• Islam
  • Dzikir Pagi dan Petang: Berlindung dari Kesyirikan

    Sudah sejak…(lupa), Ziyad kami biasakan membaca dzikir pagi dan petang. Baru 2 dzikir. Tapi lebih sering dipraktekkan yang satu, yaitu dzikir بِاسْمِ اللهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَ لاَ فِي السَّمَاءِ وَ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ dibaca 3x (1) dan dzikir أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ Lebih kepada supaya […]

  • Kegiatan Anak
  • Latihan Motorik Halus dengan Label (Stiker)

    Ini adalah salah satu sebab aku suka label. Tau label kan? Bentuknya macam-macam. Biasanya buat nempel2 harga atau semacam itu.

    Ini video kapan ya lupa. Inspirasinya dari film Baby pas bagian anak Jepang. Berarti ini sebenarnya bisa dilatih dari umur 1 tahunan.

    Kalo mau pakai stiker juga boleh. Kalo label ini kan murah ya. Harga 2000 an bisa isi berapa lembar. Bentuknya macam-macam. Yang ditempel di video ini yang bentuknya lingkaran :). Cocok buat nempel-nempel benda yang ada gambar wajahnya yang beredar di rumah.

  • Al-Quran
  • Metode Menghafal Surat Al Bayyinah

    البيِّنة بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ لَمْ يَكُنِ الَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِنْ أَهْلِ الْكِتٰبِ وَالْمُشْرِكِينَ مُنفَكِّينَ حَتَّىٰ تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُ ﴿البينة:١ رَسُولٌ مِّنَ اللَّـهِ يَتْلُوا۟ صُحُفًا مُّطَهَّرَةً ﴿البينة:٢ فِيهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ ﴿البينة:٣ وَمَا تَفَرَّقَ الَّذِينَ أُوتُوا۟ الْكِتٰبَ إِلَّا مِنۢ بَعْدِ مَا جَآءَتْهُمُ الْبَيِّنَةُ ﴿البينة:٤ وَمَآ أُمِرُوٓا۟ إِلَّا لِيَعْبُدُوا۟ اللَّـهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَآءَ وَيُقِيمُوا۟ الصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُوا۟ الزَّكَوٰةَ ۚ […]

  • Cuap-Cuap
  • Tak Seberapa…

    Merasa “susah” dengan tingkah polah anak kita? Merasa lelah dengan segala yang kita lakukan untuk mereka? Itu tak seberapa… Karena mereka begitu berharga… *Sedih melihat anak-anak Palestine yang meninggal dan telah dikafani :( Allahumma athil hayatanaa…’alaa tho atika wa ahsin ‘amalanaa… Allaahummanshur muslimiina fii falisthin…  

  • Cuap-Cuap
  • “Om Nyembah Allah?”

    Ziyad itu…super sanguinis masyaAllah. Ketemu orang, dikasih angin dikit udah langsung kaya saudara. Dipeluk-peluk, diajak ngobrol ngalor ngidul. Apalagi kalo orang dewasa. Kaya pas kemarin di distro baju di jalan Cendrawasih. Dikasih angin dikit, “Kelas berapa?” Langsung cengengesan, jumpalitan deh pokoknya. Sampe gak enak sendiri, takutnya orangnya basa-basi aja kan. Karena si abang gak dapat […]

  • Islam
  • Hati-Hati Ketika Bermimpi

    Maksud aku mimpi di sini adalah di luar mimpi tidur, dalam arti seperti angan-angan seseorang. Namun, sekarang ini makna mimpi bagi seseorang sepertinya lebih disempitkan lagi seperti menjadi cita-cita atau tujuan hidup, namun terkadang di luar jangkauan akal dan sepertinya sesuatu yang sulit sekali terjadi. Aku akui, aku banyak belajar dari buku Hypnotic Writing-nya Joe […]

  • Islam
  • Di Atas Langit Ada Langit

    Lagi inget kalimat ini sejak kemarin. Mengingatkan diri untuk tidak sombong dan berusaha menempatkan diri berada pada posisi orang lain yang kita berikan sikap tertentu… Kalimat ini keluar dari bocah berusia 15 -16 tahun. Waktu itu masih SMP. Aku senang membaca kalimat yang ia tuliskan di buku kelas kami. Kalimat itu ditujukan kepada seorang teman […]

  • Cuap-Cuap
  • Ana Ata’akkadu Annanaa Saufa Nadzhabu ilal Madinatil Munawwaroh, Insya Allah ya Habibi…

    Aku yakin, kita esok akan pergi ke Madinah Munawaroh Insya Allah wahai kekasihku… Ceritanya di balik kalimat ini… Kemarin salah satu personil Penalette minta ketemuan di kantor. Kebetulan waktu itu abang masih di rumah. Aku berdua sama bang Hen punya firasat yang sama. “Kayanya kok mau keluar ya bang?” “Abang juga kepikiran gitu.” Dan berlanjut […]