Saran untuk yang Ingin Masuk ke Jurusan Teknologi Pendidikan

Nah, ini yang sering ditanyakan oleh adek-adek yang baru mau masuk kuliah ataupun sekarang masih SMA. Sebenarnya, sebagaimana saya selalu katakan kepada para penanya, sebaiknya tidak memilih jurusan ini bberkaitan dengan penggunaan musik.

Ada beberapa mata kuliah, yang jika mengikuti arus dan sekedar ingin dapat nilai bagus, maka mesti menggunakan musik (biasanya sebagai backsound).

Jadi, saya lebih menyarankan kalau memang adek-adek (akhwat) ingin kuliah, lebih baik ambil yang memang bisa bermanfaat nantinya (sebagai wanita terutama), dan tidak nyerempet-nyerempet maksiat. Contohnya, jurusan tata busana ataupun tata boga. Tapi ini bukan berarti aman dari godaan ingin sekedar dapat nilai bagus lho. Soalnya saya pernah lihat juga mahasiswi yang berjilbab, tapi mendesain pakaian seksi-seksi. Wal ‘iyyadzu billah…

Oh ya, kalau saya dulu, untuk tugas-tugas yang sebenarnya mestinya pake musik, ya gak pake musik. Strugglenya lumayan susah lho. Kalo pas tugas bikin rekaman audio (kita praktekin jadi pembawa berita sama pembawa cerita), itu cuma saya kasih suara-suara bukan musik. Misalnya suara ayam dll.

Kalo pas tugas video, alhamdulillah waktu itu ada teman yang juga memperjuangkan gak pake musik. Jadi, kami bikin tutorial sempoa. Dan gak dikasih musik sama sekali. Dan saya alihkan perhatian dosen untuk melihat sisi positif lainnya di tugas video tersebut, yaitu saya kasih animasi sebagain pengiring tutorial tersebut banyak-banyak (bikin sendiri dung animasinya, pake software Flash).

Terus, waktu KKN, saya juga milih tempat yang kira-kira gak akan disuruh2 bikin hal-hal yang berbau maksiat. Dulu pilihannya RB TV, terus stasiun radio yang saya lupa namanya, tempatnya di daerah gowok. Wah saya menghindari sekali memilih itu. Kebayang disuruh rekaman macem2. Alhamdulillah penempatan saya di BTKP (Balai Teknologi dan Komunikasi Pendidikan). Di tempatnya para PNS. Hehehe…Dan saya cuma bikin program-program yang gak ada kaitannya dengan video dan musik. Alhamdulillah banyak program saya yang dianggap bagus. Padahal yang paling banyak gak masuk ya saya, karena sakit dan nemenin kakak dan adik yang datang ke jogja.

Jadi, memang seperti menggenggam bara pokoknyah…Mesti hati-hati kalo memang mo dilanjutkan ya adek-adekkk…

 
 
 

No.

Nama Matakuliah

SKS.

