• Parenting
  • Busa

    Percakapan lain dengan Thoriq yang menyadarkan aku tentang kata yang sama secara huruf dan fonetiknya tapi bedaaa banget artinya. Hayo apa istilah bahasa Indonesianya. Homofon, homograf atauu…? Weekend kemarin aku sempat beli busa tipis berwarna putih. Niatnya sih untuk dalaman tas yang pingin aku jahit. Terus Thoriq pegang-pegang busa itu sambil tanya, “Ini apa Mi?” […]

  • Parenting
  • Ziyad 6 tahun 3 bulan/6 tahun 5 bulan – Mulai Mandiri In sya Alllah

    Gak yakin bener ngitung umur Ziyad kalo secara hijriah :D. Hafalan Alhamdulillah Ziyad masih ngulang juz 30nya aja sama surat al-mursalat. Belum nambah-nambah dari kemarin. Masih suka lupa dan ketuker-tuker ayat-ayat yang dia hafal. Sholat Karena sudah umur 6 tahun, Ziyad pelan-pelan kadang aku minta sholat di masjid. Aku juga minta abang untuk mulai sering […]

  • Parenting
  • Thoriq 2,5 Tahun + Ziyad

    Video Thoriq Baca Hijaiyah Ini agak kurang rajin kemarin-kemarin ngasih lihat flashcardnya. Alhamdulillah akhir-akhir ini bisa mulai rajin tiap hari. Kelemahannya mungkin karena lafal yang keluar belum sesuai walaupun mungkin maksudnya ya udah bener :D. Misalnya huruf Ka dia bilangnya Ca…Sya juga keluarnya Ca :D.

  • Islam
  • Adzan

    Malam ini, kami keluar makan nasi goreng dan bakmi godok di sebuah warung di jalan Kaliurang. Sebelumnya kami ke toko buku Toga Mas untuk mencari beberapa buku yang sedang ingin kubaca. Sepertinya Ziyad dan Thoriq sudah cukup kenyang. Saat di toko buku, merkea sempat makan jagung masing-masng satu gelas. Saat menunggu kami menghabiskan makanan, Thoriq […]

  • Islam
  • Mau Hidup Terus

    Ziyad masih berumur 4,5 tahun saat mulai berkenalan dengan kematian. Kematian dari sosok yang dekat dengan dirinya. Kucing betina belang tiga, Telon namanya. Kucing yang selalu kami beri makan jika kami punya sisa-sisa makanan yang bisa diberikan. Namun dengan sebab itu pula, entah kenapa secara otomatis kucing itu menjadi milik kami. Waktu itu sepertinya Telon […]

  • Parenting
  • Thoriq 1 Tahun 10 Bulan

    Mau nulis perkembangan Thoriq kok gak jadi-jadi terus yah. Padahal rencana nulisnya pas dari kapan. Tahu-tahu dah mo umur 2 tahun insyaAllah. Ada juga yang sudah ditulis di kertas, tapi diniatin sekalian ini ah, sekalian itu ah. Malah gak jadi-jadi. Pelajaran pentingnya memang, JANGAN MENUNDA-NUNDA. Karena mungkin udah terlalu jauh kalau menulis perkembangan dia beberapa […]

  • Perkembangan Anak
  • Ziyad Syaikhan – 4 tahun 10 bulan –

    Ckckck…udah lama banget gak ngisi blog. Apa daya, apa daya…^^ Langsung aja ah..udah lama gak nyatet perkembangan Ziyad…Banyak yang kelewat ataupun sulit tercatat secara detail. Berbagai kejadian setelah Thoriq lahir, proses belajar di rumah, dan lain-lainnya. Kalo lihat Ziyad sekarang, aku dan abang sering banget bilang, “Masya Allah…anak ummi udah gede sekarang, barokallahu fiik.” Aku […]

