Ketika Kembar Ikut ke Progo

Kemarin, tanggal 11 April 2022, alhamdulillah akhirnya dapat momen tepat buat keluar rumah. Makanan buat buka udah selesai. Gak hujan. Bertepatan dengan Thoriq dan Luma yang ikut ke TPA yang diadain tiap sore selama bulan Ramadhan. Jam 4-an aku bilang ke Abang, “Yuk, ke Progo sekarang. Bisa gak?” Karena beberapa hari yang lalu, udah sempat […]

Tutur Kata

Terkadang kita dapati, saat seseorang ingin sekali melakukan sesuatu, ia mengatakan, “Gak sabar, mau ikutan ini dan itu.”“Gak sabar aku pingin kasih tahu ini.”“Gak sabar mau beli buku itu.” Atau saat ia enggan melakukan sesuatu, “Mager banget aku tuh buat masak.”“Akunya emang pemalas. Jadinya segini aja deh.”

Review Laundry Bag – Kantong Pakaian Kering

Laundry bag

Bulan Desember-Januari kemarin, masa-masa ditinggal mudik sepupu suami yang bantu di rumah. Bertepatan dengan berbagai ujian yang menimpa, sakit beruntun macam-macam jenisnya. Niat hati, pinginnya gak ada pekerjaan yang bertumpuk. Rencana bubar total dari pekan pertama. Insya Allah cerita tentang ini menyusul. Alhamdulillah sebenarnya malah udah aku ketik duluan. Tapi karena lagi pingin bahas yang […]

Adab Mendengarkan Murottal Al-Qur’an

Saat membahas tentang tips memperdengarkan Al-Qur’an untuk anak-anak untuk memudahkan proses menghafal, beberapa kali aku mendapat pertanyaan terkait dengan ayat 204 di surat Al-A’raf. وَإِذَا قُرِئَ ٱلْقُرْءَانُ فَٱسْتَمِعُوا۟ لَهُۥ وَأَنصِتُوا۟ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ Artinya: Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat. Pertanyaannya, gimana kalau anak main, apa […]

Mindset Bersepeda

Ziyad suka olahraga alhamdulillah. Setelah Ziyad beralih ke sepeda yang lebih besar, Abang beberapa kali mengajak bersepeda jauh dengan Ziyad dan Thoriq, Abang sempat mengira Ziyad kurang kuat untuk bersepeda jauh karena dia biasanya segera ingin pulang. Kadang dia juga kelihatan kurang bersemangat saat diajak bersepeda bersama.   Waktu itu, memang sepeda yang tadinya buat dia, dialihkan […]

Tenang dan Tercapai Alhamdulillah

Alhamdulillah, hari ini terasa lebih damai dari biasanya. Materi anak-anak alhamdulillah juga tercapai juga dengan damai. Mungkin juga karena aku belum ngajarin materi baru (Matematika). Tapi aku mau catat tentang hari ini. Karena siapa tahu dengan pola hari ini, hari-hari dan materi insya Allah bisa tercapai dengan tenang dan gak kerasa buru-buru atau terasa hectic. […]

Rindu

Masih belum tahu caranya menghilangkan rindu secara cepat. Rasanya aku masih ingin melalui waktu bersama dengan tenang. Tapi, ternyata aku sudah harus terburu menyiapkan keberangkatan Ziyad ke pondok. Yang ada, ketika Abang dan Ziyad berangkat, tinggal lelah yang terasa. Baru kemudian malamnya aku menangis tersedu-sedu – sendirian – karena baru menyadari bahwa rinduku belum sembuh. […]

Resep Kue Ku Tanpa Cetakan

Alhamdulillah, terwujud juga bikin Kue Ku. Mikir-mikir, gak harus pakai cetakan juga insya Allah. Seperti kalau bikin kue Boyo, ternyata sebenarnya itu bentuk lain dari kue Putri Mandi, Bugis Mandi atau bahkan Badak Mandi. Cuma beda bentuk aja, tapi sebenarnya isi dan sekitarnya sama. Ya udah, eksekusi. Alhamdulillah emang udah stok kacang ijo kupas entah […]