Buku Pendidikan Islam: Tumbuh di Bawah Naungan Ilahi

tumbuh-di-bawah-naungan-ilahi review buku pendidikan islam

Judul: Tumbuh di Bawah Naungan Ilahi
Judul Asli: آطفال المسلمين كيف ربّاهم النبي الأمين صل الله عليه ص سلم
Penulis: Syaikh Jamal Abdul Rahman
Penerjemah: Ghazali Mukri
Penerbit: Media Hidayah
Cetakan: Pertama, November 2002
Ukuran buku: 14 cm x 21 cm
Isi buku: 343 halaman

Kesimpulan buku ini: recommended in sya Allah

Yeay…dilihat dari cetakannya, buku lama banget ya hihi. Ini belinya juga sebelum nikah. Juni 2006. Aku memang selalu memberi tanda tangan, nama, sama tanggal beli di buku-buku yang aku punya. Mudah-mudahan sekarang masih ada cetakan terbarunya.

Bukunya lumayan tebal. Tapi ini juga termasuk buku yang in sya Allah terasa mudah dibaca tapi isinya juga bagus.

Penulis membagi buku ini 4 bagian, dan pembagian ini didasarkan pada umur.
Bagian Pertama: Fase Sebelum Lahir Hingga Berusia Tiga Tahun
Bagian Kedua: Fase Anak Berusia 4 Hingga 10 Tahun
Bagian Tiga: Fase Anak Berusia 10 Hingga 14 Tahun
Bagian Empat: Fase Anak Berusia 15 Hingga 18 Tahun

Setiap bagian terbagi lagi menjadi poin-poin. Setiap poin ini terdiri dari satu poin hadits utama dengan penjelasan tak lebih dari 2 halaman. Makanya jadi terasa ringan, asyik dan bikin ketagihan. Karena kita jadi tahu bagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersikap kepada anak-anak.

Membaca buku ini dulu dan sekarang terasa sekali bedanya. Bersyukur banget bisa mengulang lagi membaca saat ini. Aku jadi bisa intropeksi dengan berbagai sikap yang mestinya aku terapkan ke Ziyad maupun Thoriq – karena mereka yang sekarang ini telah ada dalam asuhanku.

Contoh bahasan dalam buku ini adalah Mengajarkan Anak Bahasa Musuh.

Masya Allah, ternyata Zaid bin Tsabit belajar bahasa Suryani hanya dalam waktu 17 hari. Terus ada reminder tentang marah, pukulan untuk anak, batasannya. Dari keseluruhan buku ini, bisa dipahami balancing antara sikap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang benar-benar pertengahan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam akan membiarkan suatu perbuatan yang itu memang bawaan anak-anak selama itu bukan perkara diniyah. Mungkin sebagian besar orang telah tahu bagaimana Anas radhiallahu ‘anhu menceritakan bagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam gak pernah marah, mukul dia selama dia (Anas) melayani Rasulullah. Jadi gak usah terlalu strict ke anak.  Tapi kalau itu berkaitan dengan diniyah, misal makan dengan tangan kanan, bersikap amanah (tidak mencuri), maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam akan bertindak tegas.

Kesimpulannya, buku ini recommended in sya Allah.

3 Comment

  1. […] pendidikan Islam ini secara susunannya mirip dengan buku yang aku review sebelumnya. Bedanya, penulisnya kali ini orang Indonesia. Pembagian babnya bukan […]

  2. kerja says:

    terimakasih reviewnya, pengen beli bukunya

  3. aprin says:

    ane butuh banget bukunya itu
    di toko buku udah gak tersedia

Leave a Reply