Mini Habits; Kebiasaan Kecil yang Bermanfaat

Pagi ini, dapat secercah inspirasi dari akun yang aku ikuti Dulu ngikutin dia karena beliau ahli typography. Sempat request ke Abang untuk ikut kursus onlinenya. Oh ya, tentu saja aku serius atas berbagai keterampilan yang aku perlukan untuk pekerjaanku. Dan I do love what i do insya Allah.

Waktu itu sih belum di approve. Tapi pagi ini, malah didukung untuk ikut. Tapi kayanya kalau melihat dari profilenya, belum tentu dia masih buka kursus deh hehe. Fokusnya dia ternyata sekarang lebih ke “menulis”. Waw.

Apakah inspirasi itu.

274 words a day.

mini habits kebiasaan kecil yang bermanfaat
nama akunnya @seanwes

Kemarin-kemarin aku gak terlalu merhatiin setiap dia posting sesuatu. Aku pikir itu tentang typography atau hal-hal terkait itu. Ternyata pas aku perhatiin lagi, waah..bagus-bagus. Dan kebanyakan tentang menulis, ngide, produktif. Pokoknya sesuatu yang berkaitan banget sama dunia aku.

Nah, biar langsung praktek, makanya aku nulis ini.
Sebenarnya yang dia share itu, udah banyak prakteknya dan kenyataannya yang aku sadari. Tapi pas baca tulisannya dia tuh jadi lebih, “EH IYA YA. AAAA….SEMANGAATT.”

Contohnya tentang “Jangan menunggu sampai kamu mendapatkan apa yang akan kamu tulis. Nulis aja udah. Nanti bakal ketemu deh yang ingin kamu tulis.” Kira-kira terjemahannya gini deh dari salah satu yang dia tulis. Kenyataannya ketika aku menulis ini, memang terus langsung bermunculan pikiran dan ide-ide lain yang berkaitan ini.

Dan seperti biasa, aku mencoba menilai dan mengaitkan hal-hal yang bermanfaat gini dengan syari’at Islam. Kita muslim. Jadi jangan terpana banget sama sesuatu terus langsung ujug-ujug ngikutin mentah-mentah.

Kebiasaan kecil (bukan cuma menulis) itu sebenarnya ya udah jauh-jauh hari diajarin sama syari’at. Cuma prakteknya yang juga tetap aja ko ada aja alasan untuk gak dilakuin. Ya kalau semua orang “sadar”, mungkin jadi mudah banget ya masuk surga.

Maksud aku ya kaya ibadah baca Qur’an. Masak gak sempat seharian baca Qur’an.
Sholat Dhuha, padahal punya waktu sekitar 4jaman untuk melakukan sholat yang cuma 5 menitan itu.
Sholat witir, padahal punya malam yang panjang. Kalau takut ketiduran, kan bisa sebelum tidur. Kan bisa cuma 1 roka’at.
Daaan hal-hal semacam itu.

Ya itu sedikit hal yang aku kaitin sama mini habit tentang menulis ini. Intinya sih gak usah muluk-muluk langsung pengen dapat banyak. Gitu semua sih sebenarnya prinsipnya dalam hidup.

Olahraga mau sehat juga gitu. Mulai aja dulu misal jalan 10 menit bolak-balik dalam rumah.

Makan yang sehat-sehat juga gitu. Mulainya dari yang sederhana aja dulu, dikit dulu. Nanti kalau udah jadi kebiasaan jadi mudah insya Allah. Aku belum cerita kan kalau kami tuh udah ngurangin nasi putih dari bulan Februari kemarin. Anak-anak juga diajak ngurangin nasi. Dari yang tadinya 6 canting setiap hari, sekarang konsumsi nasi kita cuma 3 canting. Yang satu canting nasi merah. Nanti ada yang dicampur sama nasih putih untuk anak-anak. Kalau aku sama bang Hen full nasi merah. Insya Allah bikin postingan khusus tentang inij.

Dan ada kutipan lain lagi yang juga berkaitan sama ini.

komitmen

Ini…sesuai banget yang ada di otak aku, tentang proses belajar menghafal Qur’an untuk anak-anak. Biar gak salah sangka. Bahwa yang penting dalam proses belajar untuk anak-anak menghafal Qur’an itu, adalah KOMITMEN dalam proses menghafalnya. Insya Allah tujuannya semua orang juga punya kan.

Dan dari motivasi 274 words a day, ternyata kali ini aku sudah menulis > 500 kata.

Alhamdulillah semoga bermanfaat.

 

cizkah
25 Agustus 2018

2 Replies to “Mini Habits; Kebiasaan Kecil yang Bermanfaat”

  1. Masyaallah. Baarakallaahu fiikum Mb.

  2. […] itu 274 words yang kemarin hahaha. Pas aku “curhat” ternyata gak semudah yang dibilangin si Sean Wes, Abang […]

Leave a Reply