya gak kaya periksa kehamilan biasa yang selalu ada tiap hari. Dokter Diah cuma ada Rabu malam dan Sabtu pagi. Tadinya…kita mau ambil yang Sabtu pagi. Alhamdulillah bertepatan lagi ada mertua, adik mertua dan sepupu suami yang lagi main ke Jogja. Jadinya dua bujang bisa gak ikutan kalau kita mau ambil periksa yang hari Rabu malam. Godean itu…jaraknya cukup jauuh dari rumah. Dan ruang periksa di sana – apalagi kalau malam – bakal bikin salting 2 bujang itu atau aku dan suami kalau mereka ikut. Karena ruang yang terbatas, kalau mereka superaktif kaya biasanya bakal berasa banget ributnya.

USG 15 Minggu 5 Hari

usg-kembar-membran-di-di
panahnya tu nunjukin membran pembatas si kembar.

Alhamdulillah, aku dapat antrian ke-4 malam itu. Cuma ada 5 antrian kayanya. Alhamdulillah juga, ga ada yang periksa 4D. Jadinya gak ada yang periksa sampe 30 menit-1 jam. Bahkan, antrian ke-3 sepertinya cuma periksa transvaginal dan sebentar banget.

Alhamdulillah, Baby A sehat insya Allah. Ada nasal bone (tulang hidung). Baby B juga insya ALlah sehat.

bayiA-nasalbone
Bayi A. Bayi B cuma kelihatan kepalanya.

Karena ini pemeriksaan intensif, setiap bagian yang penting di print. Jadi aku dapat total 6 print-an USG. Seneng banget alhamdulillah.

Tapi pas nanya jenis kelamin, dokter Diah bilang  kelihatannya di usia 6-7 bulan. Padahal pingin banget diupayain. Soalnya lihat USG orang-orang luar, 15 minggu tuh udah pada bisa dicek.  Dulu Thoriq sama Luma usia 18 minggu juga udah kelihatan. Tapi grow sprut-nya kalo di babycenter emang dibilangnya setelah 16 minggu siiiy.

Kalo menurut jadwal, harusnya usia kehamilan 20 minggu juga periksa feto maternal. Melihat hasil yang tadi, kata dr.Diah ga usah gpp. Insya Allah janin sehat. Tapi kayanya kita tetap mau pemeriksaan feto maternal insya Allah.

usg-kembar-15minggu-5hari
Bayi A sebelah kiri. CRL: 11,25cm. Bayi B kanan, CRL: 8,8cm. Kelihatan agak meringkuk kan ya.

Yang bikin khawatir pas pemeriksaan kali ini adalah:  Baby B panjangnya agak jauh beda dengan Baby A. Tapi memang posisi dia agak meringkuk gitu. Dr. Diah bilang, nanti, pas pemeriksaan selanjutnya kan yang dilihat beratnya. Kalau ternyata benar beda jauh, insya Allah baru dicari tahu penyebabnya. Tapi ini bisa dilihat pake USG yang biasa. Tapi kayanya sekalian aja insya Allah pemeriksaan feto maternal sesuai saran pas periksa usia 12 minggu.

Semoga semuanya normal ya Allah. Mudah-mudahan cuma karena posisi aja. Dan dari banyak browsing ibu-ibu dengan anak kembar itu, memang biasanya kalau salah satu lebih kecil itu wajar. Apalagi kalo yang dari satu plasenta. Kalo aku kan dua plasenta. Mudah-mudahan sehat semua, normal, jadi anak sholeh sholehah penyejuk mata kami berdua.

Biaya pemeriksaan intensif feto maternal ini “cuma” 200 ribu. Udah sama print dan biaya dokternya. Total sama obat 296rb. Takjub juga masya Allah. Tetap lebih murah dibandingkan periksa di JIH.

Nah, karena udah mau puasa…dari tadi sih bujukin abang untuk periksa ke dokter spesialis di Sakina Idaman. Pingin tahu dokternya gimana hehe. Kalo cocok kan biar lahiran di situ aja. Plus juga biaya periksa di sana juga gak semahal di JIH :D. Berharap bisa ikutan puasa Ramadhan tahun ini. Semoga Allah mudahkan.

Kondisi Bumil

Alhamdulillah, terlalui juga TM 1 dengan segala pusing dan mualnya. Tapi kehamilan kali ini termasuk malah gak ada muntah makanan sama sekali. Lebih ke asam lambung aja. Kalau udah keluar, lega deh. Pusing abis makan dan sebelum makan itu yang cukup bikin kepayahan gak berdaya. Sampe searching…ko abis makan malah pusing banget. Saliva selalu berlebih tambah mual. Jadinya rebahan aja kalau abis makan.

