Anak-Anak dan TPA Ramadhan

Mau cerita yang lain-lain. Tapi ternyata banyak hal yang terkait dengan TPA Ramadhan ini. Biar bisa fokus ketika cerita tiap bahasan, jadi aku mau cerita tentang TPA Ramadhan dulu. Di Kampung kami ini, setiap Ramadhan, di masjid dekat rumah, diadakan TPA tiap sore. Semuanya senang karena anak bisa menghabiskan waktu di sore hari dengan kegiatan […]

Hampir Gak Pernah Nge-Go Fo*d

Hampir gak pernah nge-go fo*d. Karena kami pernah nge-fo*d… Sekali 🙂 Waktu itu, seingat aku, masih awal-awal muncul go fo*d. Abang masih ragu-ragu dengan hukumnya. Dalam arti -ragu- di sini adalah Abang gak meyakini bolehnya secara syariat berdasar ilmu yang sudah Abang pelajari. Ketika akhirnya merasakan order bakso lewat go fo*d, – yang itu pakai […]

Kembar Puasa

Alhamdulillah kemudahan dari Allah. Sampai hari ini, kembar ikut puasa Ramadhan. Full day langsung dari hari pertama. Usia mereka sekarang 5,5 tahun. Sebenarnya, keinginan mereka untuk puasa itu udah ada dari kemarin-kemarin. Karena hutang puasa aku lumayan banyak dan belum lunas, bulan Rajab aku mulai intensif ngejar menyelesaikan qodho puasa. Setiap mereka tahu aku lagi […]

Resep Sirup atau Air Gula

Dari awal mau catat resep “sirup” ini. Tapi masih ada beberapa keraguan. Karena bikin ini hanya pada saat bulan Ramadhan, jadi agak-agak masih kurang yakin, apakah benar ini yang kemarin aku jalankan. Karena sebenarnya ada hal-hal yang sudah diujicoba waktu awal-awal membuat sirup ini.Sampai akhirnya menemukan kesimpulan akhir. Tapi gak pernah dicatat…

Ketika Kembar Ikut ke Progo

Kemarin, tanggal 11 April 2022, alhamdulillah akhirnya dapat momen tepat buat keluar rumah. Makanan buat buka udah selesai. Gak hujan. Bertepatan dengan Thoriq dan Luma yang ikut ke TPA yang diadain tiap sore selama bulan Ramadhan. Jam 4-an aku bilang ke Abang, “Yuk, ke Progo sekarang. Bisa gak?” Karena beberapa hari yang lalu, udah sempat […]

Tutur Kata

Terkadang kita dapati, saat seseorang ingin sekali melakukan sesuatu, ia mengatakan, “Gak sabar, mau ikutan ini dan itu.”“Gak sabar aku pingin kasih tahu ini.”“Gak sabar mau beli buku itu.” Atau saat ia enggan melakukan sesuatu, “Mager banget aku tuh buat masak.”“Akunya emang pemalas. Jadinya segini aja deh.”