Review Buku Hiu dan Monster Bawah Laut

Buku ini beli tahun 2018. K,etika kami lagi beli buku pelajaran di toko buku Toga Mas. Yang namanya lagi beli buku pelajaran, berarti pengeluarannya sebenarnya udah banyak. Tapi Thoriq pingin banget buku ini. Dia request di saat-saat terakhir. Aku ragu untuk menyetujui, karena tulisan di bukunya terlihat kecil-kecil dan padat. Bukunya juga tebal. Khawatir kalau […]

Tips Saat Mendidik Iqro

Sedikan Media Belajar Pengiring Iqro Maksud aku yang mengiringi anak ketika baca iqro, adalah: Buku lain yang isinya sudah langsung keseluruhan hijaiyah Poster harokat yang isinya juga sudah keseluruhan hijaiyah. Ini beneran memudahkan insya Allah karena anak tinggal tengok aja. Buku iqro itu sendiri (misal yang sering lupa materi di iqro 3, berarti bawa iqro […]

Mengulang-Ngulang Saat Belajar Iqro

Seperti aku ceritakan sebelumnya, saat video terakhir yang aku bagikan tentang Kembar Muroja’ah Hafalan Lama, kembar sudah iqro 5. Jadinya, ketika perbaikan hafalan, alhamdulillah sudah bisa sambil melihat Al-Qur’an dan membaca dan melihat posisi ayat. Tapi, ketika melihat kondisi seorang anak sudah iqro 5, gak usah merasa wah apalagi insecure hehe. Karena, prosesnya – di […]

Menata Hati dan Pikiran

Wahb bin Munabbih rahimahullah berkata, الْمُؤْمِنُ يُخَالِطُ لِيَعْلَمَ،وَيَسْكُتُ لِيَسْلَمَ،وَيَتَكَلَّمُ لِيَفْهَمَ،وَيَخْلُو لِيَغْنَمَ “Seorang mumin itu bergaul untuk menambah ilmu, diam agar dia selamat dari dosa, berbicara untuk memahamkan, dan menyendiri agar mendapat kejayaan.” (Disebutkan oleh Ibnu Abi Ad-Dunya dalam Al-‘Uzlah dan Al-Infirad) —

Kembar Muroja’ah Hafalan

[Versi Instagram bisa diakses di postingan Kembar Hafalan; postingan tanggal 23 Agustus 2022] Hafalan kembar banyak yang pretel. Tapi memang seperti itu juga dengan kakak-kakaknya. Setelah masuk juz 29, hafalan juz 30 nya setengah buyar hehe. Sabar (aku pun berusaha sabar). Diulang lagi pelan-pelan. Alhamdulillah kali ini bisa sambil lihat Al-Quran. Karena mereka udah bisa […]

Sakit dan Kangen

ziyad di pondok hamalatul quran

Mau cerita dan catat berbagai hal, belum lagi cerita tentang satu hal yang sebenarnya pingin banget aku catat, ternyata banyak kejadian susulan yang juga akhirnya pingin dicatat karena terkait hal yang penting di kehidupan. Sebenarnya, harusnya aku nyatet tentang ujiannya Ziyad dan Thoriq. Berlanjut tentang persiapan mereka mau ke pondok. Atau hal-hal lain yang terjadi […]

Sesaat Setelah Anak-Anak ke Pondok

Meja panjangnya dipindahin ke dalam.Soalnya di luar lagi mendung.Kalau mendung, terasnya jadi gelap banget. Ini mereka lagi ngerjain soal dari buku gasing. Bahas buku gasingnya di post sendiri ya insyaAllah.Belum foto-foto. Mau cerita lainnya. Waktu aku pikir bisa “narik napas” setelah antar Ziyad hari Kamis dan pelan-pelan mau beresin rumah setelah segala persiapan ke pondok […]

Resep Tongseng

Alhamdulillah, resep ini termasuk yang aku catat di buku catatan yang pernah aku ceritakan. Buku catatan resep dimana aku mencatat resep yang sudah aku coba dan kemudian cocok. Jadilah, dari dulu aku selalu pakai resep ini alhamdulillah. Resepnya gampang dan hasilnya enak insya Allah. Ringan dimakan jadi gak bikin jenuh kalau makan ini insya Allah. […]

Setelah Antar Ziyad Ke Pondok

Kemarin malam, lagi ngobrol sama Abang, setelah siangnya nganter Ziyad ke pondok Hamalatul Qur’an. Tiba-tiba aku kepikiran sesuatu, “Ya Allah, Bang…besok Abang sholat subuhnya sendirian Insya Allah.” Maksudnya sholat ke masjidnya berangkat sendirian, ga perlu prediksi waktu untuk bareng berangkat sama 2 anak bujang.

Menurunkan Idealisme

Waktu bulan Desember gak ada yang bantuin karena ditinggal mudik, aku pembenahan rumah banget. Idealisme masih tinggi padahal anak-anak sakit bertubi-tubi. Bahkan aku jadi ketemu celah-celah untuk memperbaiki kinerja sepupu suami. Mungkin karena pola berpikirnya, pekerjaan dia memang hal rumah tangga. Harusnya bekerjanya bisa bagus dan maksimal gimana sesuai harapan aku. Jadinya aku malah nyari […]

Review Dryer

Sebelum lanjut bahasan lainnya, aku mau cerita salah satu cerita kehidupan yang ada pengaruhnya ke berbagai hal lainnya. Adik sepupu Abang yang udah bantu dari sejak kembar lahir, udah ga bantu di sini lagi sejak awal Juli 2022 ini. Sebenarnya, kami sudah mempersiapkan hal seperti ini sejak awal tahun 2021. Ketika dia mengabarkan sedang ta’aruf. […]

Teman Ziyad Main

Lulus dari saqu ibnu Mas’ud, Ziyad masih ada kesempatan libur sekitar 2,5 pekan sebelum masuk ke Hamalatul Qur’an insya Allah. Yang lulus kelas 9 di Ibnu Mas’ud Yogyakarta (IMY) cuma Ziyad hehe. Teman lainnya yang dulu pernah hadir belajar bersama, punya cerita masing-masing sampai akhirnya mereka gak berada lagi di sana. Jadi, bisa dibilang, teman-teman […]

Catatan Teri

Teri buntio teri lampung teri balado cizkah

Masakan teri itu sebenarnya bisa sangat enak sekali. Tapi pengalaman tinggal di Jogja, ternyata ketika masak teri, belum tentu bisa menghasilkan masakan teri yang sesuai harapan. Biasanya karena kandungan garam yang sudah sangat berlebihan atau mungkin rasa lainnya (bahan kimia) yang terasa di teri. Karena menikah dengan Abang yang berasal dari Jambi, masakan teri cukup […]