  • Kegiatan Anak
  • Tukang Coret Kedua

    Baiklah…sejak hari ini, resmi ada tukang coret kedua dalam rumah ini, yaitu bernama Thoriq Ibrohiimm…><‘ Itu tadinya nyoret di ubin…hadeuh…”Ini sayang…di kertas ya…” Malamnya dia asyik lagi corat-coret tanpa sepengetahuan aku…soalnya akunya lagi sibuk bikin bolu ketan item lhooo (request si abang tercintah). Eh enak banget ternyata yaa masyaAllah…cuma ada pelajaran yang didapat nih..tapi di […]

  • Perkembangan Anak
  • Thoriq lagi (11 Bulan)

    Perkembangan Thoriq ada yang kelupaan kecatet kemarin…plus ada yang udah nambah juga. Koordinasi tangan-mata: Bisa membolak-balikkan kertas buku. Ini dia suka banget, apalagi buku yang judulnya “Baba Gorila” (buku tentang pengurangan tapi dalam bentuk cerita gitu). Nah kalo lagi bongkar-bongkar rak buku-buku Ziyad, yang biasa ditarik duluan itu biasanya buku “Super…”.(gak usah disebut judul lengkapnya […]

  • Perkembangan Anak
  • Kecerdasan Thoriq Masya Allah (11 Bulan)

    Di video ini, Thoriq sedang bermain pesawat dengan mengeluarkan suara “Ngeenng…ngeenngg…” Yang pinternya lagi masyaAllah, dia selalu cari posisi yang benar supaya roda pesawat/mobil di bawah. Hehe…aku gak tau deh ini termasuk perkembangan pesat atau bukan…soalnya dulu seingat aku, Ziyad gak kaya gini (deuu…emang beda kali ya tiap anak). Thoriq termasuk anak yang bisa main […]

  • Cuap-Cuap
  • Mainan Mahal

    Salah satu perkembangan bayi, adalah dapat meraih benda yang ada di depannya (kordinasi tangan-mata) dan biasanya dimasukkan ke mulutnya. Entah kenapa, Thoriq suka sekali dengan handphone aku atau barang-barang elektronik dan barang kotor lainnya (contohnya mouse). Dari akhir Agustus, hpku sony ericsson, resmi gak bisa dibuat telpon, karena suara aku gak kedengaran oleh penelpon. Tadinya […]

  • Perkembangan Anak
  • Thoriq Ibrohim 4 Bulan

    Buat yang ga terlalu suka dengan pencatatan milestone anak, yah di skip aja kalo gitu. Ini emang buat catatan aku sendiri dan tidak ada maksud untuk membandingkan dengan anak lain atau sebaliknya. Cuma sebagai catatan, oh, secara umum insya Allah perkembangannya sudah bagus. Gitu lowh. Sebenernya udah terbatas banget waktunya buat nyatet beginian, tapi dibawa […]

  • Perkembangan Anak
  • Bujang Satuku – Dua Tahun Dua Bulan (bag 2)

    Hehehe…banyak yg ketinggalan di catatan kemarin…’ala kullia haall…kalo direnung-renungin, semua proses mengajarkan -bayi- yg tadinya tidak bisa apa-apa emang butuh proses yg panjang dan butuh perjuangan tersendiri. – toilet training – Ziyad akhirnya bisa menyampaikan dia mau pipis sendiri membutuhkan waktu 5 bulanan. – penyapihan – Ziyad lepas ASI stlh 4 bulan penuh. – gosok […]

  • Parenting
  • Ziyad 1 Tahun 7 Bulan

    Dah 1 setengah tahun ya Ziyad Syaikhan alhamdulillah. Bulan ini insya Allah 1 tahun 7 bulan. Alhamdulillah proses toilet trainningnya dah mulai santai. Hehehe, hampir gak pernah kebobolan lagi (ngompol). Malam tapi masih aku pakaikan panpers. Kemarin sempat mau coba gak dipakaikan, tapi aku tunda dulu. Siapin mental dan fisik (lagi). Masih gak tega juga […]