IXL dan Anak-Anak

Dulu, setelah nyoba sebulan IXL utk Thoriq, sempat ga lanjut lagi langganannya selama beberapa bulan. Pas akhirnya mutusin langganan lagi, alhamdulillah kami memutuskan untuk berlangganan setahun sekalian untuk dua anak: Ziyad dan Thoriq. Bayar untuk 2 anak jatuhnya per anak sekitar 700ribuan/tahun. Mulai berlangganan awal Juli 2017. Alhamdulillah ga nyesel dan InsyaAllah bakal langganan lagi. Pengeluaran “besar” […]

Pakai Quran Madinah atau Quran Indonesia?

Kita bahas dikit-dikit lanjutan tentang fokus ke Al-Qur’an kemarin yah. Pingin ditulis secara keseluruhan kegiatan homeschooling terbaru kami, ko malah terasa berat. Hafal Ayat dan  Paham Arti Ayat? Ada yang bilang, yang penting hafal dulu aja deh. Nanti biar reflek sendiri. Ada juga yang bilang, tetap harus tau artinya per ayat. Aku gak terlalu menjadikan salah […]

Cara Memilih Buku Pelajaran untuk Homeschooling

Alhamdulillah, memasuki tahun ke-4 kegiatan homeschooling tingkat SD untuk Ziyad. Seperti pada umumnya sesuatu, makin lama kita ngerjain sesuatu, insya Allah makin tahu mana yang baik mana yang paling enak, mana yang praktis dll. Nah, untuk buku pelajaran, kali ini pun aku milihnya lebih terarah. Gak kaya tahun-tahun sebelumnya yang agak tebak-tebak mana buku yang […]

Kegiatan Ziyad Bulan Ramadhan; Libur Belajar Sekolah…Terus Ngapain?

Ziyad (9th) sudah mulai puasa penuh sejak umur 7 tahun alhamdulillah. Berarti ini puasa tahun ke-3 untuk dia. Momen dia belajar full puasa itu kan juga di tahun yang sama pas dia mulai homeschooling tingkat SD. Nah…berdasarkan pengalaman selama 2 tahun kemarin, proses belajar formal di rumah itu berkurang drastis kalo: Pas ada nenek kakek/oma opanya datang atau […]

Still Continue Our Journey…Homeschooling

Sebenarnya, kalau ada yang belum mencoba melakukan kegiatan homeschooling terus nanya pertanyaan seperti, “Nanti kuliahnya gimana?” “Pakai ijazahnya bisa kepake untuk daftar kuliah?”…. Itu jawabannya mudah banget. Coba dulu homeschooling SD-nya heheh. Tapi ya wajar juga sih pertanyaan itu muncul. Berarti memang sempurna gak tahu menahu tentang homeschooling. Karena homeschooling kan gak mesti terus menerus […]

DIY: Membuat Counting Beads, Based on Montessori Method

Alhamdulillah, akhirnya terwujud juga bikin bead bars (manik bersusun) model montessori ini. Walaupun masih terbatas 2 warna hihi. Soalnya pas beli beadsnya belum kepikiran banget buat ngewujudin ini. Padahal pinginnya udah dari zaman Ziyad masih preschool. Lama amat ketundanya haha. Soalnya kalo pas ke toko 96 nyari ko gak ada yang pas. Mau beli beads yang dalam […]

Penjumlahan Dasar (Gasing): Kuatkan Fondasi!

Sebelum Ziyad belajar lagi penjumlahan dasar, kami sudah sampai di materi satuan waktu. Waw banget rasanya waktu itu. Gimana dia harus praktek perkalian dan pembagian dibolakbalik. Sementara, penjumlahan dan pengurangan dia masih pakai jari :D. Alhamdulillah, Allah beri petunjuk untuk mulai lagi belajar dari dasar. Sama sekali ga ada ruginya. Langkah 1 BELAJAR ANGKA 1-5 […]