Resep Tongseng

Alhamdulillah, resep ini termasuk yang aku catat di buku catatan yang pernah aku ceritakan. Buku catatan resep dimana aku mencatat resep yang sudah aku coba dan kemudian cocok. Jadilah, dari dulu aku selalu pakai resep ini alhamdulillah. Resepnya gampang dan hasilnya enak insya Allah. Ringan dimakan jadi gak bikin jenuh kalau makan ini insya Allah. […]

Menurunkan Idealisme

Waktu bulan Desember gak ada yang bantuin karena ditinggal mudik, aku pembenahan rumah banget. Idealisme masih tinggi padahal anak-anak sakit bertubi-tubi. Bahkan aku jadi ketemu celah-celah untuk memperbaiki kinerja sepupu suami. Mungkin karena pola berpikirnya, pekerjaan dia memang hal rumah tangga. Harusnya bekerjanya bisa bagus dan maksimal gimana sesuai harapan aku. Jadinya aku malah nyari […]

Review Dryer

Sebelum lanjut bahasan lainnya, aku mau cerita salah satu cerita kehidupan yang ada pengaruhnya ke berbagai hal lainnya. Adik sepupu Abang yang udah bantu dari sejak kembar lahir, udah ga bantu di sini lagi sejak awal Juli 2022 ini. Sebenarnya, kami sudah mempersiapkan hal seperti ini sejak awal tahun 2021. Ketika dia mengabarkan sedang ta’aruf. […]

Teman Ziyad Main

Lulus dari saqu ibnu Mas’ud, Ziyad masih ada kesempatan libur sekitar 2,5 pekan sebelum masuk ke Hamalatul Qur’an insya Allah. Yang lulus kelas 9 di Ibnu Mas’ud Yogyakarta (IMY) cuma Ziyad hehe. Teman lainnya yang dulu pernah hadir belajar bersama, punya cerita masing-masing sampai akhirnya mereka gak berada lagi di sana. Jadi, bisa dibilang, teman-teman […]

Catatan Teri

Teri buntio teri lampung teri balado cizkah

Masakan teri itu sebenarnya bisa sangat enak sekali. Tapi pengalaman tinggal di Jogja, ternyata ketika masak teri, belum tentu bisa menghasilkan masakan teri yang sesuai harapan. Biasanya karena kandungan garam yang sudah sangat berlebihan atau mungkin rasa lainnya (bahan kimia) yang terasa di teri. Karena menikah dengan Abang yang berasal dari Jambi, masakan teri cukup […]

Refreshing

Beberapa waktu yang lalu, ada yang tanya via dm di instagram. Dengan segala aktifitas aku di rumah, refreshingnya gimana? Jawabannya sederhanaya aja: Keluar sejenak ke Indomaret, belanja sama anak-anak. Kalau dulu sebelum pandemi, sempat beberapa kali suka ke Kampung Jawa karena di sana ada taman luas. Jadi kami cuma duduk-duduk, ngopi, makan makanan rumahan yang […]

Anak-Anak dan TPA Ramadhan

Mau cerita yang lain-lain. Tapi ternyata banyak hal yang terkait dengan TPA Ramadhan ini. Biar bisa fokus ketika cerita tiap bahasan, jadi aku mau cerita tentang TPA Ramadhan dulu. Di Kampung kami ini, setiap Ramadhan, di masjid dekat rumah, diadakan TPA tiap sore. Semuanya senang karena anak bisa menghabiskan waktu di sore hari dengan kegiatan […]

Hampir Gak Pernah Nge-Go Fo*d

Hampir gak pernah nge-go fo*d. Karena kami pernah nge-fo*d… Sekali 🙂 Waktu itu, seingat aku, masih awal-awal muncul go fo*d. Abang masih ragu-ragu dengan hukumnya. Dalam arti -ragu- di sini adalah Abang gak meyakini bolehnya secara syariat berdasar ilmu yang sudah Abang pelajari. Ketika akhirnya merasakan order bakso lewat go fo*d, – yang itu pakai […]

Kembar Puasa

Alhamdulillah kemudahan dari Allah. Sampai hari ini, kembar ikut puasa Ramadhan. Full day langsung dari hari pertama. Usia mereka sekarang 5,5 tahun. Sebenarnya, keinginan mereka untuk puasa itu udah ada dari kemarin-kemarin. Karena hutang puasa aku lumayan banyak dan belum lunas, bulan Rajab aku mulai intensif ngejar menyelesaikan qodho puasa. Setiap mereka tahu aku lagi […]

Resep Sirup atau Air Gula

Dari awal mau catat resep “sirup” ini. Tapi masih ada beberapa keraguan. Karena bikin ini hanya pada saat bulan Ramadhan, jadi agak-agak masih kurang yakin, apakah benar ini yang kemarin aku jalankan. Karena sebenarnya ada hal-hal yang sudah diujicoba waktu awal-awal membuat sirup ini.Sampai akhirnya menemukan kesimpulan akhir. Tapi gak pernah dicatat…

Ketika Kembar Ikut ke Progo

Kemarin, tanggal 11 April 2022, alhamdulillah akhirnya dapat momen tepat buat keluar rumah. Makanan buat buka udah selesai. Gak hujan. Bertepatan dengan Thoriq dan Luma yang ikut ke TPA yang diadain tiap sore selama bulan Ramadhan. Jam 4-an aku bilang ke Abang, “Yuk, ke Progo sekarang. Bisa gak?” Karena beberapa hari yang lalu, udah sempat […]

Tutur Kata

Terkadang kita dapati, saat seseorang ingin sekali melakukan sesuatu, ia mengatakan, “Gak sabar, mau ikutan ini dan itu.”“Gak sabar aku pingin kasih tahu ini.”“Gak sabar mau beli buku itu.” Atau saat ia enggan melakukan sesuatu, “Mager banget aku tuh buat masak.”“Akunya emang pemalas. Jadinya segini aja deh.”