Jadwal Sehari-Hari 3 Anak Usia Sekolah

Ini adalah update dari tulisan sebelumnya tentang jadwal sehari-hari. Update catatan ini adalah kondisi terkini dari keseharian aku karena ada hal yang sangat berbeda dari kondisi sebelumnya. Dari perubahan yang Thoriq udah di pondok, kesannya bakal lebih ringan. Soalnya kan kemarin-kemarin yang paling banyak tercurahkan waktunya ke Thoriq, baik dari hafalan, persiapan ujian (belajar pelajaran). […]

Ular dan Kayu Bakar

Sore ini, anak-anak masuk ke rumah setelah bermain di halaman. Di seberang jalan setapak di depan rumah kami, ada satu kuburan kecil yang sepertinya salah satu leluhur di kampung sini. Kampung ini terdiri dari keluarga besar yang beranak keturunan di sini. Sisanya adalah para kontraktor (orang-orang yang mengontrak rumah) seperti kami. Luma bilang, Kholid mendengar […]

Blush Off

Kemarin siang, aku lagi siap-siap ke dokter gigi dan lagi pakai bedak tipis. Ga pakai pelembab apa-apa karena emang lagi abis. Luma yang lihat nanya, “Ummi ko pakai bedak?” “Iya. Kan tiap hari juga biasanya pakai.” Masih nanya lagi, “Kan, Ummi mau ke dokter gigi?” Maksudnya, biasanya aku pakai kan cuma di rumah aja gitu […]

Menurunkan Idealisme

Waktu bulan Desember gak ada yang bantuin karena ditinggal mudik, aku pembenahan rumah banget. Idealisme masih tinggi padahal anak-anak sakit bertubi-tubi. Bahkan aku jadi ketemu celah-celah untuk memperbaiki kinerja sepupu suami. Mungkin karena pola berpikirnya, pekerjaan dia memang hal rumah tangga. Harusnya bekerjanya bisa bagus dan maksimal gimana sesuai harapan aku. Jadinya aku malah nyari […]

Refreshing

Beberapa waktu yang lalu, ada yang tanya via dm di instagram. Dengan segala aktifitas aku di rumah, refreshingnya gimana? Jawabannya sederhanaya aja: Keluar sejenak ke Indomaret, belanja sama anak-anak. Kalau dulu sebelum pandemi, sempat beberapa kali suka ke Kampung Jawa karena di sana ada taman luas. Jadi kami cuma duduk-duduk, ngopi, makan makanan rumahan yang […]

Menjaga Takwa

bertakwa supaya selalu bersyukur

Mungkin kita pernah melihat lontaran kalimat seperti ini, “Biar tetap waras.”“Menjaga kewarasan.” Kalimat ini, seringkali diucapkan berkaitan dengan aktifitas seorang ibu dalam menghadapi keseharian kehidupan. Ibu perlu hiburan, biar tetap waras. Kira-kira seperti itu makna secara umum ketika kalimat ini diucapkan.

Syahdu

Lagi syahdu bawaannya. Bukan karena pms. Terus karena apa ya? Ga tau. Sedih bukan. Tapi kaya haru. Sulit diungkapkan. Apakah itu rasa bahagia? Atau rasa rindu? Manis? Sudah pernah merasakannya? Bukan…ini bukan rasa bosan atau letih. Bahkan cenderung rasanya ingin menyesapi setiap rasa itu. Tak apalah menangis. Karena tangisan ini insya Allah melembutkan hati. Biarkan […]

Perhatian

Sebenarnya, kita sedang mencari perhatian siapa? Manusia? Bukan? Yakin? Sebenarnya, kita sedang cari kebahagian dimana? Manusia? Bukan? Yakin? Sebenarnya, kerinduan kita pada apa? Manusia? Bukan? Yakin? Pertanyaan untuk direnungi dan dijawab masing-masing. Kemudian ketika sudah menemukan jawabannya, semoga bisa kembali ke jawaban yang lebih baik insya Allah. Untuk dunia dan akhirat. cizkah21 Jogja 2020