Tahukah Anda Tentang Sandpaper Letter atau Soundbook?

Yep…ini adalah salah satu metode yang digunakan dalam pendidikan Montessori untuk anak mengenal huruf.

Sandpaper Letter

Untuk sandpaper letter, intinya, pada bagian huruf itu dibuat dibahan kertas sandpaper (ini kurang tahu kalo di indonesia ada gak. Intinya kertasnya memiliki tekstur ya kertas amplas). Biasanya huruf-huruf yang bertekstur itu berada di tengah kotak yang kokoh. Bisa digunakan anak yang right-handed atau kidal. Hurufnya pun dibuat sederhana, bukan tipikal hururf serif semacam times new roman yang punya kaki-kaki.

Sandpaper letter ini dikenalkan setelah anak mengenal suara dari setiap huruf tersebut (jadi gak diberikan bareng).

Sambil anak menyuarakan huruf tersebut, si anak meraba huruf tersebut sesuai arah menulis huruf tersebut. Ini video gimana seharusnya guru mengajarkan dengan metode ini.

Pengajaran dengan cara seperti ini juga menghindari salah kaprah bahwa huruf tersebut hanya sekedar bunyi di awal kalimat. Kita juga sadari bahwa suatu huruf itu kadang muncul di tengah…atau di akhir kalimat. Bahkan dengan cara ini, bisa jadi anak secara “tak sadar” bisa membaca atau menyusun sebuah kata.

Misal…hh..aa…ett…hat.

Coba lihat video ini. Di video ini juga dijelaskan bertahap tahapan sampai akhirnya anak bisa menulis sebuah kata. Benar-benar bertahap. Sayangnya aku juga blum nerapin cara ini secara keseluruhan. Sebagaimana tulisan salah satu ibu-ibu di luar sana yang bikin sandpaper-letter sendiri, dia bilang, segala material yang berbau montessori…biasanya MAHAALLL, sebagaiman misalnya baju kalo ada embel-embel maternity (kehamilan) juga jadi jauh lebih mahal :D.

Tapi in sya Allah kita bisa ngambil ide-idenya deh..kemudian bikin materialnya secara kreatif  :D.

 

Soundbook

Jadi ini sebenarnya kelanjutan dari sandpaper-letter. Versi simpelnya bisa dibawa pulang anak gitu :D.Jadi anak bisa mengulang-ngulang secara mandiri.

 

Nah..dari sinilah…kemudian terbersit…untuk membuat produk cizkah lainnya…yang tentu saja masih berbau pendidikan in sya Allah. Kisahnya di postingan selanjutnya in sy aALlah.

Tambahan:

Kalo mo buat sandpaper-letter sendiri, bisa disearch dengan kata DIY sandpaper-letter.  Contohnya ini. Atau yang lebih keren (tapi ribet :D) yaitu..ini.

 

4 Comment

  1. Vyatri says:

    Sandpaper = amplas? Yang dijual di toko bangunan itu kan

  2. cizkah says:

    oh ya toh? hehee…abis kalo ngeliat bentuknya ko ga kaya amplas ya.

  3. ririn says:

    iya juga ya, anak kecil kan belajar pertama salah satunya pakai indra peraba.. megang ini megang itu. montessori itu bisa bermanfaat kalau nanti anak sudah siap kalau diajak menulis ya… nicee… suka suka metode ini :D

  4. […] postingan kemarin. Jadi, aku kepikiran, dari ide dasar soundbook alphabet montessori itu, kenapa gak dibikin juga […]

Leave a Reply