Tips Cara Memilih Katun Jepang yang Bagus

Cara memilih Katun Jepang yang Bagus

Kok pakai ada cara memilihnya? Bukannya katun Jepang semuanya bagus.
Tadinya aku pikir juga gitu. Tapi ketika nyoba beli online, ternyata yang diharapkan beda dengan yang didapatkan. Karena sudah pernah beli bahan katun Jepang yang lembut, ketebalannya sedang, adem, makanya jadi tahu ternyata gak semua yang dibilang katun Jepang itu sama.

Lihat Merk Kain

Walau sama-sama ada kata Jepangnya, katun Jepang pilihanku adalah yang bermerk Japan Design. Baru nyadarnya pas foto bagian merk di tepi kain. Kalau toko online yang jual nyantumin Japan Design, alhamdulillah. Berarti ini emang bahan katun Jepang yang bagus insya Allah. Tapi kalo cuma nyantumin kata “katun jepang”, mendingan tanya merk kainnya.

 

katun-jepang-japan-design-gamis-atun-jepang
Sama-sama ada kata Japan-nya
katun-jepang-japan-design-sprei-atun-jepang
Merk katun Jepang yang bagus insya Allah

Lihat Alur Serat Kain

Katun Jepang yang nyaman banget adalah yang kelihatan alur serat kainnya. Sedang yang satunya polos licin aja.

katun-jepang-japan-design-sprei-atun-jepang2
Kelihatan ya, yang warna hijau ada alur serat kain. Alur serat kainnya seperti yang aku gambarin garis merah. Kalau yang bawah polos aja gitu, Kainnya sih kalau dipegang sama-sama halus. Tapi lebih berasa lagi nanti setelah dicuci dan dipakai,

Sprei Katun Jepang

Empat tahun yang lalu, pernah beli sprei ukuran queen yang katanya mirip dengan  katun Jepang. Harganya 250ribuan. Gak semahal sprei katun jepang yang waktu itu aku tahunya seharga 450ribuan. Ternyata setelah aku perhatiin, spreinya juga ada alurnya. Dan emang nyaman banget kalau pakai sprei ini. Gak kerasa kasar atau cepat ngeres/kotor, halus deh.

katun-jepang-japan-design-sprei-atun-jepang3
spreinya paling enak setelah sprei-sprei lain yang makin enak karena udah lama dipakai hehe

Kemarin-kemarin pas mo lahiran kembar sempat beli bahan sprei online. Niatnya buat dikamar pas kembar pulang kan sprei baru. Tapi gak sempet kejahit haha…Merk kain yang aku beli Catra, dan bahannya jgua bagus insya Allah, kelihatan ada alur serat kainnya. Dan accidently, ternyata motif yang aku beli sebenarnya cocok banget buat bayi gitu. Tapi sampai sekarang malah sayang mau dibikin hihi. Insya Allah nanti bikin deh buat lebaran, biar segar suasana.

Terus pas udah lahiran, juga beli bahan sprei online untuk kamar anak-anak bujang. Niatnya sih mo sok Scandian style. Pas baru beli sih kaya halus. Tapi pas udah dipakai ko kaya gampang kotor dan kasar. Apalagi kalau dipakai dikamar para bujang itu. Haduh, tambah parah deh. Sebulan dipakai udah kaya 5 tahun dipakai. Hiks. Jadinya mikir-mikir deh mau beli bahan sprei buat mereka. Mendingan cari yang warnanya gelap dan tebal. Malah kepikiran mau recycle dari bahan kaos/batik yang adem,.

Untuk amannya emang beli  sprei bahan katun Jepang kali yah hehe. Kalau jahit sendiri insya Allah jatohnya tetep lebih murah.

Mukena Katun Jepang

Nah, kemarin pas baru lahiran, aku kepengen punya mukena baru. Sejujurnya, selama nikah gak pernah beli mukena. Soalnya udah dikasih sama mba sama Mama. Pas juga ada salah satu mukena yang udah lama banget dari sebelum nikah ko udah banyak noda bercak. Gak tau kenapa bisa banyak bercak gitu.  Mungkin karena dimakan usia.. :D.

Karena abis lahiran itu benar-benar gak bisa kemana-mana dan karena itulah aku mulai jadi belanja online…akhirnya lihat-lihat mukena pun lewat online. Ada yang cocok yang katanya dari katun Jepang. Pas diterima, ternyata emang bahannya enak banget. Aku perhatiin lagi, ada alur seratnya juga. Pas aku lagi cari bahan katun Jepang online, ternyata bahan yang dipakai untuk mukena itu dijual. Merknya apa coba?

Yep…Japan Design,

katun-jepang-japan-design-mukena-atun-jepang
lembut, adem, ketebalannya sedang.

Kalo dari lihat-lihat deskripsi di toko online si, biasanya juga dibilang keluaran Tokai Senko.
Jadi cluenya merk Japan Design dan keluaran Tokai Senko hehe.

Ok teman-teman. Happy hunting yah,

Yang belum bisa jahit. Belajar yuk. Insya Allah mudah ko. Bisa jahit benda-benda sederhana. Aktifitas ini bisa jadi alat refreshing yang bermanfaat. Bagusnya lagi, kita bisa ngerjainnya di dalam rumah. Baitii..Jannatii.. ^^.

 

cizkah
Jogja, 13 Mei 2017/Sya’ban 1438

Leave a Reply