Pakai Quran Madinah atau Quran Indonesia?

Kita bahas dikit-dikit lanjutan tentang fokus ke Al-Qur’an kemarin yah. Pingin ditulis secara keseluruhan kegiatan homeschooling terbaru kami, ko malah terasa berat. Hafal Ayat dan  Paham Arti Ayat? Ada yang bilang, yang penting hafal dulu aja deh. Nanti biar reflek sendiri. Ada juga yang bilang, tetap harus tau artinya per ayat. Aku gak terlalu menjadikan salah […]

Kegiatan Ziyad Bulan Ramadhan; Libur Belajar Sekolah…Terus Ngapain?

Ziyad (9th) sudah mulai puasa penuh sejak umur 7 tahun alhamdulillah. Berarti ini puasa tahun ke-3 untuk dia. Momen dia belajar full puasa itu kan juga di tahun yang sama pas dia mulai homeschooling tingkat SD. Nah…berdasarkan pengalaman selama 2 tahun kemarin, proses belajar formal di rumah itu berkurang drastis kalo: Pas ada nenek kakek/oma opanya datang atau […]

a Hope

Seperti aku bilang kemarin…Ziyad sudah sampai surat An-Najm alhamdulillah. Dan sudah mulai proses menghafal surat Ath-Thur. Ini berarti Ziyad sudah hampir hafal 4 juz. Prosesnya masih terbilang lambat dengan track record dia menghafal yang sudah cukup lama hehe. Hafalan lainnya masih banyak PR untuk diperkuat. Dari semua yang telah terjadi selama ini, sebenarnya, aku menyimpan […]

Proses Hafalan Qur’an Ziyad Saat Ini

Aku kasih judul pake waktu “saat ini” karena proses hafalan Ziyad itu beda-beda dari waktu ke waktu. Dari caranya…dari waktunya. Semuanya butuh proses. Proses mengenali kemampuan anak. Proses membiasakan anak. Proses mengenali waktu yang tepat (untuk anak dan akunya hehe). Mendapatkan cara yang tepat. Menghafal kan butuh kesabaran. Kesabaran dari yang menghafal…sama yang mengajar. Jangan […]

Belajar Tahsin

Nikmat dari Allah itu… Gak mesti berupa harta kok… Bahagia itu…gak mesti karena habis beli sesuatu… Dapat ilmu itu juga bikin bahagia. Bahagianya sulit digambarkan…prosesnya juga kadang berliku-liku dan bikin takjub, bersyukur…alhamdulillah wa syukru lillah… Ceritanya, seperti aku beberapa kali sebutin, abang (baca: suamikuh) belajar tahsin ke ust Abdurrohim. Prosesnya sering kepotong-potong karena ust Abdurrohim […]

Lomba Al-Qur’an Pertama Ziyad

Pertengahan bulan Oktober yang lalu, aku dapat kabar dari Avie kalau ada lomba hafalan Qur’an juz 29-30 . Acaranya hari Sabtu tanggal 1 November. Masya Allah. Seneeng banget pas dengar kabar itu. Alhamdulillah Ziyad juga pas selesai hafalan juz 29-nya. Di rumah kan memang alhamdulillah lumayan sering nonton tentang lomba-lomba Al-Qur’an atau tes Al-Qur’an ke […]

Juz 30 (Ziyad 6 tahun)

Juz 30 Alhamdulillah Ziyad sudah menyelesaikan hafalan juz 30-nya awal Agustus kemarin. Tepatnya tanggal 5 Agustus (lihat catetan :D). Alhamdulillah pas lagi masa-masa berat kehamilan trimester pertama, tetap bisa jalan proses hafalan Ziyad. Walaupun hampir selalu dengan mata sepet, badan berat, kepala pusing. Selesai nemenin Ziyad hafalan, biasanya aku langsung ke tempat tidur hehe. Ngantuuuk […]

2,5 Tahun ber-Homeschooling

Cuma ingin menuliskan yang dari kemarin berpendar-pendar di kepala. Alhamdulillah, rasanya bahagiaaaa banget bisa menjalankan homeschooling bersama anak-anak. Udah 2,5tahunan ya proses belajar ber-homeschooling ria ini (6 bulanan waktu Ziyad nyicipin sekolah proses belajar di rumah alhamdulillah tetap berjalan terus). Dua setengah tahun itu berarti emang seumuran sama Thoriq, karena mulainya justru pas Thoriq baru […]