Yufid Bukan Bisnis

Yufid bukan bisnis. Apalagi bisnis pribadi. Mungkin ada yang di benaknya salah paham. Salah paham yang pertama adalah: menganggap bahwa yufid itu seperti bisnis yang ketika follower banyak, subscriber banyak, konten banyak berarti pemasukan banyak. Salah paham berikutnya adalah berarti orang-orang yang berada di dalamnya makin mapan kehidupannya. Atau lebih spesifik lagi, berarti pimpinannya makin […]

Belajar Itu Perjuangan

Jeda dari selesai satu modul yang padat, aku berdiri dan nyamperin Abang yang posisinya di ruang tengah. Aku sambil olahraga ringan buat bahu dan kaki Abang bangkit juga dan berdiri di hadapan aku. Sambil gerakin tangan ke depan ke belakang, aku bilang, “Bang aku udah mau nangis tadi, Bang. Padet banget modul 11-nya,” ngomong gini […]

Belajar Al-Qur’an Bersama Ziyad Mulai Berjalan

Alhamdulillah, proses belajar Al-Qur’an bersama Ziyad sudah berjalan 2 pekan ini bersama seluruh anak. Sebenarnya, di bulan Ramadhan, ada satu anak yang sudah mulai belajar bersama Ziyad. Ini karena faktor usia -sudah 14 tahun- dan pilihan waktu yang memungkinkan yaitu pagi hari. Karena mempertimbangkan waktu belajarnya di ba’da Maghrib dan ba’da Isya plus usianya juga […]

Catatan Jamu

Seperti aku sebutkan sekilas di cerita tentang perjuangan Ramadhan dan ujian Kulkas Rusak di Lebaran 2024, sampai akhir sahur Ramadhan tahun ini, aku nyiapin sahur sambil plus bikin jamu. Flashback puasa Ramadhan tahun 2019, Abang juga batuk seperti puasa kali ini bahkan sampai lebaran masih parah. Saking batuknya keras banget, Mama sampai mengomentari. Alhamdulillah gak […]

Kukas Rusak dan Lebaran 2024

Potongan dari tulisan sebelumnya: Perjuangan Ramadhan 2024 Kulkas Rusak Walaupun lagi dalam kondisi kurang baik-baik aja, alhamdulillah aku tetap bisa ngejalanin berbagai aktivitas di rumah ya. Tetap bisa kerja juga alhamdulillah. Bukan yang murung sepanjang hari atau gimana. Cuma memang gak sesemangat biasanya. Sampai pas lagi nyiapin sahur hari Sabtu tanggal 6, nyadar sesuatu. Sosis […]

Perjuangan Ramadhan 2024

Ramadhan kali ini, aku ngerasa perjuangannya lebih. Sebenarnya dari awal Ramadhan, udah berasa banget ga fitnya. Sampai pernah nyampein ke Abang kalau aku ngerasa weak dan cukup khawatir dan berharap semoga aku bisa fit. Kayanya pakai nangis juga karena ngebayangin harus nyiapin sahur dan lain-lainnya dimana badan bawaannya udah sangat cape…baru ngebayangin aja udah bikin […]

Rumah Makan “Cengkir”

Ternyata, kadang ada dalam kehidupan sesuatu yang udah di depan mata, tinggal dikiiiiit lagi, kalau belum rezekinya, ya ga akan dijalanin dan didapatkan. Cengkir yang super sebelahan sama Yufid, ga pernah tersentuh walau sering dilewatin. Abang cuma taunya, ya, kalau ada kopi, standar kopi tubruk. Pas akhirnya Abang ngerasain makan di sini, langsung ngajak aku […]

Rumah Makan “Mertamu”

Sebagai keluarga yang jarang makan di luar –terutama sejak kembar lahir–lokasi yang kami coba pekan kemarin tuh gak disangka sebenarnya. Karena lokasinya dekeeet banget sama kantor Yufid. Tinggal jalan kaki. Jadi, kalau aku sama Abang ada keperluan ya ke kantor Yufid, cuma sekedar lewat aja. Kalau lagi sama anak-anak juga cuma ke Taman Sumberan yang […]

Amanah untuk Ziyad

Ada beberapa yang gak tahu cerita Ziyad yang udah gak di pondok lagi. Biasanya sekilas-sekilas aku cerita Ziyad berangkat kuliah…tapi ternyata ada juga momen dia ujian semester dari PKBM. Aku rangkumkan secara ringkas milestone Ziyad di sini ya. Keluar dari Pondok Akhir bulan Mei 2023, kami mengeluarkan Ziyad dari pondoknya. Saat dikeluarkan, dia sedang menyelesaikan […]