Buat Apa Pakai Cadar?

Akhir-akhir ini lagi banyak banget hal yang bikin merenung. Ada banyak hal yang seperti saling berdesakan di kepala dan butuh untuk diurai satu persatu. Seperti biasa, biasanya aku berusaha berkutat sendiri sebelum akhirnya melontarkan apa yang ada di pikiranku ke Abang. Aku yang selama ini memakai cadar, entah kenapa -atau sebenarnya aku tahu kenapa- mempertanyakan […]

Thoriq Kembali Belajar di Rumah

Hal-hal yang terkait masa depan, kita perlu punya rencana akan langkah yang harus dilakukan. Karena kita manusia yang serba terbatas,waktu terbatas, kemampuan terbatas, ada langkah-langkah yang ga bisa dilakukan berbarengan. Di saat itu, kita harus memilah dan menimbang kemudian membuat keputusan. Harus membuat keputusan,karena kita…cuma punyasatu jalur waktuyang bisa dilalui.

Resep Nagasari

Biasanya nagasari dimasak bahan-bahannya.Setelah mengental nanti disendokin ke daun pisang, bungkus terus dikukus lagi. Aku juga belum pernah bikin dengan cara ini, karena langkahnya terasa agak berat dijalanin. Makanya pas ketemu alternatif cara langsung aduk langsung masak, langsung let’s go, karena bahannya ada di rumah semua. Ini udah bikin yang keberapa kali yah. Awalnya pakai […]

Life Skill Tahap Belajar Bikin Teh

Beri kesempatan dan kepercayaan disertai bimbingan. Kadang kita saklek dengan kemampuan berdasarkan level kelas berapa seorang anak atau terjebak juga dengan aktivitas terstruktur tugas formal di sekolah sehingga kesempatan untuk belajar kemampuan dasar kehidupan terabaikan. Bahasan ini lebih detil sudah pernah aku bahas di tulisan Mindset Mendidik Anak. Tahap Kembar Belajar Bikin Sesuatu yang Pakai […]

Melatih Kembali Rentang Konsentrasi

Lagi memperbaiki (lagi) rentang konsentrasi (attention span) Kholid (7th 8bln) yang sepertinya lagi agak berantakan. Sebabnya.. kemungkinan banyak banget jeda-jeda mulai dari ujian semester, sakit dan lebaran yang memang jadi banyak libur proses nambah hafalannya. Emang dasarnya dia tipe santai padahal insya Allah kalau pas semangat, bisa ceprt dan insya Allah kuat hafalannya. Kalau Handzolah […]

Cerita Manik Montessori

Beberapa waktu yang lalu aku bikin akun untuk jual barang-barang di rumah yang sekiranya udah gak dipakai lagi tapi sebenarnya masih berharga insya Allah. Selain itu ada juga benda-benda yang masih baru. Niat utamanya adalah: Salah satu yang juga niat dihabisin adalah Manik Montessori. Pas share jual Manik Montessori yang masih ada di rumah emang […]

Anak Kembar Perempuan

Masih ada cerita ketika ke salon kemarin. Abang anter aku seperti biasa. Pakai motor ya ^^. Waktu sampai di gapura jalan keluar dari kampung tempat kami tinggal, Abang sempat berhenti sejenak menunggu mobil dan motor yang lewat sebelum menyebrang. Pandanganku tertuju ke seberang jalan dimana ada tempat penyucian mobil beserta warung lotek/gado-gado yang ada di […]

Cerita Potong Rambut di Salon Pasca Keracunan Makanan

Ternyata aku baru tahu, salah satu yang suka bikin mandeg nulis di blog itu, aku pingin pilah-pilah tulisan berdasarkan bahasan. Padahal kadang sebenarnya itu adalah rentetan dari berbagai kejadian. So here we go. Daripada berlalu begitu saja :), kita cerita di sini. Keracunan Makanan Namanya musibah tiba-tiba buanget. Ini gak disangka. Bahkan hari Sabtu siang […]

Poster dan Stiker Belajar Serbaguna

Ada produk-produk yang bikinnya udah lamaaa banget dan sebenarnya semuanya ready stock insya Allah contohnya poster Belajar Serbaguna sama stiker Belajar Serbaguna. Sebenarnya aku lagi nimbang-nimbang untuk discontinue beberapa produk termasuk produk ini. Ternyata ada agen yang 2x pesanan terakhir pesan poster Belajar Serbaguna. Itupun pas nyetak aku tetap cuma lebihin 3 lembar buat jaga-jaga […]

Yufid Bukan Bisnis

yufid bukan bisnis

Yufid bukan bisnis. Apalagi bisnis pribadi. Mungkin ada yang di benaknya salah paham. Salah paham yang pertama adalah: menganggap bahwa yufid itu seperti bisnis yang ketika follower banyak, subscriber banyak, konten banyak berarti pemasukan banyak. Salah paham berikutnya adalah berarti orang-orang yang berada di dalamnya makin mapan kehidupannya. Atau lebih spesifik lagi, berarti pimpinannya makin […]

Belajar Itu Perjuangan

Jeda dari selesai satu modul yang padat, aku berdiri dan nyamperin Abang yang posisinya di ruang tengah. Aku sambil olahraga ringan buat bahu dan kaki Abang bangkit juga dan berdiri di hadapan aku. Sambil gerakin tangan ke depan ke belakang, aku bilang, “Bang aku udah mau nangis tadi, Bang. Padet banget modul 11-nya,” ngomong gini […]

Belajar Al-Qur’an Bersama Ziyad Mulai Berjalan

Alhamdulillah, proses belajar Al-Qur’an bersama Ziyad sudah berjalan 2 pekan ini bersama seluruh anak. Sebenarnya, di bulan Ramadhan, ada satu anak yang sudah mulai belajar bersama Ziyad. Ini karena faktor usia -sudah 14 tahun- dan pilihan waktu yang memungkinkan yaitu pagi hari. Karena mempertimbangkan waktu belajarnya di ba’da Maghrib dan ba’da Isya plus usianya juga […]

Catatan Jamu

Seperti aku sebutkan sekilas di cerita tentang perjuangan Ramadhan dan ujian Kulkas Rusak di Lebaran 2024, sampai akhir sahur Ramadhan tahun ini, aku nyiapin sahur sambil plus bikin jamu. Flashback puasa Ramadhan tahun 2019, Abang juga batuk seperti puasa kali ini bahkan sampai lebaran masih parah. Saking batuknya keras banget, Mama sampai mengomentari. Alhamdulillah gak […]