Mulai masuk usia 14 minggu, semuanya menghilang alhamdulillah. Pikiran lebih jernih, fisik lebih fit.  Alhamdulillah, nikmat dari Allah. Karena lapar hampir setiap saat, padahal perut juga membesar lebih cepat dari biasanya, makanya heartburn kaya gak berhenti-berhenti. Bikin mulut gak nyaman seharian. Alhamdulillah sekarang teratasi dengan perasan jeruk nipis.

Lapar masih terus membahana. Buat aku yang biasanya gak terlalu banyak makan, sering lapar dan pinginnya harus makan berat itu antara aneh sendiri, serba salah plus ngerasa bersalah. Soalnya jadi ngerasa ngerepotin abang banget.  Apalagi pas TM 1 kemarin. Pagi abang harus keluar beli kue-kue soalnya aku gak selera makan nasi, jam 9-10 udah lapar lagi, siang makan, sore udah lapar lagi dan biasanya abang beliin lagi, malam lagi..terus malam lapar lagi. Kayanya isinya laper aja haha.  Dan pas TM 1 itu hampir selalu beli lauk. Sampe bosen banget dan diselingi sesekali aku masak tapi abis itu aku tepar :D. Alhamdulillah, makin ke sini karena kondisi makin fit, udah bisa lebih masak-masak dan jaga makanan yang masuk. Nanti aku posting insya Allah tentang makanan-makanan sederhana, sehat tapi juga cukup mengenyangkan untuk ibu hamil.

Besar perut udah kaya orang hamil 6 bulan. Kalo kemarin ngerasain gerakan janin usia > 20 minggu keatas, sekarang baru usia 15-16 minggu, aku udah bisa ngerasaan gerakan-gerakan kecil. Terutama dari bayi di posisi kanan (bayi A). Alhamdulillah kehamilan kali ini juga gak ada flek sama sekali.

Belum Fix Lahiran dimana.

Iya, sampai saat ini masih belum ketemu yang pas di hati untuk lahiran nanti. Pas ngesearch tentang dokter feto maternal, baru tahu juga kalo ternyata dr. Detty juga termasuk dokter feto maternal. Tapi ko ya prakteknya sekarang jauh banget. Di Happy Land. Dan biaya lahiran di sana beda “dikit” sama di JIH. Kalau milih, ya enakan di JIH secara lebih dekat dari rumah dan udah tahu kondisi RS-nya.

Insya Allah masih mau coba ke dr  di Sakina Idaman sama dua dokter lagi di JIH. Tapi ya gak bisa turah-turah. Tetap nunggu jadwal periksa insya Allah.

 

 

6 Comment

  1. assalamualaikum…
    ah, seneng deh baca ini. sehat2 ya bumil.

    salam kenal :)

  2. cizkah says:

    wa’alaikumussalam
    makasih…aamiin
    salam kenal juga…^^

  3. Putri Aditya Wardani says:

    dokter yg recommended di sakina idaman dr. amy mb ciz, 2 anak ana dengan beliau, beliau ngajar juga di ugm, ini yg ketiga juga konsul ke beliau..

    semoga ibu dan anak sehat dan lancar persalinan ^^

  4. cizkah says:

    @putri wah…makasih infonya..aku pernah denger juga…kayanya aku juga pernah periksa sekali pas lagi kontraksi terus pas hamil luma.
    jilbaban kan ya?
    tapi ngeliat di website sakina idaman ko gak ada nama dokter amy ya? makanya kmrn mikir, kok pilihannya cuma 1.

  5. Yara says:

    Ummu ziyad, ini yara. Tadi aku habis melepas kangen baca ummiummi.com ternyata banyak ketinggalannya nih..jadi inget dulu selalu menanti artikelnya mulai dari “gelembung sabun” 2011 lalu dan skrg Maa syaa Allah makin baguuuus bgt webnya. Selamat ummu ziyad… barokallahu fiik atas kehamilannya.. semoga anaknya sehat semuanya aamiin.. ibunya semoga sehat selaluuuu.. jazakillahu khairan sudah share pengalamannya… walau yara blm mengalami rasanya bahagia banget jadi tau banyak hal dari postingan ummu ziyad. Suatu saat pengen banget ketemu ummu ziyad dan abang ziyad, thoriq, luma, dan si kembar in syaa Allah…

  6. cizkah says:

    iya yaraa…nomornya masih disimpen ko. Kmrn msg terakhir dr ana masuk kan. Abis itu gak ada reply lg dr yara.

    ih..iya itu artikel pertama “gelembung sabun”.

    Aamiin. makasih semua doa2nya…
    Ayo main ke jogja hehe.

Leave a Reply