1 Psikologi Umum

2

2 Pengantar Ilmu Pendidikan

2

3 Administrasi & Supervisi Pendidikan

2

4 Pendidikan Pancasila

2

5 Andragogi

2

6 Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum

2

7 Pengantar Media Pendidikan

2

8 Sistem Komunikasi Pendidikan

3

9 Pengantar Teknologi Pendidikan

3

10 Sosiologi Pendidikan

2

11 Statistika

2

12 Perkembangan Peserta Didik

2

13 Bimbingan dan Konseling

2

14 Pendidikan Agama Islam

2

15 Ilmu Alamiah Dasar

2

16 Bahasa Inggris

2

17 Pengenalan Komputer

2

18 Pengantar Sinematografi

2

19 Organisasi & Pengelolaan Sumber Belajar

2

20 Karakteristik Peserta Belajar

2

21 Pengembangan SDM

2

22 Pendidikan Sosial

2

23 Pend. Kependudukan dan Lingkungan Hidup

2

24 Evaluasi Pendidikan

2

25 Logika

2

26 Manajemen Sistem Pend.& Pelatihan

2

27 Teori Belajar & Pembelajaran

3

28 Strategi Pembelajaran

3

29 Animasi Komputer

3

30 Pengembangan Media Tepat Guna

3

31 Psikologi Pendidikan

2

32 Sosio-Antropologi Pendidikan

2

33 Pendidikan Kewarganegaraan

2

34 Epistemologi

2

35 Penelitian Pendidikan

4

36 Desain Pesan Pembelajaran

2

37 Perencanaan Pembelajaran

2

38 Penulisan Naskah Media

2

39 Pembelajaran Individual

2

40 Pembelajaran Berbasis Komputer

3

41 Perencanaan Kurikulum

2

42 Perenc. & Pengem. Kurikulum Kepelatihan

2

43 Pengembangan Media Foto

3

44 Pengelolaan Pembelajaran

2

45 Pembelajaran Jarak Jauh

2

46 Pendidikan Komparatif

2

47 Analisis Masalah Pembelajaran

2

48 Inovasi Pendidikan

2

49 Evaluasi Program Pembelajaran

2

50 Pengembangan Media Audio

3

51 Filsafat Pendidikan

2

52 Manajemen Informasi

2

53 Evaluasi Kurikulum

2

54 Evaluasi Media Pembelajaran

2

55 Simulasi Pembelajaran

2

56 Pengembangan Bahan Ajar

3

57 Pengembangan Media Video

3

58 Praktik Pengalaman Lapangan

3

59 Kuliah Kerja Nyata *)

3

60 Seminar Teknologi Pendidikan

2

61 Pameran Teknologi Pendidikan

2

62 Teori Belajar

2

63 Pengembangan LSDP

2

64 Skripsi

6

10 Comment

  1. salam knal mba :)

    adik sy jg br dterima di TP UNJ… hmm
    mudah2an dia bs menghadapi itu smua spt mba.. tp mudah2an lg dia dterima di UI ^^

  2. endithaa says:

    trimakasih infonya mbak…
    sangat membantu… ^_^

  3. wah, lama sekali ga nengok ke site mbak cizkah. Ternyata ada artikel yang bermanfaat sekali untuk ana.. Iya mbak, sebagian sudah ana rencanakan. Ternyata hampir sama dengan langkah yang mbak cizkah ambil… Nggak tahu ni, dari dulu ana pengin ambil jurusan yang nyrempet2 ma teknologi alias megang kompi. Jazakillah khoiron atas masukan dan bimbingannya. ‘Afwan, lum sempaty dolan ke rumah mbak cizkah.. ^^

  4. xxx says:

    ckckckk… bisa”nya anda bilang begitu?? jurusan Teknologi Pendidikan merupakan jurusan yang menurut saya bisa diandalkan dan tidak main”…
    saya rasa anda terlalu naif untuk berkata bahwa tiap jurusan mempunyai konsekuensi masing2…..
    begitu pula dengan Teknologi Pendidikan.
    Lalu bagaimana dengan jurusan ilmu keperawatan? yang malah bisa praktik menggunakan mayat?? apakh itu juga jurusan yang perlu diwaspadai dan tidak baik??

  5. cizkah says:

    errr…what are u talking about mr/mrs x? Kok komentarnya gak jelas dan gak nyambung sama isi tulisan saya di atas ya…Kayanya mungkin anda lagi googling, terus baca artikel dimana trus komentar di mana deh.

    Kalo menurut saya pribadi, jurusan yang bermanfaat ya insya Allah gpp diambil, dari penjelasan para ulama pun demikian, apalagi yang bermanfaat untuk muslimah pada umumnya, termasuk perawat, dokter dsb. Gak mungkin dokter cowok semua. Dst dst…jadi saya sama sekali gak ngerti apa yang mr/mrs x bicarakan di atas. Kalimat2 yg seperti dikutip juga ga ada di tulisan saya.

  6. alfani says:

    mbak, aku masih bingung sama jurusan ini. sebenernya yang dipelajarin itu apa aja?? koq ada buat video segala? bisa dijelasin nggak mbak??

  7. iptek says:

    terima kasih tips nya..

  8. aufanuri says:

    mbak, bentar lagi ana kkn. ambil di BTKP juga (hihi, kayaknya followernya mbak cizkah ini), : ). hmm, boleh tau nggak mbak dulu programnya apa aja? kalo sempat, ana pengen banyak sharing soal kkn yang semakin dekat lewat email ana di aufanuri@yahoo.co.id. bisakah mbak? jazaakillah khairan sebelumnya..

  9. cizkah says:

    okeh…insyaAllah
    bikin brosur
    pelatihan pemanfaatan search engine google, ana jadi pembicaranya hehe…tapi ini diadain di kamus
    bikin kartu id perlombaan
    perbaikan komputer yang kena virus (formatting and installing)

    apalagi ya…diharddisk lama ana ada semua filenya…tapi harddisknya teronggok di rak buku dan gak tau gimana bukanya (mudah2an masi bener)

  10. aufanuri says:

    mau lihat dong.. moga bisa berkunjung ke rumah mbak cizkah. (boleh nggak ya?)

Leave a Reply