Rekomendasi Dokter Gigi di Yogyakarta: Family Dental Care

Bagiku, informasi seperti ini sungguh berharga. Review, penjelasan dan lainnya untuk membuat keputusan. Makanya suka banget nulis-nulis beginian di blog. Sayangnya kemarin pas nyari info tentang Family Dental Care di Jogja malah minim banget. Dan dari dulu kalo aku puas sama sesuatu…bakal promosiin deh ke orang-orang (viral marketing). Contohnya…mo pena yang enak yang modelnya kaya pilot? Belilah yang merk Kenko. Warnanya jingga, ujung-ujungnya berwarna hitam. Sayangnya selalu gak ada yang jual, bahkan di toko merah sekalipun. Lho ko jadi ngomongin ballpoint hehe.

Untuk runtutnya, gini ya.

Aku pernah ke dokter gigi A di rumah sakit X.
Dokter gigi kedua adalah dokter Endah di FDC.
Dokter gigi ketiga adalah dokter B di rumah sakit Y.

Aku kan udah pernah cerita ya tentang gigi mati (yang kini udah tamat riwayatnya :D, insyaAllah lain kali aja ceritanya). Waktu itu ceritanya mo cabut gigi nyari dokter yang prakteknya siang plus weekend.Soalnya kalo mo cabut gigi kan kondisi badan harus fit, sedangkan kalo malam tuh aku dah capek banget dan tensi mesti rendah. Jadi nyari yang praktrek siang. Dan biar gak ganggu jam kerja abang, ya harus pas hari Sabtu atau Ahad. Pergilah kami ke dokter B di sebuah rumah sakit Y.

Hasilnya? Pulang-pulang kami positif bakal balik lagi periksa ke Family Dental Care…dan biarlah abang yang mengorbankan waktu jam kerjanya sedikit.

Kenapa?

Waktu itu, aku dapet antrian nomor 8. Masih gak percaya dokter gigi itu praktek cuma berapa jam nerima pasien sampe 10. Karena selama periksa di FDC cuma nerima 3 pasien untuk 3 jam praktek. Itupun kalo kondisi pasiennya emang ada masalah, bisa lebih.

Pas masuk ke dalam…barulah aku tahu kenapanya. Cepet banget! Proses penambalannya dll dll. (Itupun ternyata pas diperiksa sama dokter Endah masih ada garis hitam di celah lain di gigi tsb). Pas dokter B lihat gigi geraham kiri aku dokternya ngomong, “Oalah mba…susah kalo geraham gitu.” Duh…bu…jangan gitu dong.

Dua tahun yang lalu aku pernah minta gigi ini di tambal. Dokter A tapi gak ada acara ngomong yang bikin ngedown atau yang semacam itu.  Dokter A tetep nyoba nambal, tapi nyerah, karena khawatir bornya kena pipi karena posisi gigi agak miring ke pipi. Di rumah sakit X ini memang juga gak pake asisten dokter giginya. Alhamdulillah karena memang gigi geraham bungsu dan aku lebih banyak mengunyah di sisi kanan plus gak lagi menyusui, jadinya kondisi giginya stabil gak bertambah lubang atau sakit.

Nah…kalo sama dokter gigi Endah di Family Dental Care, pas pertama kali kunjungan kan ngecek satu-satu kondisi gigiku. Terus pas aku ceritain masalah gigi geraham ini, beliau optimis. InsyaALlah bisa. “Pelan-pelan”, kata dokter Endah. Cuma kan waktu itu masih sibuk ngurusin si gigi mati itu. Dan belum ada keluhan dari gigi geraham kiri yang miring itu.

Dan baruu aja hari Kamis kemarin, gigi itu berhasil ditambal! Dengan penuh perjuangan! Yang di ruangan tersebut pada pegel-pegel karena posisinya harus tepat, terutama dokter Endah. Aku juga mesti mangap-mangap dan pegel bibir dibuat senderan alat-alat macam-macam itu. Alhamdulillah sekarang udah nyaman…gak perlu dicabut…dan gak bolong lagi.

Intinya, bagusnya di Family Dental Care, insyaALlah dokternya telaten. Kalo dari segi biaya juga sama aja.
Begitu review aku kali ini ya buIbu….

Tambahan lagi, karena banyak yang nanya detail harga. Jadi aku sertakan ya di sini hehe. Tapi yang aku tahu aja.

