Perkembangan Kemampuan Memasakku : D

Catatan penting, orang yang suka masak itu belum tentu bisa masak. : D

Tapi aku itu termasuk orang yang suka masak gak ya. Jadi gak pede. Udah 4 tahun nikah, bisa dikatakan kemampuan masaknya kayanya standar-standar aja. Hehe. Resep yang paling dihafal ya yang dulu zaman kos juga afal. Ayam kecap, sayur tumis yang bumbunya cuma bawang merah, bawah putih, cabe, garam dan sedikit campuran merica dan gula. Sayur sop yang cuma pake bawang merah dan putih. Huhu…

Nah kalo bumbu masakannya mulai pake acara ketumbar, jahe, lengkuas, dll, mule deh susah ingetnya. Contohnya, hampir setiap mo masak sayur acar mesti ngintip resep yang aku catet  dari Mama dari zaman ngekos. Padahal kalo udah baca, iiih kok gak inget2 siii.

Kalo resep bumbu dari mertua alhamdulillah inget. Intinya pake cabe rawit semua, ketumbar, lada dikit aja, kemiri, jahe dikit aja, kunyit, sere. Nanti bedanya antara ditumis atau enggak, pake santan atau engga, pake tempoyak (makanan khas Melayu dengan bahas dasar duren) atau engga, pake air asem atau engga.

Kalo beli buku resep juga, nanti ujung2nya kok hasil yang dicoba suka gak memuaskan ya, trus akhirnya “Yaudwa deh pake resep yang kemaren2 aja. : D.” Tapit teteppp…tetep suka beli buku resep.

Masa-masa paling rajin nyoba berbagai resep pas Ziyad udah lahir sampe dia umur hampir 1 th. Jadi inget pernah bikin kaya semacam bakwan malang…sllrp.

Kalo kue…mesti lihat resep jugaak haha…

Intinya sih, suka aja masak. Seneng banget kalo hasilnya uwenak terus dipuji suami. Tapi inget lho, kalo lagi suka masak gini, berarti mesti rajin juga cuci piring hihi.

Hari Ini Bolunya Ngembang!

Dua bulan ini lagi rajin bikin bolu lagi. Kok lagi? Yaa…soalnya dulu pas lagi rajin itu ya juga rajin bikin bolu. Tapi dulu gak terlalu peduli, yang penting jadi, mekar dikit, dan bisa dimakan. Nah…ceritanya dua bulan yg lalu alhamdulillah kesampean beli mixer. terus mikirnya, ih harus bisa bikin kue bolu yg enak! Secara berarti kocokan telurnya kan bisa sampe ngembang.

Bolu Gagal

And you know what! Ternyata gak berhasil2 jugaaaa…Sampe 2x bikin (dipanggang di oven kompor), failed. Gak ngembang, bantet. Terus coba beli yang bolu instan merk Pondan itu, yang tinggal ditambahin telor. Dan failed jugaaak. Harusnya kan bisa berhasil kaya di foto bungkusnya (sapa coba yang harusin ; D). Mo nangis pas nyoba yang ketiga kali.

Terus pas nyoba yang keempat, pas ada tamu…jadi adonannya ditinggal-tinggal…dan dengan sukses bantet juga bolunya.

Alhamdulillah…hari ini khusyuk bikin kue itu sendirian (Ziyad lagi maen di tetangga, bang Hen lagi ke Magelang),Thoriq tidur. Hasilnya…huhu…udah senyum-senyum pas buka dandang (kali ini nyobanya bolu kukus). Iii…senangnya pas sampe rumah bang Hen buka pintu terus ngomong, “Harum banget ni bau kuenya…” Hihiyy…

Bolu Gagal

Terus pas mo makan bolunya, “Rahasianya apa niiih.” Haha…gak tau deeh…soalnya gak yakin bisa bikin bolu ngembang lagi kaya gitu.

Ah…practice makes perfect kan ya :D . Sapa tau pas udah perfect punya usaha toko bolu/kue yang lariiish.

2 Comment

  1. wiwid says:

    resepnya dong siska….^_^ btw, aku 7 tahun nikah, malah kayaknya kemampuan masaknya makin turun nih. hihihi. emang dari sononya nggak suka masak, nggak pernah diajari masak dan suami juga nggak minta dimasakin… soalnya mertua punya PRT dari zaman suami masih kecil yang masaknya enaaaakk buanget.. makanya kalah pamor deh…hehehe. Tapi pengen coba ni sesekali masak ginian.

  2. cizkah says:

    hihiyy…wiwid bisa aja i pake nanya resep segala : D*
    kayanya salah judul, kurang kata ‘Kemampuan’.
    Akunya suka masak juga pas sendiri, gak tau knp. Kalo di rumah mah juga biasa2 aja, mala cenderung trima jadi. Pengennya kalo masak aku yg nguasain dapur haha…kalo di ruma mertua juga kemaren bengong2 aja kurang gapai mbantu2 di dapur…jadi sibuk njagain ziyad aja deh *waktu itu.

    Tapi pengen coba ni sesekali masak ginian.

    Monggo2…siap2 penasaran ya kalo gagal… : D.

Leave a Reply