Resep Sirup atau Air Gula

Dari awal mau catat resep “sirup” ini. Tapi masih ada beberapa keraguan. Karena bikin ini hanya pada saat bulan Ramadhan, jadi agak-agak masih kurang yakin, apakah benar ini yang kemarin aku jalankan. Karena sebenarnya ada hal-hal yang sudah diujicoba waktu awal-awal membuat sirup ini.Sampai akhirnya menemukan kesimpulan akhir.

Tapi gak pernah dicatat…

air gula campur pasta coco pandan
Ini dicampur pasta cocopandan dan pewarna merah.

Begitulah…Kalau sesuatu udah riset-riset tapi gak dicatat, lama gak praktekkan, tetap lupa. Jadi, aku kemarin nunggu sampai aku menerapkan yang kemungkinan akhir sebenarnya aku praktekkan.

Sebenarnya, sederhananya, sirup homemade ini adalah air gula hehehe. Tapi yang namanya orang gak tau ya. Dulu, aku juga pastiin dan coba-coba dulu dari resep orang-orang di awal.

campuran blewah dan sirup homemade
Yang ini campuran blewah dengan sirup homemade rasa coco pandan.

Air gula atau sirup homemade ini tentu saja intinya adalah percampuran air dan gula. Tapi kemudian, jika perbandingan gula dan airnya hanya sedikit,

misalnya: air gula 1 cup, air 1/2 cup

Perlu tambahan semisal citrun atau air jeruk nipis supaya si gula yang sudah mencair dengan air gak kembali mengeras.

Tapi, seingat aku, tetap ada kemungkinan mengeras lagi gulanya setelah beberapa waktu kalau perbandingan dengan air terlalu sedikit. Apalagi kalau gak digunakannya dengan jangka waktu yang cukup lama. Jadi, aku gak pakai perbandingan ini lagi.

Aku pakai perbandingan 1:1.

Artinya, jika kita pakai 1 cup gula, maka masukkan air juga 1 cup. Boleh dikurangi sedikit jika ingin air gulanya agak kental.

Tapi kan ujung-ujungnya bakal dicampur air minuman yang sedang kita buat ya. Jadi, ini sebenarnya gak masalah. Cuma kita yang tahu tingkat kekentalannya kemudian dicocokan dengan banyaknya minuman yang kita buat.

Untuk rasa, bisa menggunakan pasta frambozen atau cocopandan. Atau bisa juga netral aja. Aku catat dalam bentuk resep rapi ya.

Bahan:

air gula
Panci paling enak yang biasa aku pakai untuk mencairkan gula, bikin campuran isian coklat roti. Walaupun udah gopel gagangnya, tapi bagian utama berfungsi ^^
  • 1 cup gula (anggap ini 250gr ya, biar bisa kasih takaran frambozennya)
  • 1 cup air (timbang dulu besok insyaallah 😋)
  • Daun pandan 1-2 lembar.
  • Pasta frambozen/cocopandan 1/2 sdt atau tanpa pasta.
  • Bisa ditambah pewarna merah jika ingin warna merah lebih kuat 2-4 tetes.
  • Jika ingin menambahkan citrun 1/4 sdt atai jeruk nipis 1 sdt.

Biasanya aku bikin 2-3 cup. Kalau gak ada cup takar kue, bisa pakai gelas apa aja. Satu cup itu udah seperti 1/4 kilo. Jadi, bikin sekali, bisa buat sampai berapa kali sesi. Lebih baik buat secukupnya aja, supaya gak terlalu bersisa banyak ketika Ramadhan dan Syawal telah berlalu. Karena pembuatannya sebenarnya mudah, jadi kalau habis, ya tinggal bikin lagi.

takaran gula

Cara membuat:

  1. Campur gula dan air, panaskan agar gula mencair. Jangan terlalu besar apinya, biar airnya gak menguap duluan dan gulanya malah jadi gosong ^^.
  2. Setelah gula mencair dan agak dingin, bisa diteteskan pasta frambozen atau pasta coco pandan.
    • Tanpa diberi perasa juga gpp. Misalnya, air blewah campur air gula juga udah enak insya Allah.
    • Kalau diberi pasta, setelah mencoba-coba, aku lebih cocok rasa cocopandan. Tapi pada akhirnya, aku lebih suka yang netral aja.
    • Kalau ingin gula cepat dingin, tuang gula yang sudah mencair di baskom yang cukup lebar. Jangan dibiarkan di wadah panci stainless/aluminium ^^.
  3. Simpan di wadah dengan ukuran volume yang lebar, bukan sempit seperti botol sirup.
    • Supaya bisa diambil dengan centong sayur ketika akan dicampurkan ke minuman lainnya. Untuk satu keluarga, aku biasa pakai 4-6 centong sayur ukuran sedang. Kalau minumannya ada kemungkinan dipakaikan susu kental manis, maka dikurangi, supaya gak over sugar.
    • Supaya kalau ada kemungkinan gula mengeras lagi, gulanya mudah dikeluarkan. Tapi kalau pakai perbandingan 1:1 insya Allah ga mengeras kok.
  4. Bisa dicampur ke campuran blewah, cincau, timun suri dll.
air gula di wadah
Centong sayur bisa masuk hehe.

Catatan dari aku:

Saat membuat minuman manis untuk berbuka keluarga, usahkan dengan jumlah pas dan tidak berlebihan. Karena ini minuman manis, maka pada dasarnya memang tidak boleh berlebihan.

es teler
Ini campur kental manis. Jadi kaya es teler banget rasanya kalau udah campur kental manis.

Mau menerapkan hidup sehat tanpa minuman ini memang berat, apalagi juga dalam rangka memberi kebahagiaan dan kesegaran berbuka untuk anak-anak yang masih belajar puasa ^^. Makanya kita terapkan dengan memberi secukupnya.

cizkah
19 April 2022/17 Ramadan 1443

Leave a Reply