Tips dan Review Handphone Android (Samsung Young)

Review HP Android (Samsung Young)

Reviewnya pada dasarnya adalah tentang hp Samsung Young yang aku punya. Tapi insyaAllah tips-tipsnya bisa berlaku umum secara untuk hp  android (semacam nexian, nexus, samsung, dll).

Kenapa HP Samsung Galaxy Young? Padahal secara bentuk lebih kecil dan secara kamera juga malah turun di bawah Samsung Galaxy Mini yang 3Mp itu? Ttentu aja pertimbangan paling kuat juga karena harganya lebih murah hehe, tapi yang ditanyakan alasan selain harga.

Jawabnya: Karena OS dan processornya. OSnya yang terbaru (versi 2.3.5 si…) dan processornya juga lebih tinggi. Harapannya kalo processor lebih tinggi kan kerja hpnya jadi lebih cepat (gak lambat).

Untuk review/penjelasan teknis lihat di wiki aja ya. Bisa dibandingin sama Samsung lainnya di bagian paling bawah ada tab tulisannya Samsung phone by series. Soalnya aku kan bukan orang yang melek gadget banget hehe…Penjelasan di atas (lebih baik Samsung Young) atas rekomendasi dari mba yang jaga di toko Trinity tempat aku beli handphone kemarin dan juga tentu saja atas masukan abang kalo yang seperti itu lebih baik insyaAllah. Tambahan, kalo counter yang ramah dan paling murah di Ambarukmo Plaza di counter Lucky, di bawah eskalator, sebrangan sama toko seprai dan bantal.

Nah, review pas dipakenya ini nih kan ya yang biasanya lebih “manusiawi” dan ditunggu *halah*.

Review secara teknisnya:

  • Kamera “cuma” 2 Mp. Sama kaya hp sony kemarin. InsyaAllah ini sudah cukup. Bisa dilihat di flickrku di foto-foto yang terakhir itu pake Samsung Y dan ada yang aku kasih filter pake aplikasi Pixlr.
  • Memory internal lupa berapa. Yang jelas aku beli memory tambahan 4 G. Tapi itupun udah tinggal 1, 4 G. Soalnya udah download banyak aplikasi buat belajar dan bermainnya Thoriq dan Ziyad. Jadi, saran aku, mending sekalian beli memory card yang gede sekalian ya.
Itu aja ya review teknisnya. Kalo mo yang lebih bagus lagi ya jelas lebih mahal harganya hehe. Biasanya beda diresolusi kamera (ini nentuin kualitas gambar), processor, memory internalnya.

HP Android untuk Bisnis?

Kalo ada yang tanya untuk bisnis, tapi aku bingung ini untuk bisnis ukurannya apa. Kalo mau BBM-an jelas di blackberry. Tapi sudah banyak layanan serupa dengan menggunakan aplikasi yang bisa di download gratis atau berbayar (sayangnya kalo berbayar, walaupun murah tapi mesti punya credit card. Biasanya harganya $0.99 alias gak sampe 1 dollar). Lagi pula, kalo sudah pake hp android, kita bisa menggunakan YM, GTalk, Skype, Whatsapp. Layaknya pake koneksi internet di laptop, bedanya ini di hp.

Masih bingung soal Android ini?

Android itu operating system yang dibikin sama Google.
Apa sih operating system. Kalo kita udah familiar dengan windows yang dibikin sama Bill Gates…nah, windows itu juga operating system. Begitupula iOS itu operating system yang dibikin sama Apple.

Bedanya apa?

Beda di marketplace aplikasi di dalamnya ya. Pioneernya tak lain dan tak bukan adalah Steve Jobs dengan berbagai produk Applenya. Di Apple marketplacenya di iTunes. Berbagai aplikasi didownload di situ. Dan banyak yang keren-keren. Sayang harga iDevice (iPhone, iPod, iPad)  mahal bener – walaupun harga hp android juga banyak yang semahal iPhone-.
Nah, google itu ngegratisin OS Android  yang dibikinnya tentu ada maksud2 kan ya. Nah…terbukti sekarang, banyak orang mulai merasakan nikmatnya memakai hp android dan banyak pengembang yang membuat aplikasi untuk android. Bahkan banyak aplikasi yang ada di iPhone juga sudah ada di Android. Pokoknya keren. Makanya recomendded banget mendingan pake HP Android karena udah gak kalah canggih dan menarik dengan produknya Apple dan tentu saja dengan harga yang terjangkau.
Kalo HP Nokia? Nah…sayangnya hp Nokia bukan termasuk hp yang berplatform android. Mereka punya markteplace sendiri namanya Ovi. Tapi itu sepi bow.Yang terbaru malah, Nokia pake OS windows.
Bagaimana dengan Blackberry. Begitupula dengan blackberry. Dia gak pake OS Android. Tapii….kabar terbaru kan Blackberry mulai terpuruk dan ditinggalkan ya, karena minim aplikasi dsb.  Kabar burung atau kabar bener, katanya (sekali lagi katanya lho, belum cek bener enggaknya), blackberry tu mo diambil alih sama Samsung. Wallahu a’lam tapi :D

Dari tadi ngomongin aplikasi. Apaan sih aplikasi?

Intinya, aplikasi ya program. Kaya di PC atau laptop kan ada software atau game yang bisa diinstall. Nah, semacam itu. Tapi ini kita bisa dapetin gratis atau berbayar. Dan banyaaaak sekali pilihannya. Ada yang suka buat pendidikan, silakan cari aplikasi pendidikan. Ada yang sukanya bidang kesehatan…banyak juga tuh. Ada yang bentuknya game dsb. InsyaAllah nanti ada review sendiri ya.
Ok…kayanya udah kepanjangan..berarti insyaAllah bersambung.  Kalo ada senggang insyaAllah diterusin. Trus abis itu baru review bberapa aplikasi yang patut didownload.Sambunganny Insyaa Allah berkaitan sama dalem-dalemnya hp android.

 

5 Comment

  1. Bintang Jatuh says:

    mbak, maksudnya foto2 terakhir itu foto yg mana? udah an alihat, tapi kaya’nya kan campur ma foto2 yg lama ya

  2. Bintang Jatuh says:

    oiya mbak. afwan sedikit merepotkan. Bisa tolong dilihatin di nota pembelian.. toko t4 mbak beli HP samsung itu.. punya toko online ga ya??

    soalnya kondisi badan ana sepertinya tidak memungkinkan utk sering keluar. Mungkin ke yogya klo pas jadwal periksa aja.

    jazaakillahu khoiron

  3. cizkah says:

    fatim komentar jadi inget blum nyebut2 tentang mp3 playernya…insyaAllah diupdate di postingan yang review kedua

  4. ummuahmad says:

    siska bikin aja aplikasi yg edukatif kyk yg doa2 itu, ditambahin lg maksudnya. suamiku kmrn nyoba2 bikin aplikasi mufrodat buat android (buat tugas kuliah), tp hasilnya ya pas2an bgt, nyrepek jd seadanya, asal tugas kelar. tp tertarik tuh buat ngembangin. yg pada sempet ini coba pd bikin, nanti kami donlot ajah….

  5. […] mo nyambung sedikit postingan kemarin tentang hp android. Pengen ngomong, “Bener kan kata aku…”  Soalnya nulis artikel kemarin […]

Leave a Reply