Al-Qur’an untuk Anak-Anak

Alhamdulilah Allah mudahkan, ga ketunda-tunda untuk bikin video ini.⠀ Supaya lebih jelas, aku kembali jelaskan apa yang sudah aku jelaskan di video. Beli Al-Qur’an Baru Lagi? Waktu aku share di story kalau aku lagi nyari Al-Qu’ran, ada yang tanya, pingin tahu, kayanya di rumah udah banyak Al-Qur’an. Kenapa beli lagi Al-Qur’an untuk anak-anak? Jawabannya: Di […]

Sibuk Ujian Kuliah = Kegiatan Al-Qur’an Ditinggalkan?

linguistic

Belum bisa cerita full tentang kuliahan. Tapi pingin nyatet aja momen ujian tengah semester kali ini. Semester ini, sebenarnya aku “cuma” ngulang 3 mata kuliah yang aku ngerasa belum dalem banget belajar di semester kemarin. Secara akademik, pas tanya-tanya tentang izin mengulang mata kuliah, sebenarnya dari pihak universitas ngedorongnya buat langsung lanjut ngambil Master — […]

Kenangan Kecil Saat Nyimak Hafalan Handzolah

kena setrika

Pekan kemarin banyak kejadian sehari-hari (saking ketundanya tulisan ini, sebenarnya awalnya aku nulisnya “pekan ini”, tapi ketunda sepekan dan udah mau akhir pekan lagi aja masya Allah). Sebenarnya tiap hari ada aja kejadian yang rasanya aku ingin catat lebih detil di s ini. Di blog. Bukan di story instagram. . – Ini kejadian hari Senin […]

Bimbing Kholid Biar Semangat Lagi Menghafal

Sakit batuk dua pekan yang lalu emang cukup berat. Anak-anak belajarnya jadi longgar. Ketika mereka udah enakan, ternyata juga pas lagi momen konsen finishing buku sepekanan. Pada dasarnya mereka sudah bisa nambah hafalan sendiri insyaAllah. Biasanya awalnya memastikan bacaan ayat yang mau dihafal kemudian ngulang-ngulang sendiri. Sepekanan kemarin jadinya aku arahin untuk nambah hafalan tapi […]

Momen Perbaikan Hafalan ; “Berkorban Waktu”

Ini adalah salah satu momen perbaikan hafalan saat anak-anak dalam proses muroja’ah. Kemarin, nyimak kembar sampai At-Takwir. Udah dikasih tau bolak-balik, ternyata tetep salah terus urutannya. Okee, stop dulu kalau gitu. Langsung fokus keduanya harus di samping aku.Jelasin dulu per bagian per ayat. Dengerin bacaan beberapa syaikh yang mereka suka.

Tips Saat Mendidik Iqro

Sedikan Media Belajar Pengiring Iqro Maksud aku yang mengiringi anak ketika baca iqro, adalah: Buku lain yang isinya sudah langsung keseluruhan hijaiyah Poster harokat yang isinya juga sudah keseluruhan hijaiyah. Ini beneran memudahkan insya Allah karena anak tinggal tengok aja. Buku iqro itu sendiri (misal yang sering lupa materi di iqro 3, berarti bawa iqro […]

Kembar Muroja’ah Hafalan

[Versi Instagram bisa diakses di postingan Kembar Hafalan; postingan tanggal 23 Agustus 2022] Hafalan kembar banyak yang pretel. Tapi memang seperti itu juga dengan kakak-kakaknya. Setelah masuk juz 29, hafalan juz 30 nya setengah buyar hehe. Sabar (aku pun berusaha sabar). Diulang lagi pelan-pelan. Alhamdulillah kali ini bisa sambil lihat Al-Quran. Karena mereka udah bisa […]

Teman Ziyad Main

Lulus dari saqu ibnu Mas’ud, Ziyad masih ada kesempatan libur sekitar 2,5 pekan sebelum masuk ke Hamalatul Qur’an insya Allah. Yang lulus kelas 9 di Ibnu Mas’ud Yogyakarta (IMY) cuma Ziyad hehe. Teman lainnya yang dulu pernah hadir belajar bersama, punya cerita masing-masing sampai akhirnya mereka gak berada lagi di sana. Jadi, bisa dibilang, teman-teman […]

Qori-Qori Baru

Ini yang paling awal, Abang suka dengerin murottalnya Abdurrohman Mus’ad. Kalau aku agak kurang nangkap bacaan yang model seperti itu. Terus lanjut lagi jadi sering dengar murottal Ahmad Asy-Syafi’i ini. Malah sempat nawarin; godain Ziyad waktu pulang dari pondok pekan kemarin. Mau gak direkam kaya gini? Abang sambil nunjukin salah satu video Ahmad Asy-Syafi’inya pas […]