Mengulang-Ngulang Saat Belajar Iqro

Seperti aku ceritakan sebelumnya, saat video terakhir yang aku bagikan tentang Kembar Muroja’ah Hafalan Lama, kembar sudah iqro 5. Jadinya, ketika perbaikan hafalan, alhamdulillah sudah bisa sambil melihat Al-Qur’an dan membaca dan melihat posisi ayat. Tapi, ketika melihat kondisi seorang anak sudah iqro 5, gak usah merasa wah apalagi insecure hehe. Karena, prosesnya – di […]

Kembar Muroja’ah Hafalan

[Versi Instagram bisa diakses di postingan Kembar Hafalan; postingan tanggal 23 Agustus 2022] Hafalan kembar banyak yang pretel. Tapi memang seperti itu juga dengan kakak-kakaknya. Setelah masuk juz 29, hafalan juz 30 nya setengah buyar hehe. Sabar (aku pun berusaha sabar). Diulang lagi pelan-pelan. Alhamdulillah kali ini bisa sambil lihat Al-Quran. Karena mereka udah bisa […]

Anak-Anak dan TPA Ramadhan

Mau cerita yang lain-lain. Tapi ternyata banyak hal yang terkait dengan TPA Ramadhan ini. Biar bisa fokus ketika cerita tiap bahasan, jadi aku mau cerita tentang TPA Ramadhan dulu. Di Kampung kami ini, setiap Ramadhan, di masjid dekat rumah, diadakan TPA tiap sore. Semuanya senang karena anak bisa menghabiskan waktu di sore hari dengan kegiatan […]

Kembar Puasa

Alhamdulillah kemudahan dari Allah. Sampai hari ini, kembar ikut puasa Ramadhan. Full day langsung dari hari pertama. Usia mereka sekarang 5,5 tahun. Sebenarnya, keinginan mereka untuk puasa itu udah ada dari kemarin-kemarin. Karena hutang puasa aku lumayan banyak dan belum lunas, bulan Rajab aku mulai intensif ngejar menyelesaikan qodho puasa. Setiap mereka tahu aku lagi […]

Ketika Kembar Ikut ke Progo

Kemarin, tanggal 11 April 2022, alhamdulillah akhirnya dapat momen tepat buat keluar rumah. Makanan buat buka udah selesai. Gak hujan. Bertepatan dengan Thoriq dan Luma yang ikut ke TPA yang diadain tiap sore selama bulan Ramadhan. Jam 4-an aku bilang ke Abang, “Yuk, ke Progo sekarang. Bisa gak?” Karena beberapa hari yang lalu, udah sempat […]

Jangan Buat Adik Saling Iri

boneka rajut

Alhamdulillah, akhirnya bisa dibilang kondisi boneka rajut singa punya Handzolah sudah sampai di tahap sama dengan punya Kholid. Terakhir kemarin aku tambahin jahitan di hidung. Sebenarnya, aku udah mengupayakan supaya warna rambutnya sama. Tapi ternyata benang yang aku pakai waktu bikin yang punya Kholid bukan pakai stok benang guluangan besar. Akhirnya sampai bela-belain minta Abang […]

Percakapan Menggelikan bersama Krucil

Percakapan yang lompat-lompat tapi menggelikan tapi bikin terheran-heran. Aku lupa tepatnya mereka mulai dari mana. Sampailah ke pembicaraan tentang makanan yang sehat. “Biar six pack kaya bang Ziyad.” [Dia beneran six pack loh ini 😀 ] Kemudian lompat ke pembicaraan kalau bang Ziyad udah ada kumisnya. Kelihatan, kata mereka.

Cerita Toilet Training Si Kembar Handzolah & Kholid

Usia mereka udah 21 bulan. Biasanya, kakak-kakaknya mulai toilet training sejak usia 18-19 bulan. Tapi aku kan merasa masih gak sanggup deh. Wong gak toilet training aja udah berapa kali bolak-balik ke kamar mandi, bolak-balik gendong mereka, dst. Intinya sih belum siap fisik dan mental. Alhamdulillah, suatu malam, beberapa hari setelah lebaran, aku merasa kaya, […]

Rasanya Punya Anak Kembar

Banyaaakk banget yang pingin diceritain. Tapi sungguh sekarang sedikiiit banget waktu yang ada. Tapi jadi semangat lagi pas baca catatan-catatan perkembangan Ziyad dan Thoriq. Merasa bersalah juga karena catatan perkembangan Luma juga masih terlalu sedikit. Pelan-pelan…mau nulis berbagai hal di rumah. Usia si kembar sekarang masuk 8 bulan alhamdulillah. Tapi sekarang bukan mau catat tentang perkembangan […]