Bikin Roti Tawar Sendiri Yuk, Lebih Sehat dan Hemat

Punya anak kembar, kan harus rajin makan. Makannya pun yang ngenyangin dan bergizi. Stoknya mesti bisa ada dan gak terlalu mikir basi atau nganget-ngangetin. Yang kalo tengah malem bisa langsung ambil. Apalagi jawabannya kalo bukan roti. Kalo pas pengen manis, bisa dimakan pake mesis, selai dll. Tapi kalo pas pengen yang asin-asin dibikin jadi burger telor. Tapi […]

Karena Thoriq Suka Masak…

Tadinya, aku pikir, riwayat per-baking-an ku berakhir atau bakal terbengkalai sejak Ziyad homeschooling plus berbarengan dengan lahirnya Luma. Memasak pun lebih banyak beli lauknya setahun terakhir pas abang kuliah. Karena waktu makannya jadi diburu dan harus disesuaikan dengan waktu abang harus berangkat ke ma’had. Warung dekat rumah yang cuma beberapa langkah kaki jadi andalan.

Tips Mengeram Buah Alpukat Agar Matang Merata

Sebagai pecinta alpukat, yang kami tahu sejak dulu sekedar mengeram alpukat dengan memendamnya di beras. Alasan dibalik ini pun baru kami tahu belakangan. Buah alpukat mengeluarkan gas etilen. Jika diperam diberas, maka gas etilen ini akan terperangkap dan alpukat pun semakin “terbungkus” dengan gas etilen tadi. Hasilnya, alpukat bisa cepat lebih matang. Namun, yang sering terjadi, matang bukan berarti hasil pematangannya […]

Tips Penyimpanan Minyak Goreng untuk Pakai Ulang

Waktu saya foto-foto untuk postingan kali ini, suami sibuk tertawa. Kenapa juga minyak goreng difoto hehe. Tapi begitulah. Bagi saya, “penemuan” ide penyimpanan ini sungguh berharga dan mungkin bisa bermanfaat untuk yang lain. Saya sendiri begitu bahagia karena akhirnya menemukan cara paling enak – saat ini – untuk menyimpan minyak goreng yang baru sekali digunakan. […]

Satu Resep Sambal untuk Segala Masakan (Khas Jambi)

Resep yang saya dapatkan dari mertua rata-rata resep masakan yang mudah dalam proses pembuatannya. Bisa dikatakan, saya hampir selalu puas dengan hasilnya in sya Allah. Karena jika masakan sambal tidak tepat dalam penggunaan bawang putih, hasilnya setelah makan menimbulkan rasa enek. In sya Allah tidak dengan yang satu ini. Karena resep ini tidak menggunakan bawang […]

Sederhana Saja: Steak (Steakan) Daging Lada Hitam

Sederhana saja. Niatnya mo dibikin pakai bumbu steak. Tapi ya jadinya steak-stekan. Gak mungkin kan pesan nanti pengen dapat daging kurban yang bagian sirloin :D. Plus ini campur daging sapi dan kambing. Alhamdulillah tahun ini kambingnya benar-benar gak ada bau kambing SAMA SEKALI! Masya Allah. Biasanya abang minta digoreng. Dengan bumbu standar pakai asam dan […]

Resep Gulai Kepala Tenggiri

Ya ini dia resep gulai kepala tenggiri-nyah. Yang belum tau, kemaren itu aku pengeeeennn banget gulai kepala tenggiri kaya yg biasa aku makan waktu kecil. Tau gak seni dan enaknya makan kepala tenggiri, tulangnya itu kan ada lemak-lemaknya, dagingnya nyelip2 di setiap tulang di kepalanya. Pokoknya enak bangeth! Kmaren alhamdulillah ternyata ada di superindo (tapi […]

Kue Boyo (Buaya)

Mumpung… Mumpung abang lagi pergi sama ziyad, laptopnya gak dipakai dan gambar (foto) kue boyo yg pernah aku buat ada di laptop ini dan kertas resepnya yang dah lecek bin kumel padahal aku mesti kalo bikin masih nyontek kertas itu…ya…mari kita tulis di sini aja buat catatan. Siapa tahu ada yang mo praktek ^^. Kue […]