Ziyad dan Surat Al-Falaq

Ceritanya…waktu Ziyad aku keluarin dari childcare, hafalan Ziyad masuk ke surat Al-Falaq. Tepatnya lupa sih, awal Februari atau akhir Januari, dan diminggu ke berapa. Soalnya biasanya, untuk masuk hafalan baru, prosesnya bertahap, hafalan sebelumnya dalam masa pemantapan.

Nah…seperti surat-surat sebelumnya, waktu menghafal surat Al-Falaq ini, untuk menghafal ayat kedua atau ketiga, maka dia mesti udah bisa ayat sebelumnya. Dalam arti lancar. Kadang-kadang kalo ada salah dikit kaya misal di surat Al-Lahab, sayashlaa naa ron…itu aja dia baru bener bulan Juli ini (alias udah hampir setengah taun lebih…sebelumnya kalo gak sayashnaa naa ron…atau kelibet2 dikit…tapi dia tau yg bener tuh gimana) ya dilanjut.

Herannya, setelah lima ayat terlewati…pas proses pemantapan, dia bukannya tambah mantap hafalannya, tapi malah kacau. Ayat ketiga ketuker dengan ayat kelima, nanti udah bener ayat ketiganya, ternyata ayat keempatnya langsung ayat kelimat…Aduh sampai bingung benerinnya.

Akhirnya setelah sekitar satu bulan (bulan Maret)…aku coba ulang lagi proses hafalannya dari awal. Yep yep. Da-ri-a-wal. Ayat satu hafal…ayat 2 hafal. Diulang ayat 1 dan 2…bener…baru ayat 3…hafal…diulang lagi ayat 1 2 3….hafal…terus ke ayat 4. Dst…Dan ternyata tetep ketuker-tuker sodara-sodarah, malah dia ngerasa udah cukup 3 ayat -_-‘ (abis min syarri maa kholaq langsung wa min syarri haasidin idza hasad). Udah berbagai macam cara deh biar dia inget. Sampe aku bikinin tulisan perayat dengan beda warna. Biar dia pas baca sambil aku tunjukin tiap warna. Pake jari-jari juga, ini lho…qul a’udzu birobbil falaq, satu jari…dst.

Akhirnya mikir…ya udah deh, daripada desperate dan stress (umminya sama anaknya)…aku pikir ganti ngafal surat lain deh. Usia Ziyad pas bulan Maret kemaren itu 3 th 8 bulan. Kali ini aku lebih hati-hati milih surat. Waktu itu entah kenapa aku kok milih surat Al-Quroisy ya. Padahal lumayan “panjang” suratnya. E tapi dia sukses menghafal dan lancar lho.Sambil itu surat Al-Falaqnya tetep dimurojaah, dan tetepp masih ketuker-tuker.

Surat selanjutnya jatuh pada surat Al-Fiil. Asyiknya, alhamdulillah bi idznillah, ketemu satu cara yang dianggap menarik oleh Ziyad. Pake cerita! Seru banget deh pas surat al-fiil itu aku ceritain tentang tentara Abrohah yang mau nyerang Ka’bah. terus kebetulan kita juga baru-baru beli buku kisah Nabi (nanti deh insyaAllah dikasi tau bukunya).

Sebagaimana kita tahu, tahapan anak saat ini masih operasional konkret…Ziyad kaya masih diawang-awang gitu aku ceritain tentang tentara Abrohah dan gajah-gajahnya. Terus aku gambarin secara kasar di kertas…ini ada tentara pake gajah…ini Ka’bah…dst…Wih..jadi semangat dia. Abis surat Al-Fiil terus surat An-Nashr…abis itu surat Al-Ma’uun. Dan sekarang lagi surat Al-Qaari’ah – belum selesai -.

Dan…Ziyad belum juga hafal surat Al-Falaq…

Hehe…Padahal Abang udah sampe ngiming-ngimingi panah gedhe (ceritanya Ziyad lagi terinspirasi sama kegagahannya Thoriq bin Ziyad). Itu udah bulan kapan ngiming-ngiminginya. Tapi tetepp blom bisa juga.

Sabar ya nak…mudah-mudahan ummi juga bisa sabar. Btw…bulan ini (Juli), ceritanya aku dapet “bonus”, karena Ziyad mulai hafal ayat Kursi tan-pa diajarin. Masya Allah. Maksudnya gak ditalqinin biar dia ngafal. Dia nginget karena umm wa ab-nya sering baca itu kalo Thoriq lagi nangis kejer (mudah2an gak kena’ain)…soalnya Thoriq biasanya jadi diem. Hihi..terus pas mau tidur kan akunya juga sengaja baca dikerasin. “Biar gak diganggu setan”, kataku. Terus dia juga nangkep kata “kursi” itu lho.

“Kursi siapa, Mi?”

“Kursi Allah sayang…”

Walau masih ketinggalan-ketinggalan ayat tertentu…tapi masya Allah seneng deh dengernya…

Terus ada apa ya antara Ziyad dan surat Al-Falaq? Hehe…wallahu a’lam. Memang belum diberi kemudahan untuk hafal surat itu.

5 Comment

  1. ummu salma anaviati says:

    assalaamu’alaikum…msh ingatkah dgnku?..sama persis kayak anakku salma(3thn 3bln),baca al falaq srg ketuker tuker smp skrg…smg Allah brkan kemudahan dan kesabaran untuk kt..baarakallaahu fiikum

  2. cizkah says:

    wa’alaikumussalam warahmatullah….iih…inget banget sama ana (ana manggilnya ana aja ya hihi…secara ternyata kita seumur apa mala lebi tua ana ya).
    sekarang tinggal dimana na?? bukannya kemaren ada facebooknya ya…

  3. ummu salma anaviati says:

    tinggal di bogor…iya dulu pnh nyapa siska d fb..kayaknya tuaan anti dweh..he.he

  4. cizkah says:

    ana..minta nomor hpnya yaa..ini ngaksesnya dari hp ya…imelnya beneran ituya..ana imelin ya insyaAllah

    btw…keren euy masya Allah udah diajarin sampe situ ya…ziyad umur 3th 3bln baru mule ngafal ^^

  5. ummuahmad says:

    @ ana n cizkah
    ini jd bingung deh, ana ngomong sama ana…
    tenaang…tenaang… ga cuma salma n ziyad kok, ahmad jg kelibet2 ngapal al falaq. padahal kan pendek, sering dibaca, n sering denger. kayaknya ada misteri antara surat al falaq dg anak2

    @ana:
    ih, smsku ga dibalas, kunaon dek? sibuk nyak? katanya mau ke bandung, kapan? sama mutia tuh… nanti kita jln2 deh. belanja jg boleh… sangu sing wokeh…

Leave a Reply