Faedah Saat Bersama DR. Arifin Badri

Faedah2 berikut sebenernya cerita yg aku denger dr suami saat beliau menemani ust. Arifin saat jadi pembicara road show pengusaha muslim di Jogja. Aku sebut doktor, krn beliau baru aja lulus S3 dr Madinah, summa cum laude loh. Dan bang Hen bener2 merasakan kecerdasan sang ustadz ktk ngobrol dsb.

E tapi ini aku udah ga fresh lg nginget semua faedahnya, seinget aku aja ya.

Poligami
Ini sih pembicaraan ringan. Entah kenapa bisa sampe ke topik ini. Jadi, ceritanya, beliau heran kalo ada istri yg santai2 aja ketika suaminya mau poligami, bahkan ada yg sampe nyariin dsb. Maka perlu di”curigai” ni jangan2 istrinya yg emang udah capek, ato alasan lainnya aw kamaa qool (atau sebagaimana yg beliau katakan).

Karena istri2 Rasulullah itu, ga ada yg tenang2 atau sampe mencarikan. Rasa cemburu mereka begitu besar. Walo demikian, ketika Rasulullah akhirnya mengambil istri lagi, tentu aja meteka mengizinkan krn itu memang hak beliau.

Komentar aku:
Ya ada benernya juga sih. Tapi aku bilang ke abang, – soalnya aku sendiri jg dpt itu-, mgkn para istri itu berusaha menerima syariat dan ga membencinya. Abang bilang, ya kalo itu intinya beda lagi. Tapi iya juga sih, walopun aku insyaAllah kalo memang Allah menakdirkan Abang poligami, ya GA ngelarang, itu kan hak beliau dan memang ada syariatnya. Dan aku ga pernah bikin persyaratan, besok2 jgn poligami. Dan walopun begitu, bukan berarti aku tenang2 aja. Kalo lagi bahas poligami sambil bercanda, aku mah biasanya tetep nunjukin kecemburuan dan hal2 yg menunjukkan ketika itu terjadi tetep merupakan hal yg berat. Hehe…

Ini salah satu contoh percakapan aku dan abang ttg poligami yg aku inget:

Abang: “Dek, adek sedih ga kalo lagi hamil trus abang sama istri kedua, *cengar-cengir*
Aku: “Ya iya dung.”
Abang: “Kenapa emangnya?”
Aku: “Masa aku lagi mual2, pusing2, terus abang ninggalin terus seneng2 sama istri kedua.”

Hueheee…biasanya kita ngebahas ini sambil diselingi canda. Kadang aku godain, tong kosong… hehe inget kajiannya ust.Armen soalnya (yang bilangin kalo ada suami yang sering banget ngebahas tentang poligami, maka yakin deh kalo itu kemungkinan besar cuap-cuap aja, nah, kalo yang diem-diem aja, mesti waspada juga tuuhh). Lagian kami sama2 tahu bahwa poligami bukan perkara mudah, baik dilihat dr persyaratan secara syariat maupun penerapannya secara real saat berkaitan dg keluarga besar. Dan pembicaraan ini hanya sebatas diskusi dan canda antar aku dan abang.

Catatan satu lagi, ttg istri nyariin istri kedua jg ga saklek mungkin ya, krn Sarah istri nabi Ibrahim kan jg yg nyuruh nabi Ibrahim nikah dg Hajar. Tapi itu jg krn beliau saat itu ga bisa memberikan keturunan stlh sekian lama menikah dg nabi Ibrahim. Dan lagi, walo Sarah yg nyuruh, setelah lahir Ismail malah dia yg crmburu banget sampe akhirnya bernadzar yg akhirnya diterapin ke tindik, sunat satu lg apa ya lupa. Sekian faedah ttg poligami.

Kepemimpinan
Banyak gaya kepemimpinan Rasululllah yg terkandung dlm satu hadits, tapi mgkn kurang bisa ditangkap oleh orang awam spt kita. Contohnya adalah di satu hadits ktk ada dua org dr kaum Anshor dan Muhajirin bertengkar krn suatu sebab. Kemudian mereka saling memanggil kelompoknya…“Ya Muhajiriin..” “Ya Anshoor…”

Dan Rasulullah ktk itu cuma mengatakan, “Apakah kalian memanggil dg panggilan jahiliyyah?” (aw kamaa qool). Kmd beliau mengajak para sahabat mempersiapkan segala sesuatu krn saat itu memang hendak berangkat.

Faedahnya:
Dalam kepemimpinan, ada hal2 yg mesti diselesaikan secara detail dan ada yg didiamkan saja tidak perlu diperpanjanglebar. Rasulullah saat itu menerapkan cara kedua, krn ada hal yg lbh penting u/ dikerjakan saat itu. Dan sahabat lsg lupa dan disibukkan dg perkara lain dan biasa lg sikapnya.

Komentarku:
Masya Allah ya!!

Apalagi ya, lupa, hwhehe…malem ini udah capek bgt sebenernya, jadi aku cuma bisa tiduran aja tp blm bisa tidur, jd ngetik ini deh. Semoga bermanfaat.

Yg jelas, suami cerita, ustadz ketika memberi nasehat mesti nanti dibawa ke cerita para sahabat, yg itu slalu pas dg permasalahan yg ada. Dan krn manusia itu pd dasarnya suka dg kisah2, jadinya nasehat2 ustadz jd lebih kerasa enak didenger dan mudah dicerna. Semoga Allah menjaga beliau…

7 Comment

  1. Nyimak sambil smile um ^^
    Jazaakillaahu khayr sharingnya..

  2. cizkah says:

    Hihi…padahal ada bbrp lagi yg bagus-bagus, cuma lupaa…pas masih fresh kemaren pas blum ada waktu buat ngetik2nya…
    Mudah2an kalo inget bisa ditambahin lagi insya Allah

  3. cizkah says:

    haha…emang gak pernah ngebahas ttg poligami ini tiii hihihi…

  4. Wah gimana dengan istri ana yg malah nyari’in ana istri kedua (Saat ini kami taaddud)… Kira-kira ada apa ya ummu? Ana jadi khawatir nih… Mohon nashihatnya

  5. cizkah says:

    Walllahu a’llam. Seperti saya katakan di postingan, tentang hal mencarikan ini mungkin tidak bisa disaklekkan bahwa “ada apa-apa”-nya dg istri yang mencarikan istri kedua. Mungkin ada yang memang merasa lebih nyaman ketika mencarikan sendiri istri kedua untuk suaminya, sehingga dia “lebih tahu” siapa yang akan menjadi madunya.

  6. indah ummu hakam says:

    semoga niat terus ttp ad u/poligami.
    niat itu penting…
    siap dgn pertanggungjawabannya y .
    ilmu n harta.siapp?
    n pr istri:disayang donk swaminya dukung dia u/berniat.
    wallohu alam

  7. MasyaAlloh..

Leave a Reply