Biaya Dokter Gigi Family Dental Care

  • Untuk tambal gigi lubang besar/komplek ± Rp 200.000
  • Cabut gigi geraham dengan komplikasi/masalah (kaya gigi mati aku kemarin) Rp 165.000
  • Gigi palsu yang tipe biasa, pembuatan awal (plat plus 1 gigi) ± Rp 300.000 dan penambahan per gigi ± Rp 80.000 (lupa nih, blum menjalani soalnya).
  • Kalo gigi palsu yang lebih mahal lagi bahannya sekitar Rp 700.000
  • Pembersihan karang gigi pernah lihat di buku daftar biaya perawatan gigi di FDC sekitar Rp 200.000. Tapi ini juga beda-beda sesuai tingkat keparahan karang giginya sepertinya. InsyaAllah kalau udah ke FDC bisa lihat di buku daftar harga atau tanya langsung ke mba/mas yang jaga meja depan.

Alamat dan Telepon Family Dental Care

Alamatnya udah aku bikinin di google map. Kalo nomor telepon  0274624730. Lama-lama serasa jadi agennya Family Dental Care nih nulis beginina hihihi. Oya, kalo dokter Endah, praktek siangnya hari Senin sama Jumat jam 10-13.00. Selain itu malam dari jam 19.00-selesai (sektiar jam 10-an kalo 3 pasien).


View Family Dental Care Jogja in a larger map

16 Comment

  1. mba, giginya ashima kan kuning2, trus juga susaaahh.. banget diajak sikat gigi. walhasil ana harus nunggu dia tidur dulu kalo mau nyikatin giginya.
    di sana recommended nggak buat baby usia 15 bln kaya ashima? kasih bocoran juga dong, kalo bersihin karang gigi berapa ^^ jazaakillaahu khoiron..

  2. cizkah says:

    wah…niatnya mo jawab di postingan sendiri…tapi gak sempet2 : D
    ngajarin sikat gigi emang lama wi…sabar…insyaAllah nanti ceritanya ya
    kalo sekarang pake kassa dikasih air hangat (ana sih air biasa :D), nanti bisa ilang kok…tapi kalo udah kelamaan numpuknya ya masih sisa2 kuning sedikit.
    InsyaAllah mau kalo pake kassa dikasih air. Kalo sikat mungkin dia ngerasa akit.
    Ana blum pernah tanya sih kalo bayi…nanti ana lengkapin lagi insyaAllah postingan ini.
    Diprotes juga soalnya sama suami, tulisannya berantakan gak urut…bisa bikin bingung pembaca *saah….gaya deh.

  3. bie says:

    mba, ada referensi dokter gigi -yang laki2 tapi [dan muslim jg]- yang bagus?
    di FDC.

  4. cizkah says:

    kalo yang laki2 gak tau soalnya suami belum pernah periksa gigi :)
    atau mungkin di kedokteran gigi UGM?

  5. uphik says:

    ada kok..bs tlp utk request biar ga repot… hehe… *nimbrung*

  6. cizkah says:

    hehe…ini dari FDC kah?
    Siapa siapa? kasih tahu di sini ya..

  7. abdulloh says:

    kalo cuma konsultasi / cek kesehatan gigi bayarnya brp???

  8. cizkah says:

    @abdullah kurang tahu ya tepatnya. kemarin anak saya laki-laki dg drg. Tunggal. In sya Allah bagus juga. Kemarin anak saya tambal sementara lubang kecil plus konsultasi 67.000.

  9. Annisatisla says:

    assalamu’alaikum, mba mau tanya kalau gusi biru kalau dipegang sakit dan mengeluarkan aaroma yang tidak sedap padahal bukan digigi berlubag itu kira kira kenapa yah mba? viaya na berapa kira kir a terima kasih :)

  10. kiki yusika says:

    Mbak mau tanya berapa biaya pasang gigi permanent

  11. oda says:

    mbak/mas.. kalau mau behel gigi atas brapa yahh? Trims :)

  12. Icha says:

    Mbak nomer telponnya FDC susah dihubungi padahal saya mau tanya jadwal dokter bedah mulutnya, ada masukan nggak Mbak untuk alternative lain cara bikin janji sama pihak FDC? Makasih

  13. Putri says:

    Family Dental Care (FDC) jl. Monjali sudah pindah, perempatan monjali ke utara kanan jalan. Jl. Palagan TP no. 63

  14. bakti says:

    Kalo mau tambal gigi depan brapa ya?

  15. Heru says:

    Klinik FDC sudah pindah ke arah utara monjali, ke jl. Palagan Tentara pelajar no. 63 telp
    0851-0065-3006.
    http://www.facebook.com/familydentalcarejogja

  16. Ferry says:

    Assalammualaikum wr wb
    Salam sehat untuk semua
    utk pendaftaran online bisa melalui website http://www.fdcdentalclinic.com Dan sebelumnya terima kasih atas reviewnya Bunda Cizkah.
    Wassalam

Leave a Reply