Satu Resep Sambal untuk Segala Masakan (Khas Jambi)

sambal teri, sambal cumi, sambal terong, sambal ayam, sambal daging

Resep yang saya dapatkan dari mertua rata-rata resep masakan yang mudah dalam proses pembuatannya. Bisa dikatakan, saya hampir selalu puas dengan hasilnya in sya Allah. Karena jika masakan sambal tidak tepat dalam penggunaan bawang putih, hasilnya setelah makan menimbulkan rasa enek. In sya Allah tidak dengan yang satu ini. Karena resep ini tidak menggunakan bawang putih sama sekali ^^.

Bahan:

  • Teri 125 gr
  • Asam jawa, larutkan dalam 50-100ml air.
  • Minyak goreng
  • Gula pasir

Bumbu halus:

  • Cabai 10-15 buah
  • Bawang merah 3-4 buah
  • Garam

Cara memasak:

  1. Goreng teri. Tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus hingga sambal cukup matang (ini tambahan dari saya, karena pengalaman kalau hanya sampai harum, sambal jadi seperti masih mentah)
  3. Masukkan air asam, aduk-aduk sampai menyatu dengan sambal.
  4. Masukkan teri.
  5. Siap dihidangkan.

Resep yang saya dapatkan dari mertua tidak pernah memberikan jumlah secara spesifik pada setiap bumbunya. Yang saya berikan di sini adalah pengalaman berdasarkan apa yang saya lihat ketika mertua masak hehe. Jadi pakai kira-kira. Silakan improvisasi.

Gula gunanya untuk menyeimbangkan rasa dan memberi rasa sedap pada masakan. Bisa diberikan saat air asam di masukkan, atau ketika bahan utama sudah dimasukkan (setelah langkah 4). Silakan rasakan sendiri bedanya.

Resep ini dapat digunakan untuk segala bahan. Misalnya, lele, cumi, daging. ayam, terong. 

Bedanya adalah, untuk bahan-bahan di atas,

  1. Bahan utama terlebih dahulu dicampur dengan asam jawa, air dan garam.
  2. Goreng.

Silakan sesuaikan jumlah garam dengan bahan yang akan diolah serta lama penggorengan. Misalnya untuk cumi, tidak perlu terlalu banyak garam, karena saat diolah, cumi akan mengeluarkan rasa asin. Menggorengnya pun tidak terlalu lama, agar hasil goreng cumi tidak seperti karet yang sulit dimakan :D.

Cara menggoreng dengan campuran air asam pun juga merupakan resep paling mudah yang bisa kita terapkan untuk hasil yang cepat dan memuaskan in sya Allah. Hasilnya yang dihasilkan juga sudah lezat in sya Allah. Pengalaman pribadi ketika ada tamu dadakan dan mendekati waktu makan siang. Saya hanya menggoreng ayam dengan campuran air asam di atas. Dihidangkan dengan sambal terasi, lalapan. Ah…suami bercerita bahwa sang tamu terlihat sangat keenakan. Alhamdulillah.

Kunci lainnya saat menggoreng dengan campuran asam adalah gunakan api kecil, karena bahan utama bisa cepat gosong. Untuk ayam, jika sudah cukup matang, besarkan api untuk mengeringkan bagian luar ayam. Sehingga hasilnya renyah diluar, lembut di dalam. Hmm….sedapp..

Jangan khawatir jika hasil sisa gorengan seperti menyebabkan minyak jadi berwarna hitam. Itu hanya efek sementara in sya Allah. Jika disimpan, in sya Allah larutan asam akan mengendap, dan minyak akan kembali jernih. (Jangan gunakan minyak sampai beberapa kali karena tidak baik untuk kesehatan).

Serasa mendapatkan dua resep ya ^^? Alhamdulillah. Semoga bermanfaat.

***

Artikel yang aku tulis untuk ummiummi.com ^^

1 Comment

  1. Leily says:

    Oooo air asam jawa yah.. sip-sip *ilmu baru di dapur..
    Jazaakillahu khairaa mbak ciz

Leave a Reply