Di Balik Layar

Di suatu kesempatan di akhir bulan Oktober, aku sengaja keluar bareng Abang ke suatu tempat untuk foto-foto untuk bahan banner untuk para agen buku Menata Hati. Waktu itu, aku sempat minta Abang, “Bang, coba foto aku lagi baca buku ini, Bang.” Sekedar nyoba aja sebenernya. Udah insecure duluan dari berbagai sisi. Ga terlalu juga pingin […]

Al-Qur’an untuk Anak-Anak

Alhamdulilah Allah mudahkan, ga ketunda-tunda untuk bikin video ini.⠀ Supaya lebih jelas, aku kembali jelaskan apa yang sudah aku jelaskan di video. Beli Al-Qur’an Baru Lagi? Waktu aku share di story kalau aku lagi nyari Al-Qu’ran, ada yang tanya, pingin tahu, kayanya di rumah udah banyak Al-Qur’an. Kenapa beli lagi Al-Qur’an untuk anak-anak? Jawabannya: Di […]

Sibuk Ujian Kuliah = Kegiatan Al-Qur’an Ditinggalkan?

linguistic

Belum bisa cerita full tentang kuliahan. Tapi pingin nyatet aja momen ujian tengah semester kali ini. Semester ini, sebenarnya aku “cuma” ngulang 3 mata kuliah yang aku ngerasa belum dalem banget belajar di semester kemarin. Secara akademik, pas tanya-tanya tentang izin mengulang mata kuliah, sebenarnya dari pihak universitas ngedorongnya buat langsung lanjut ngambil Master — […]

Kenangan Kecil Saat Nyimak Hafalan Handzolah

kena setrika

Pekan kemarin banyak kejadian sehari-hari (saking ketundanya tulisan ini, sebenarnya awalnya aku nulisnya “pekan ini”, tapi ketunda sepekan dan udah mau akhir pekan lagi aja masya Allah). Sebenarnya tiap hari ada aja kejadian yang rasanya aku ingin catat lebih detil di s ini. Di blog. Bukan di story instagram. . – Ini kejadian hari Senin […]

Kehidupan

Sejak kejadian Palestina, sepertinya ada cara pandang aku terkait sosial media yang bergeser lagi. Sebenarnya ini udah yang kesekian kalinya. Tapi, kali ini dibarengi dengan lebih intensifnya logout dari instagram baik karena kejadian Palestina atau karena memang aku yang lagi butuh konsentrasi dengan urusan di dunia nyata (kuliah, kerjaan, dan kehidupan). Dengan logout (tadinya uninstall […]

Syair Saat Perang Khandaq

Video ini, aku dapati dari salah satunya channel tentang syair berbahasa Arab. Judulnya dibilang Nasheed Sahaba. Pas Abang cek, ternyata syair yang ada di senandung ini ada bagian dari potongan dari syair yang dibaca Rasulullah ﷺ saat perang Khandaq. Waktu tau isi dan makna syairnya, dengernya jadi ngebayangin pas kejadian saat Rasulullah ﷺ dan para […]

Palestina #2

Sebagai pengingat…bahwa kepunyaan Allah-lah yang ada di langit dan di bumi. Allah menetapkan sifat rahmah bagi Diri-Nya.Allah juga menetapkan sifat hakiim bagi Diri-Nya. Terus berprasangka baik kepada Allah. Jangan malah terus berprasangka buruk bahkan berani bilang Allah tega, Allah diam aja, Allah apa ga cape ngeliat semua ini. Na’udzubillah min dzalik. https://youtube.com/shorts/emBQi4V_mSY?si=A3QeQkqN8_mqPrpJ Mari kita ingat […]

Luma Mau Nyerang Israel

Luma Palestina

Kemarin-kemarin, Luma sempat cerita percakapan dia dengan Neneknya. Waktu aku ceritakan ke Abang, ternyata Abang malah menceritakan lebih detil karena dengar sendiri percakapan (kemungkinan aku lagi tidur ini 😊). Seperti biasa, pertanyaan Nenek ke cucu, cita-citanya mau jadi apa? Luma jawab,“Mau jadi pembuat kue, penulis…” Satu cita-cita lagi dia tambahkan,“Sama nyerang Isr4el.” Jawaban nenek tentu […]

Bimbing Kholid Biar Semangat Lagi Menghafal

Sakit batuk dua pekan yang lalu emang cukup berat. Anak-anak belajarnya jadi longgar. Ketika mereka udah enakan, ternyata juga pas lagi momen konsen finishing buku sepekanan. Pada dasarnya mereka sudah bisa nambah hafalan sendiri insyaAllah. Biasanya awalnya memastikan bacaan ayat yang mau dihafal kemudian ngulang-ngulang sendiri. Sepekanan kemarin jadinya aku arahin untuk nambah hafalan tapi […]

Palestina #1

Akhir-akhir ini, merasa perlu untuk menyendiri dan banyak merenung lagi. Terus terang, hatiku rasanya luluh lantak. Serba salah dan merasa bersalah. Gak tega. Gak bisa berpikir untuk gimana baiknya untuk menepis rasa sedih ini. Waktu melihat salah satu video rekaman dari Palestina, seorang ibu yang sebenarnya juga terluka menghampiri jenazah anak perempuannya, kemudian memanggil “Habibati…habibati…” […]

ASPD Luma di PKBM

Tahun 2022 yang padat karena Ziyad Thoriq ujian ASPD (kelas 6 dan kelas 3 SMP) plus padat persiapan masuk pondok. Tahun 2023 yang ternyata juga padat karena tahun ini, ujian diadakan justru untuk kelas 5, kelas 2 SMP dan kelas 2 SMA . Yang itu berarti harus dilalui: Luma, Thoriq dan Ziyad 😄. Tahun ini, […]

Buku Pertama: Menata Hati

Alhamdulillah alhamdulilah terwujud juga. Selama lebih dari 20 tahun membuat catatan kehidupan (baik di blog atau di media lainnya), aku mencatat berbagai hal yang ada di kehidupan. Isi catatan tersebut bisa dari sisi aku sebagai seorang perempuan, sebagai seorang istri, seorang ibu, atau berupa renungan agar aku bisa lebih kuat menggenggam “tali” yang sudah Allah […]

Narasi #1

Suatu hari, ada seorang ibu A berusia ±40 yang baru keluar dari rumah hendak ke warung. Suaminya juga sedang berada di luar rumah, sudah siap di atas motor, menunggu anaknya yang berusia 16 yang akan berangkat kuliah. Ibu A sempat merekam kejadian tersebut karena itu adalah momen pertama kali anaknya berangkat kuliah. Sebuah momen yang […]